Wednesday , 22 October 2014
Info Terbaru
You are here: Home » Kehamilan » Pahami Gerakan Janin Anda
peluang usaha

Pahami Gerakan Janin Anda

gerakan janinGerakan janin merupakan gerakan spontan yang dilakukan oleh janin dalam kandungan.Ibu mulai dapat merasakan gerakan janin pada kehamilan 4 bulan. Adanya variasi waktu memang biasa terjadi. Seorang ibu yang pernah memiliki anak sebelumnya akan lebih cepat mengenali gerak janin, ini karena otot rahimnya sudah lemas terlebih dahulu. Seorang wanita yang ramping akan dapat merasakan lebih awal dari pada seorang wanita yang tertalu gemuk.

Janin akan aktif bergerak  disaat atau pada :

  • Satu jam pertama setelah makan
  • waktu tengah malam

Gerakkan janin yang normal menurut penelitian akan bergerak lebih dari 10x dalam 12 jam.

Cara menghitung gerakan janin :

Metode sederhana

  • Letakkan uang logam dalam mangkok.
  • Keluarkan dan letakkan diatas meja.
  • Masukkan lagi uang logam ke dalam mangkok setiap kali janin bergerak.
  • Jika logam tidak kembali lagi seluruhnya ke dalam mangkok dalam 12 jam, segera hubungi atau konsultasikan ddengan tenaga kesehatan / bidan setempat.

Menghitung gerakkan sehari-hari

  • Ibu hamil menentukan satu waktu dalam satu hari dan ibu hamil mempunyai waktu untuk benar-benar memperhatikan pada gerakkan kandungannya.
  • Setiap hari pada saat yang sama, tentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh 10 gerakan.
  • Jika untuk mencapai 10 gerakkan membutuhkan waktu lebih lama dari biasannya atau tisak terjadi gerakkan maka di harapkan anda menghubungi tenaga kesehatan / bidan setempat untuk berkonsultasi masalah tersebut.

Nach apa saja yang menjadikan penyebab ibu hamil tidak merasakan gerakan janinnya

  • Aktivitas ibu sendiri, misalnya ibu banyak berjalan atau bergerak, janin dibuai untuk tidur
  • Ibu tertidur pada saat bayi aktif bergerak.

Hubungi Tenaga Kesehatan Jika Gerakan Janin Tidak Terasa Atau Melemah

Referensi
Varney, Helen, dkk 2001. Buku Saku Bidan. Jakarta EGC
Ersenberg, Arlen dkk 1996. Kehamilan : Apa Yang Anda Hadapi Bulan per Bulan. Jakarta Arcan
Friedman, Emanuel dkk 1998. Seri Skema Diagnosis dan Penatalaksanaan Obstetri. Jakarta Binarupa Aksara

About Bidan Sepace

23 comments

  1. malem,umur kehamilan ku sudh 19w kok blum trasa ada tndangan debay y,
    trus katanya sih klaw jari tangah atw tLunjuk d tekan dkat bwah pusar itu denyutan debay,trus kLaw aku di tekan emng agak ada berdeyut apakah itu bnar ??
    Terima kasih

  2. halo bunda saya mau nanyak nik umur kandungan saya sudah 19 minggu tapi sampai sekarang saya belum merasakan gerakan janin

  3. aq skrg lg mngandung 30 minggu dan ini anak prtma,tpi alhmdllilah baby q aktif bgt klau udh gerak bsa trlihat dri luar spt gelombang.yg ingin saya tanya knapa setiap si baby bergerak suka trasa ngilu di perut sehingga mmbuat sya ingin BAK?

  4. usia kehamilanku udh 30 minggu, kadang geraknya aktif tapi dah 4 hari terakhir janinku pasif banget,bikin aku cemas.dulu juga pernah gtu.setiap aku priksain denyut jantungnya juga normal,kenapa ya bunda ??? kasih sy masukan dong

  5. wah,,,klo saya aktf bgt gerakanya smpe2,perut sprti gelombang

  6. sy lagi hamil kira2 18-19 minggu.. sy lum ngerti bener masalah gerakan bayi ini.. biasanya kadang terasa seperti kedutan tapi itupun juga jarang. apakah memang seperti itu rasanya atau bagaimana ya? kemudian bagaimana sy bisa tau pasti usia bayi yg saya kandung?

    terimakasih

    • pada usia tersebut gerakan bayi mmg blm kuat, msh terasa seperti kedutan. seiring pertumbuhan bayi gerakan pun akan menjadi semakin kuat. utk mengetahui usia kehamilan dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir (hpmt)

  7. kalo dulu Syifa waktu masih di kandungan sering nendang2 saya. Apalagi klo dielus, pasti dah, kuat tendangannya

  8. info yang sangat membantu niih…, cuma sayang yaaa anak2 saya sekarang sudah pada besar, paling juga nanti saya bisa sampaikan ke anak saya jika sudah berumah tangga.

  9. gerakan bayi selalu ditunggu, lucu spt gelombang,malahan kl lama nggak gerak, mulai cemas deh

  10. Hoho,, info buat calon istriku nanti.. wkeke

  11. dulu sewaktu anak saya masih didalam kandungan, setiap bunyi tukang siomay lewat…

    metodenya boleh juga tuh, buat nanti Adiknya Putri.. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

728x90