Saturday , 25 October 2014
Info Terbaru
You are here: Home » Bidan Desa » Berbagai Macam Metode KOntrasepsi Yang Dapat Digunakan Oleh Ibu Menyusui
peluang usaha

Berbagai Macam Metode KOntrasepsi Yang Dapat Digunakan Oleh Ibu Menyusui

1. Metode Amenorhea Laktasi ( MAL)
MAL adalah kontrasepsi yang mengandalkan pemberian ASI, MAL sebagai kontrasepsi bila :

      a. Menyusui secara penuh, tanpa susu formula dan makanan pendamping

 

      b. Belum Haid, sejak masa nifas selesai

 

    c. Umur Bayi kurang dari 6 bulan

Keuntungan kontrasepsi ini adalah :

      a. Efektifitas tinggi (keberhasilan 98% pada 6 bulan pasca persalinan)

 

      b. Segera Efektif

 

      c. Tidak menganggu senggama

 

      d. Tidak ada efeksamping secara sistematik

 

      e. Tidak perlu pengawasan medis

 

      f. Tidak perlu obat atau alat

 

    g. Tanpa Biaya

Sedang Keterbatasannya adalah :

      a. Perlu persiapan sejak perawatan kehamilan agar segera menyusun dalam 30 menit pasca persalinan.

 

      b. Mungkin sulit dilaksanakan karena kondisi social

 

    c. Tidak melindungi terhadap IMS (Infeksi Menular Seksual ) termasuk virus hepatitis B / HIV / AIDS

Cara Pelaksanaannya :

      a. Bayi disusui secara on demand / menurut kebutuhan bayi

 

      b. Biarkan bayi menghisap sampai dia sendiri yang melepaskan hisapannya

 

      c. Susui bayi anda juga pada malam hari karena menyusui waktu malam mempertahakan kecukupan persediaan ASI

 

      d. Bayi terus disusukan walau ibu / bayi sedang sakit

 

    e. Ketika ibu mulai dapat haid lagi, pertanda ibu sudah subur kembali dan harus segera mulai mengunakan metode KB lainnya.

2. Pil Progestin ( Mini PIL )

      a. Metode ini cocok untuk Ibu menyusui yang ingin memakai PIL KB

 

      b. Sangat Efektif pada masa Laktasi

 

      c. Dosis Rendah

 

      d. Tidak Menurunkan Produksi ASI

 

      e. Tidak memberikan efek samping estrogen

 

      f. Efek samping utama adalah gangguan perdarahan (perdarahan bercak atau perdarahan tidak teratur)

 

    g. Dapat dipakai sebagai kontrasepsi darurat

Keuntungan kontrasepsi ini :Ibu Menyusui

      a. Sangat efektif bila digunakan secara benar

 

      b. Tidak mengganggu hubungan seksual

 

      c. Tidak memperngaruhi produksi ASI

 

      d. Kesuburan cepat kembali

 

      e. Nyaman dan mudah digunakan

 

      f. Sedikit Efek samping

 

      g. Dapat dihentikan setiap saat

 

    h. Tidak mengandung estrogen

Keterbatasan

      a. Hampir 30-60% mengalami gangguan haid (perdarahan sela, spotting, amenorrhea)

 

      b. Peningkatan atau penurunan berat badan

 

      c. Harus digunakan setiap hari dan pada waktu yang sama

 

      d. Bila lupa satu pil saja, kegagalan menjadi lebih besar

 

      e. Payudara menjadi tegang, mual, pusing, dermatitis/jerawat

 

      f. Resiko kehamilan ektopik cukup tinggi ( 4 dari 100 kehamilan ), tetapi resiko ini lebih rendah jika dibandingkan dengan perempuan yang tidak menggunakan mini PIL

 

    g. Efektifitas menjadi rendah bila digunakan bersamaan dengan obat tuberculosis atau obat epilepsy

Cara Penggunaan

      a. Mulai hari 1-5 siklus haid

 

      b. Diminium setiap hari pada saat yang sama

 

      c. Bila Anda minum PILnya terlambat lebih dari 3jam, minumlah pil tersebut begitu diingat, dan gunakan metode pelindung selama 48jam

 

      d. Bila Anda lupa 1-2 pil minumlah segera pil yang terlupa dan gunakan metode pelindung sampai akhir bulan

 

    e. Bila tida haid mulailah paket baru sehari setelah paket terakhir habis

3. Suntikan Progestin
Sangat efektif dan aman, Dapat dipakai oleh semua perempuan dalam usia reproduksi kembalinya kesuburan lebih lambat ( rata – rata 4 bulan ), Cocok untuk masa laktasi karena tidak menekan produksi ASI.

Keuntungan

      a. Sangat efektif

 

      b. Pencegahan kehamilan jangka panjang

 

      c. Tidak berpengaruh pada hubungan suami istri

 

      d. Tidak mengandung estrogen, sehingga tidak berdampak serius terhadap penyakit-penyakit jantung dan gangguan pembekuan darah

 

      e. Tidak berpengaruh terhadap produksi ASI

 

      f. Dapat digunakan oleh perempuan usia lebih dari 35tahun sampai premenopause

 

      g. Membant mencegah kanker endometrium dan kehamilan ektopik

 

      h. Menurunkan kejadian penyakit jinak payudara

 

      i. Mencegah beberapa penyebab penyakit radang panggul

 

    j. Menurunkan krisis anemia bulan sabit

Keterbatasan

      a. Sering ditemukan gangguan haid seperti siklus haid yang memendek / memanjang, perdarahan banyak / sedikit, perdarahan tidak teratur / spotting dan tidak haid sama sekali.

 

      b. Sangat bergantung pada sarana pelayanan kesehatan (harus kembali pada suntikan)

 

      c. Tidak dapat dihentikan sewaktu-waktu sebelum suntikan berikutnya

 

      d. Terlambatnya kembali kesuburan setelah penghentian pemakaian, hal ini disebabkan karena belum habisnya pelepasan obat suntikan dari Deponya.

 

    e. Pada penggunaan jangka panjang dapat menimbulkan kekeringan pada vagina, menurunkan libido, gangguan emosi (jarang), sakit kepala, nervositas, jerawat

Note: selama 7 hari setelah suntikan pertama, tidak boleh melakukan hubungan seksual

4. Kontrasepsi Implan
Efektif selama 5 tahun untuk Norplant, 3 tahun untuk jadena, Indoplant dan Implanon
Dapat dipakai oleh semua perempuan dalam usia reproduksi
Pemasangan dan pencabutan perlu pelatihan
Kesuburan segera kembali setelah implant dicabut
Aman dipakai pada saat laktasi

Keuntungan

      a. Daya guna tinggi, perlindungan jangka panjang ( sampai 5tahun)

 

      b. Pengembalian tingkat kesuburan cepat, setelah pencabutan

 

      c. Tidak memerlukan pemeriksaan dalam

 

      d. Bebas dari pengaruh estrogen

 

      e. Tidak menganggu kegiatan senggama

 

      f. Tidak menganggu produksi ASI

 

    g. Dapat dicabut setiap saat sesuai dengan kebutuhan

Keterbatasan

      a. Pada kebanyakan pemakai, dapat menyebabkan perubahan pola haid berupa perdarahan bercak / spotting, hipermenorea, atau meningkatnya jumlah darah haid, serta amenorca

 

      b. Timbul keluhan-keluhan seperti : nyeri kepala, nyeri dada, perasaan mual pening/pusing, peningkatan / penurunan berat badan

 

    c. Membutuhkan tindak pembedahan minor

5. Alat Kontrasepsi Dalam Rahim
Sangat efektif, reversible, dan berjangka panjang
Haid menjadi lebih lama dan lebih banyak
Pemasangan dan pencabutan memerlukan pelatihan
Dapat dipakai oleh semua perempuan usia reproduksiTidak boleh dipakai oleh perempuan yang terpapar infeksi menular Seksual
Ada beberapa jenis : CuT-380A, Nova T, Lippes Lopps

Keuntungan

      a. Efektifitas tinggi (0,6-0,8 kehamilah /100 dalam 1tahun pertama, 1 kegagalan dalam 125-170 kehamilan

 

      b. Metode jangka panjang (10 tahun proteksi dari CuT-380 A dan tidak perlu diganti)

 

      c. Tidak mempengaruhi hubungan seksual, dan meningkatkan kenyamanan seksual karena tidak perlu takut hamil

 

      d. Tidak mempengaruhi produksi ASI

 

      e. Dapat dipasang segera setelah melahirkan dan sesudah abortus (apabila tidak terjadi infeksi)

 

      f. Dapat digunakan sampai menopause ( 1tahun atau lebih setelah haid terakhir)

 

    g. Tidak ada interaksi dengan obat-obatan

Kerugian

      a. Efek samping yang umum terjadi, perubahan siklus haid (umunya pada 3bulan pertama dan akan berkurang setelah 3 bulan ), hais lebih lama dan banyak, perdarahan spotting antar menstruasi, saat haid lebih sakit.

 

      b. Komplikasi lain : merasakan sakit dan kejang selama 3-5 hari setelah pemasangan, perforasi dinding uterus, perdarahan berat pada waktu haid yang memungkinkan penyebab anemia

 

      c. Tidak mencegah IMS termasuk HIV / AIDS

 

    d. Tidak baik digunakan pada perempuan dengan IMS atau perempuan yang sering gonta-ganti pasangan

About Siti Nur Wahyuni

>>>> Saya adalah seorang pengabdi masyarakat di bidang kesehatan, di Puskesmas Candimulyo dan di daerah Purworejo saya mengabdi, mengerti teknologi adalah keharusan bagi saya di sini saya mencoba share apa saya dapat di bangku sekolah dan semoga bermanfaat bagi teman teman sesama bidan khususnya, dan teman teman dunia maya pada umumnya >>>>

113 comments

  1. siang bu bidan..
    mau nanya nih, saya udah lepas kb suntik (1 bulan sekali), harus suntik tgl 8 sept, tapi udah ngga, karena pengen hamil kedua.udah tanggal 13 okt belum mens juga, udah test pack negatif :( biasanya awal bulan pasti mens, kan katanya kalo lepas kb subur lagi 9 bulan lagi ya..ada ngga yang lepas kb suntik langsung hamil??

  2. salam bu bidan
    saya sdh 2 th pake kb suntik biasanya haid saya teratur seringnya maju mens terakhir saya tgl 9 sept trs jadwal suntik saya tgl 18 sept saya sdh suntik pas tgl itu jadwal suntik utk bln ini tgl 16 okt tp kok smp skr saya belum mens juga ya?kira2 saya hamil ga bu? makasih atas jawabanya

  3. malam bu bidan, saya mau tanya, saya kb suntik 1 bulan sudah hampir 3 tahun, dan sudah 5 bulan saya lepas KB, haid saya teratur, tiap bulann haid. yang saya mau tanyakan kenapa saya belum hamil juga ya.
    terimakasih

  4. salam bu bidan
    sudah 4 thn (seumur anak sy)saya menggunakan kb suntik yg 1 bln haid sy lancar,tgl 2 september lalu seharusnya saya suntik kb tapi saya telat untuk suntik dan sy melakukan hubungan,dan sekarang sudah tgl 6 oktober saya belum mendapat mens juga, padahal haid terakhir saya tgl 27 agustus.apakah saya hamil? tapi saya tidak merasa mual seperti orang ngidam biasa.bagaimana bu bidan?

  5. sejak lepas masa nifas 40 hari hingga sekarang (anak sdh umur 1 thn 1 bln) kenapa ya koq saya belum haid jg? selama ini saya pake metode MAL aja dan msh menyusui hingga saat ini

  6. pagi bu saya mau tanya sehabis saya kiret selama 6 bulan saya ber kb pil setelah itu halangan saya tidak lancar selama 2 tahun ini

  7. wass mb rini
    pada pemakaian KB hormonal,kesuburan biasanya kembali dlm waktu 9 bln

  8. salam bu bidan
    saya sudah 5 tahun ini menikah dan saya menunda kehamilan dengan menggunakan alat kontrasepsi pil KB selama 2 tahun sudah 3 tahun ini saya tidak lagi meminum pil KB tersebut, selama saya menggunakan pil KB haid saya lancar.kira2 saya bisa hamil gak yang bu?

  9. Mau tanya bu,

    Saya pengguna kb suntik, karena mens ga lancar maka saya pidah dulu ke pil KB. sebelum menggunakan kami periksa dahulu ke bidan terdekat untuk konsultasi dan disarankan malamnya untuk langsung minum pil tersebut, namun bukan di mulai dari area biru (saran dari bidan). Efek kesokan harinya perut terasa mual dan peih yang hebat, badan menjadi lemas dan nafsu makan menjadi hilang.
    Apakah efek yang terjadi apabila minum pil KB saat menstruasi dah habis dan dimulai bukan dari area biru?
    Apakah sakit perut yang dialami itu boleh dikatakan normal? dan adakah solusi untuk mengurangi rasa nyeri perut tersebut?

    terimakasih

  10. salam bu bidan… anak saya usia 9 bulan, semenjak nifas, haid saya maju terus dari tanggal semestinya, bulan ini saya telat haid 2 hari… apakah saya berkemungkinan hamil, secara saya KB alami tanpa alat. tq bu

  11. bu bidan,,saya habis melahirkan bln agustus 2010…terus saya ingin kb,tapi kb apa yg masa suburnya tidak terlalu lama??
    terima kasih

  12. Slm kenal ibu bidan..saya menggunakan kb suntik 1bln awalnya saya tidak ada masalah dgn menstruasi..suami saya menyarankan agar saya lepas kb krn intensitas prtemuan jarang suami saya tugas di luar negri..dan sewaktu dia kembali saya mlanjutkan kb suntik 1bln lg tp pada saat itu saya sedang tidak menstruasi..bln depannya saya telat haid selama 2minggu tetepi 2mnggu setelahnya saya kembali haid slma 2hari saja dan tak lama bbrp minggu kemudian saya haid lg tp cuman 1hari saja dan darahnya berwarna coklat smpe skrg saya belum haid lagi dan sudah telat 2minggu..saya coba membeli alat test kehamilan tapi hasilnya negatif..yang ingin saya tanyakan kenapa haid saya tidak teratur dan apakah ada kemungkinan saya sedang hamil?thx

  13. Assalamualaikum/met siang ibu bidan ….. usia saya 22 tahun saya menikah di usia 20 tahun dan menunda kehamilan menggunakan suntik kb yang 1 bulan sampai sekarg saya masih menggunakan tahun depan rencnnya mau berhenti ibu .. pertnyaan saya apa akan ada efeknya dengan kesuburan saya krn menggunakan cukup lama? dan berapa lama kira2 saya bisa mempunyai momongan?

  14. Slamat sore Dok,
    Sy sdh punya nak umr 7 th.Hbs melahirkan
    sy pakai KB spiral slama 1 th,trus sy ganti Kb suntik 3 bln,gnti lg dgn suntik 1 bln smpai desember 2009,setelah tdk KB lg haid sy lancar tiap blnnya,tp smpai sekrang sdh 9 bln sy blm juga hamil.Bln lalu haid sy mundur 1 mggu stlah tes hasilnya negatif.Bln ini(sept)mju 1 hr tdnya tgl 14 jd tgl 13.Berapa lm kira2 sy bs hamil?
    Terimakasih

    • mb putu
      sesuai teori pada pemakaian KB hormonal,kesuburan akan kembali kira dlm waktu 9 bln. bila anda ingin segera hamil.bs berkonsultasi dg dokter kandungan terdekat utk test kesuburan suami istri
      mks

  15. As..,mbak.
    Saya baru melahirkan anak pertama dan setelah 40 hari suntik kb 3 bulan. Apakah bisa langsung dipakai atau harus menunggu berapa hari mbak? Misalnya langsung dipakai dampaknya apa?
    Makasih mbak…

  16. Dear ibu bidan
    Saya sudah menggunakan kb suntik 3 bulan sebanyak 2x, sekarang saya mau lepas kb dan ingin mengganti dengan kb spiral, seharusnya saya suntik lg tgl. 13 September. Saya melahirkan dengan proses operasi caesar, menurut ibu bagaimana baiknya ? Bila saya mau pakai spiral, apakah saya harus menstruasi dulu? Bila iya, bagaimana caranya biar saya bisa menstruasi kembali? karena menggunakan kb suntik saya tidak pernah mentruasi. mohon jawabannya bu bidan terimakasih atas bantuannya

    • mb sisca
      Saran sy sebaiknya anda test urine dl di bidan atau dokter yg akan memasang spiral,bila negatif tdk usah tunggu mentrsuasi bs lgs pasang spiral
      mks

  17. bu saya baru suntik dua jam yang lalu, kira kira apa bisa langsung berhubungan badan, apakah tidak menyebabkan kehamilan

    • Bila baru suntik pertamakali dimulai pada siklus menstruasi,jadi tidak bisa langsung dipakai. Tapi bila sudah sutik ulangan ya bisa langsung untuk berhubungan badan.

  18. bu saya mau tanya istri saya habis melahirkan 2 bulan yang lalu,kemarin istri baru mulai minum pil KB klo misalkan esoknya langsung berhubungan kira2 akan menyebabkan kehamilan gak bu?..terima kasih bu..

    • Memulai minum pil KB paling baik adalah dalam siklus menstruasi,bila kemudian bersih dan behubungan badan tidak apa2. tapi bila awalan minum tidak dalam siklus haid ya bisa hamil mas Taofik.

  19. Ass…Bu bidan saya mo konsul ne.. Stlh mlahirkan sy mnggunakan kb suntik yg 3bln. Tp bdn sy brtmbah kurus, dan asi sy tdk bnyak. Dan sy pun tdk mndpt haid. Lalu swami sy mnyarankn utk brhti kb. Terakhir sy suntik kb akhr dsmber 2009. Tp smpai skrg(september 2010) sy blm jg mndpt haid. Pdhl sy udh tes khamilan tp hslnya negatif. Yg mo sy tanyakan brp lm jangka wkt utk bs haid kmbli stlh brhnti kb sntik 3bln? Dan apkh itu msh trgolong normal? Mohon jwbnnya. Trima kasih.

  20. salam kenal bu bidan. Saya menggunakan kb suntik 3 bulanan setelah 40 hari melahirkan sampai anak saya berumur 17 bulan. selama kb tidak mendapat haid. bulan juni lalu saya berhenti disuntik. bulan juli saya mendapat haid dua kali dalam sebulan. tapi bulan agustus sama sekali tidak mendapat haid. apakah ini normal? bagaimana agar mens kembali teratur dan kesuburan kembali lagi?

    • Coba di test dulu urinenya,bila negatif bisa menggunakan pil KB sehingga menstruasi bisa teratur dg harapan kesuburan segera kembali.

    • bu bidan, meneruskan pertanyaan saya tempo lalu, tanggal 25 agustus saya tes urin, hasilnya negatif, tetapi tanggal 16 dan 17 september kemarin saya tes urin kembali dengan tespek AKURAT dan SENSITIF dan hasilnya positif hamil. Bu, mungkinkah saya bisa secepat itu bisa hamil setelah baru satu bulan stop kb suntik 3 bulan?

  21. salam hangat bu,,saya sudah 1,5 tahun berumah tangga blum dikaruniai momongan,,siklus haid saya tidak teratur semenjak gadis,,ini saja sudah hampir 3bln saya blum mendapat haid,,bagaimana agar haid saya bisa teratur ya bu??bener ga minum pil kb bisa memperlancar haid??

    • Bila minum pil KB memang haid bisa teratur. bila anda ingin mengetahui penyebab ketidakteraturan haid yg anda alami,alangkah baiknya bila anda berkonsultasi dg dr.kandungan dulu.

  22. Ibu Bidan, saya mau tanya, karena ingin tidak terganggu dalam menjalankan ibadah umroh, saya meminta Dr. Kandungan saya obat untuk penundaan menstruasi, saya diberi Diana 35, yang sudah ditentukan kapan hari meminumnya, pada saat minum hari pertama saya belum menstruasi.
    Sekarang sudah hari ke-8, dan masa menstruasi saya hampir habis (jika kondisi normal).
    Yang saya tanyakan, apakah ada kemungkinan saya menstruasi jika saya lupa meminumnya sehari saja,dan apakah saya juga bisa hamil jika pada saat lupa saya melakukan hubungan dengan suami.
    Mohon infonya ibu,karena ini sangat mengganggu, dan saya juga baru pertama kali memakai obat-obatan seperti ini.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    • mb wulan..pil yg anda minum berisi hormon yg jg merupakan alat KB. Bila anda lupa meminumnya,maka hormon akan segera menurun shg bisa terjadi menstruasi. Sebelum ini anda ikut KB cara apa mb?

  23. Dear bidan Yuni,

    sebelumnya saya memakai KB suntik yg 1 bulan & mendapatkan haid rutin tiap bulan namun saya berhenti KB 1 bulan yg lalu & bulan ini saya tidak mendapatkan haid, apakah saya langsung hamil atau memang tidak teratur?

    terima kasih

  24. Pagi bu bidan,

    Mau tanya, saya kb suntik bulanan. Terakhir suntik kb 17 agustus, rencanannya bulan depan saya mau lepas kb. Bagaimana caranya? Apakah langsung tidak suntuk kb begitu saja, atau harus pakai pil kb dulu? Berapa lama kesuburan bisa kembali sehingga bisa hamil lagi??

    Terima kasih jawabannya.

    desy

    • langsung stop KB saja, kemudian observasi menstuasinya setiap bulan ( teratur tidak).

      Untuk kesuburan : bila siklus menstruasi teratur kesuburan akan segera kembali

  25. bu bidan mau nanya,,,,saya pasangan pengantin baru,,,saya menunda kehamilan dg menggunakan kb suntik 1 bulan, karena jika menggunakan kb pil saya takut lupa,,,,bulan ini saya mens lama sekali 13 hari,,untuk mengatasinyya gmn??saya bingung,,,mohon penjelasanya,,trimakasihhh

  26. bu,saya setelah anak kedua lahir ikut kb suntik tiap 1 bulan selama 6bln (tidak ada yg berubah dg lama haid=aman2 saja)lalu saya lanjut spiral slama 4 tahun.2 bln lalu spiral sudah habis masanya dan sekarang sy lanjut kb suntik 1bln.saat sy suntik pas 16juli haid hari kedua lalu haid saya jadi 4 hari saja pdhl biasanya 7 hari.lalu sy haid lagi 5 agst.apakah daya kerja kb 1 bln itu masih berlaku mengingat sy 2x haid dlm jangka waktu belum satu bulan,saat ini sejak 15 agst payudara jadi kencang n sensitif terus hingga 24agst.saya takut jangan2 saya hamil.bagaimana menurut anda?

  27. salam kenal bu bidan…
    Saya ibu menyusui & pakai pil kb laktasi,,sampai sekarang sy blum haid apakah itu normal?sudah dcek tp tes jg negatif,,,bayi sy 7 bln masi menyusui asi tidak sufor dan klo mkn jg skrg lg susah bgt,,
    sbnernya biasanya sampai brp lama ibu yg menyusui tdk mengalami haid??trimakasih sblmx,,mhn jwbnnya y,,

    • Teruskan dulu pil KB Laktasinya mb Priska,jangan lupa minum secara benar dan teratur. Pada masing-masing ibu kembalinya haid setelah melahirkan sangat bervariasi,tergantung produksi hormon dan proses menyusui. bila menyusui secara eksklusif, setelah bayi berusia 6 bulan kesuburan telah kembali.

  28. dear bidan yuni,
    sy ibu 1 anak, usia 25 th, br 1 thn terkhir ini pake kb spiral, sejakpemasangan sampai sekarang bb sy tuch cepat bgt ya bu naik nya,,,,,,,,gila2an gtoh. oh ia bc comment2 yg lain haidnya lama n deras, knp sy kok gak ya bu???? apa spiral T tdk ccok ke sy shga menyebbkan bb sy meningkat cepat n haid singkat

    • bila yg anda pakai Copper T380A,sy pikir tidak ada hubungan secara langsung dg peningkatan BB yg mnrt anda gila2an tsb jeng vera.BB pastilah berhubungan langsung dg pola makan dan psikis anda. Secara psikis anda merasa aman dan nyaman dg pemakaian spiral. Coba kaji kembali pola makan anda jeng vera..

  29. Salam Kenal Bu bidan, saya 23th dan suami 27th baru menikah bulan mei yg lalu. Pada awal pernikahan satu dan lain hal saya memakai KB suntik 1 bulan. Pada awal pemakaian siklus haid saya normal. Kemudian pada jadwal suntik bulan berikutnya saya ikut suami ke tempat kerja di luar jawa. Oleh suami saya dilarang lagi memakai KB Suntik. Yang saya tanyakan setelah saya tidak suntik. Siklus haid tidak teratur,kadang banyak kadang sedikit. Dan seringkali selesai berhubungan dengan suami keluar darah. Berbahayakah itu? kemudian apakah kesuburan segera kembali pasca penghentian KB? Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

    • Pada saat masih berKB,haid diatur dg hormon2 pada suntikan KB tsb,setelah KB dihentikan tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi dg produksi hormon alami,sehingga terjadi gangguan haid berupa spotting. Kesuburan akan kembali bila siklus haid telah normal. Apabila anda ingin anak segera,normalkan dulu siklus haid dg cara minum pil KB secara benar dan teratur. Bila haid sudah teratur,segera hentikan penggunaan pil KB

  30. bu bidan saya mw tanya nih, sya kan pake KB suntik yg 3 bln. sejak itu haid saya tidak teratur, paling 2-3bln stelah suntik KB muncul darah tetapi sedikit dan munculnya pun tidak teratur yaitu setiap lewat satu hari dengan disertai rasa nyeri dibagian perut sebelah bawah.kira2 penyebabnya itu apa ya bu??

  31. Pagi ibu bidan
    Saya menggunakan KB pil utk ibu menyusui, yg sebelumnya dgn merk microlut dan skrg trinordiol.
    Tgl 19 juli kmrn saya haid selesai tgl 26, kemudian tgl 31 nya ko saya haid lagi. Karena saya panik, hari senin kmrn, tgl 2 agust saya datang ke bidan terdekat. Ketika haid saya tidak minum, ternyata saya salah besar ya bu, kmdn bidan tsb menyuruh saya mengulang dan membeli baru lagi pilnya. Di pil yg baru, saya kan harus memulai di hari bagian warna merah sesuai hari pertama haid, tetapi kan saya mulai haid itu di hari minggu ya bu, tetapi hari minggunya itu ga termasuk di bagian yg berwarna merah, kmdn kemarin itu saya datang di hari senin, nah ibu bidannya menyuruh saya minum di hari senin tetapi dilakukannya di hari selasa ( sekarang ). Kmrn saya ga sempet tanya, karena ga lihat lagi pilnya, kira2 nanti saya salah lagi ga sih bu??

    • Met pagi jg mb lya
      Kalo qt menggunakan PIL KB memang sebaiknya diminum tiap hari secara teratur. Agar tidak terjadi kekacauan dlm siklus haid. Jadi meskipun pas haid tetep minum pilnya.
      Saran saya utk memulai siklus br lg,jgn mulai dr pil yg utk haid,krn anda sdh haid. teruskan sj minum pilnya sesuai hari anda minum dan jgn minum pil di wrn merah /haid.
      Semoga bermanfaat..jabat erat selalu

  32. sy sdh 4th KB suntik,bln kemarin sy tdk suntik,krn pas tggl tsb sy haid,bln ini sy tdk dpt haid,hsl tes negatif.apkh tdk berbahaya,TKB.

    • coba mbak desy konsulkan dengan dokter atau bidan yang menyuntik KB mbak desy,

      karena tenaga kesehatan tersebut lebih tahu tentang riwayat mbak desy, tentang umur, mbak desy ingin mempunyai anak lagi atau tidak, dan lain sebagainya…

      kalau dalam keadaan normal semua dan mbak tidak ingin anak lagi mbak bisa langsung suntik kab lagi.

  33. bu bidan, saya mau tanya.. setelah suntik kb 3 bulan / progestin, kapan diperbolehkan berhubungan lagi..?

    • Pada akseptor baru/pertama kali suntik, bila KB suntik dilakukan sesuai prosedur,yaitu dilakukan pada masa menstruasi,setelah selesai menstruasi bisa lgs dipakai

  34. Bu bidan, saya suntik 3 bulan di bulan oktober 2009,sebelum naik haji, 1 bulan saya tidak mendapatkan haid, tapi setelah itu, saya keluar seperti mens tapi volumenya sedikit dan tidak berhenti hingga bulan februari (4bln), saya kemudian ke dokter diberi Pil KB (endometril n antibiotik,di hari kedua minum pil pendarahan berhenti tp di hari ke9, kembali pendarahan. ahirnya oleh dokter diminta berhenti 5 hari untuk diganti lutenyl. ketika saya tidak minum obat, di hari ke-5 pendarahan berhenti shg saya tdk meminum lutenyl sama sekali. saya tidak mendapat haid hingga 32 hari, kemudian haid, tapi malah nggak berhenti2 dgn volume yg sedikit2… kenapa ya bu??? kira-kira bgmn dgn kesuburan saya?? apa memang terapinya harus minum pil KB?? saya agak paranoid dgn obat hormon sekarang. (umur : 25 thn, BB: 52kg, TB: 165cm, menikah)

    • Begitulah yg namanya KB Hormon,kerugiannya memang mengganggu siklus menstruasi. Untuk KB suntik memang pengobatannya dg pil KB. Untuk mengembalikan siklus haid agar kembali normal,anda dapat menggunakan KB pil dulu dlm jangka waktu 3 bulan atau sampai siklus haid kembali lancar.
      Kmdn bila anda ingin berKB tanpa hormon anda bisa menggunakan AKDR(alat kontrasepsi dalam rahim). Tidak mengganggu siklus haid dan kesuburan. bila anda ingin hamil,tinggal dilepas dan kesuburan lgs kembali.

  35. sy menyusui di bantu susu formula memakai pil laktasi sudah 1 bulan lom mens padahal sebelumnya mens dah testpek negatif kenapa yaa sebelum tau ada pil laktasi saya pakai microginon apa mungkin itu sebab saya mens? sekarang tidak mens karena rutin beralih ke pil laktasi?

  36. bu bidan, sya bru menikah 3 bln yang lalu . sya mw tanya apakah bsa menunda khamilan untuk wqt yang lama ? alat kb apa ya cocok ?

    • Untuk menunda kehamilan pada pasangan yg blm mempunyai keturunan,alangkah baiknya bila menggunakan alat kontrasepsi non hormonal. Sehingga tdk mengganggu haid dan kesuburan. Saran saya gunakan AKDR (alat kontrasepsi dalam rahim). Bila sewaktu2 anda ingin hamil,tinggal dilepas dan bisa segera hamil.

  37. Vini Prihatini Sakdiah

    bu bidan mau tanya donk, sy ibu menyusui, sebelum menggunakan kb suntik 3 bulan produksi asi sy banyak tp setelah kb menurun knp ya?pdhl dr penjelasan kb suntik tidak mempengaruhi produksi asi…

    terima kasih ^^

    • petama .. terima kasih telah mampir di blog bidan ini…

      menjawab pertanyaan mbak vini, menurut pengalaman saya selama ini saya selalu menganjurkan kepada kepada ibu yang menyusui untuk menggunakan kontrasepsi pil KB ibu menyusui.. dan selama ini belum ada yang mengeluhkan tentang berkurangnya ASI, alagkah baiknya bila ibu vini konsultasikan kepada tenaga kesehatan terdekat untuk informasi lebih lanjut tentang kontrasepsi yang saya jelaskan.

      semoga bermanfaat.
      jabat erat selalu

  38. saya udh 6 bln berhenti kb suntik yg 3bln,, tp siklus mens saya jd sangat tdk teratur, dlm sebulan saya bs mens sampai 15-20 hari itu pun keluar darahnya cuma sedikit2,, yg mau saya tanyakan apakah hal itu mempeneruhi kesuburan? jika ya, bagaimana cara mengembalikan kesuburan itu, karna saya ingin cepat hamil.. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    • mb ika utk KB suntik memang efek sampingnya mempengaruhi siklus haid..kembalinya kesuburan sekitar 9 bulan setelah KB suntik
      bila setelah penghentian KB suntik ada keluhan spotting seperti yg mb ika alami..utk menghentikan sekaligus utk mengatur siklus mens serta pengembalian kesuburan,bisa menggunakan KB pil
      makasih sudah berkunjung…jabat erat

  39. Istri saya sekarang sedang menyusui dan menggunakan spiral. Tapi kok menstruasinya jadi berubah periodenya ya bu..kenapa ya?

    Salam kenal dari Cikampek. Terima kasih.

  40. Senang sekali menemukan blog ini, sangat bermanfaat.
    Salam kenal ya bu… :)

  41. Pagiii…

    5 bulan lalu saya melahirkan dan sampe saat ini saya belum dapat haid tp setelah saya baca blog ibu bidan ternyata ibu menyusui akan telat mendapat haid karena saya juga menyusui (itu namannya KB alami ya?) saya masih bingung pilih KB apa? tp saya ingin KB suntik aja, gmn menurut ibu?

    terimakasih…

  42. masalah KB denagn mengunakan kondom koq gag di ulas :???: jangan2 kondom sudah tidak masuk alat kontrasepsi lagi karena sudah masuk ranah pencegahan paham sex bebas. kalo memang benar begitu, hmmm…… gawat.
    salam kenal serta jabat erat selalu dari Tabanan

  43. Infromasi yang bagus buat yang baru punya anak….atau baru menikah…Drupal Menang Lagi Sebagai CMS Terbaik

  44. Wah… baru pertama kali nih mampir kesini. Salam kenal bu Bidan… Baru kali ini saya etemu bidan ngeblog. Good.
    .-= Panduan Sukses ngeBlog´s last blog ..New Plugin; Kaskus Emoticon For Comment =-.

  45. salam hangat dari saya bu, bagus banget webnya. thanxxx

  46. Saya rasa norlan lebih praktis tuh.. bisa jangka lama… kendalanya… muahal…. mestinya pemerintah gratisin aja tuh alkon.. buat semua orang.. biar TFR nya bisa ditekan… konon sekarang ini pertumbuhan penduduk dah membludak lagi seiring di otonomikannya BKKBN .. benar gak tuh…

  47. Keluarga saya pakai kontrasepsi pil, salam kenal bu Bidan
    .-= Megan Fox´s last blog ..Megan Fox with Amanda Seyfried =-.

    • Apapun itu kontrasepsinya yang penting cocok untuk istri anda dan anda sendiri pak.

      salam kenal juga…selamat datang, saya tunggu kedatangan anda selanjutnya

  48. Ini benar-benar ilmu yang sangat bermanfaat..

    Salam kenal
    .-= Fiqih the Fachia´s last blog ..Complete Reviews about Online Dating Site =-.

  49. menyapa ibu bidan di sore hari
    selamat sore ibu bidan

  50. PERTAMAAAXXXXXXXXXXXX……….
    .-= haris ahmad´s last blog ..i feel unhappy i feel so sad =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

728x90