Wednesday , 17 September 2014
Info Terbaru
You are here: Home » Bidan Desa » Tips dan Trik » Ngantuk di Bulan Puasa?
peluang usaha

Ngantuk di Bulan Puasa?

mengantuk disaat bulan puasaNgantuk di bulan puasa? kenapa bisa terjadi apakah karena kurang tidur yang disebabkan bangun pagi pagi. Ternyata bukan hanya kurang tidur yang menjadi penyebabnya, tapi juga karena metabolisme tubuh yang berubah.

Penyebab mengantuk yang teramat sangat di bulan puasa adalah menurunnya kadar glukosa dalam darah yang membuat otak sulit berkonsentrasi.

Otak mendapatkan energi dalam bentuk glukosa, sehingga jika aliran glukosa ke jaringan otak berkurang akan mempengaruhi kinerja dari otak. Otak mengonsumsi 60 persen asupan glukosa tubuh.

Berdasarkan sumber dari Fitnessspotlight setelah energi yang dihasilkan oleh makanan sudah menipis, maka hati akan mengeluarkan cadangan glikogen yang disimpan untuk membantu memberikan energi bagi tubuh sehingga otak dan sistem tubuh lainnya bisa bekerja maksimal.

Nach bila cadangan energi di tubuh tidak cukup untuk memberikan energi tambahan dalam melakukan kegiatan sehari-hari, maka tubuh akan merasa lemas dan terjadi penurunan kadar gula darah, kondisi ini bisa menyebabkan seseorang merasa kantuk, dan akan semakin terasa kantuknya bila memasuki siang hari yang mana pada saat tersebut cadangan energi di dalam tubuh orang berpuasa sudah mulai berkurang.

Kekurangan zat besi di dalam tubuh juga bisa membuat seseorang merasa kantuk saat siang hari ini disebabkan karena asupan zat besi yang kurang saat sahur. Untuk cobalah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks seperti beras merah, ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum akan menahan glikogen lebih lama untuk menghasilkan glukosa. Dengan begitu ngantuk di bulan puasa akan bye bye. >>via detik.com

Yang tak kalah penting jangan lupakan makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran berdaun hijau, ikan teri dan juga kacang-kacangan. Karena zat besi membuat tubuh akan banyak menyerap oksigen sehingga tidak cepat mengantuk.

About Siti Nur Wahyuni

>>>> Saya adalah seorang pengabdi masyarakat di bidang kesehatan, di Puskesmas Candimulyo dan di daerah Purworejo saya mengabdi, mengerti teknologi adalah keharusan bagi saya di sini saya mencoba share apa saya dapat di bangku sekolah dan semoga bermanfaat bagi teman teman sesama bidan khususnya, dan teman teman dunia maya pada umumnya >>>>

14 comments

  1. hehehhe mandi bu’

    :D

    berendam saja

  2. Waah.baru tau nih kalau makan kacang-kacangan pada saat sahur bisa mengurangi kantuk dalam menjalankan puasa

  3. mohon maaf lahir dan bathin yah bu bidan…

  4. komen sambil ngantuk,… bener gak saya nulisnya

  5. Menjaga kesehatan selama bulan puasa memang penting, pemilihan menu yang seimbang menjadi kuncinya.

    Sayang kan, kalau sampai lelah malah berubah jadi sakit pas bulan puasa.

  6. Great article, thanks for sharing this. I have subscribed to your RSS feed and am looking forward to reading more from you.
    Keep up the good work and don’t stop posting please.

  7. ohh…pantas saya sering ngantuk… salam kenal

  8. Lha berarti mending pas jaman pak suharto jadi preseden ya bu bidan. karena tau kalau puasa itu jadi susah konsentrasi dan ngantuk, sekolah pun diliburkan. bukankah begitu??? (hore)

  9. nek bar buka kok tetep ngantuk pripun bubidan?

  10. oo.. gtu tho?
    klo ngantuk saat tarawih, karena apa ya, Bu?

  11. Wahh..Makasih tips nya bu bidan… :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

728x90