Wednesday , 3 September 2014
Info Terbaru
You are here: Home » Informasi Kesehatan » Kesemutan, Apa penyebab dan Efeknya?
peluang usaha

Kesemutan, Apa penyebab dan Efeknya?

Kesemutan, hampir semua orang mungkin pernah merasakan sensasi bagaimana rasanya kesemutan. Tapi taukah anda Mengapa sering kesemutan? Apakah penyebab kesemutan?

Kesemutan disebut parestesia dalam istilah medis, rasanya tentu saja adalah sensasi spontan yang tidak wajar pada anggota tubuh tertentu.

Parestesia atau kesemutan adalah terminologi untuk suatu gejala dan bukan diagnosis penyakit. Itu sebabnya gejala parestesia bisa dijumpai pada berbagai penyakit yang mengenai saraf, terutama saraf di bagian perifer.

Apakah anda sering kesemutan di bagian tangan? Kaki? Atau bagian yang lain?

Ya, paling sering kesemutan memang terjadi di anggota tubuh tangan, kaki, lengan, atau kaki. Bila anda sering mengalami kesemutan di bagian lengan kanan, kemungkinan terjadi karena ada jepitan saraf di leher. Atau jika terjadi di telapak tangan, kemunginannya adalah jepitan saraf di pergelangan tangan.

Lalu, Apakah penyebab kesemutan yang paling sering dijumpai?

kesemutan, penyebab, efek, dan gejala

Penyabab terjadinya kesemutan karena berbagai faktor, umumnya adalah karena saraf lemah ( neuropati) ataupun karena aliran darah yang tidak lancar. Jika anda terlalu sering mengalami kesemutan, lebih baik Konsulitasikan dengan dokter anda, lebih baik lagi ahli penyakit saraf atau penyakit dalam.

Selain itu, hal-hal dibawah ini juga seringkali menjadi penyebab terjadi kesemutan.

  • Terlalu lama dalam posisi yang sama. Duduk atau berdiri dalam waktu yang lama sangat memungkinkan terjadinya kesemutan. Mungkin ini adalah penyebab yang paling gampang ditemui karena mudah mengenalinya.
  • Terjadi karena aliran darah tidak lancar, sehingga terjadi kekurangan.
  • Tekananan pada saraf tulang belakang.
  • Orang dalam kondisi medis tertentu yaitu diabetes, multiple sclerosis, kejang, migrain atau sakit kepala.
  • Kalsium, kalium, dan natrium dalam tubuh berada di tingkat abnormal.
  • Kurangnya vitain B-12 dalam tubuh.
Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli, jika anda khawatir karena sering mengalami kesemutan yang tidak wajar. Karena pada beberapa kasus, kesemutan bisa juga merupakan gejala sebuah penyakit. Contohnya yaitu : Diabetes Melitus (DM), Stroke, Penyakit Jantung, Infeksi Tulang belakang, Rematik, Smasmofilia(tetani), Cytomegalovirus(CMV) ( Lebih lengkap mengenai gejala-gejala yang mungkin jika terjadi kesemutan yang tidak wajar bisa dibaca disini).

About Sylviana Agustina

Sylviana adalah seorang beauty consultant di sebuah perusahaan Make Up, tertarik dengan masalah-masalah kesehatan wanita dan kecantikan, dan ingin membagikannya di Bidandesa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

728x90