Sunday , 23 November 2014
Info Terbaru
You are here: Home » Bidan Desa » Pertumbuhan dan Perkembangan Janin
peluang usaha

Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Pertumbuhan Janin

Proses terjadinya perubahan pada tubuh janin selama dalam kandungan seperti ukuran dan berat janin Perkembangan janin Dimulai dari awal bulan ke tiga hingga akhir kehidupan dalam rahim yang ditandai dengan penyempurnaan organ dan pertumbuhan tubuh yang cepat

Berikut tahap pertumbuhan dan perkembangan janin :

Minggu ke 4

Mulai dibentuk tulang belakang, otak syaraf tulang belakang, jantung saluran pencernaan, mata, hidung, dan telinga. Janin berukuran 7,5 – 10 mm.

Minggu ke 8

Jari jemari mulai dibentuk, kepala menekur ke dada. Jantung mulai memompa darah. Perut, muka dan bagian utama otak dapat dilihat. Janin berukuran 2.5 cm dan berat kira-kira 5 gram.

Minggu ke 12

Daun telinga lebih jelas, kelopak mata melekat, leher mulai dibentuk. Denut jantung dapat terlihat dengan USG, jenis kelamin dapat diketahui. Ginjal sudah memproduksi urine. Urine dibuang kedalan air ketuban, banyaknya sekitar 44 ml dan produksi rata -rata 0.05 – 0.10 ml per menit. Janin berukuran 9cm dan berat sekitar 15 gram.

Minggu ke 20

Kulit lebih tebal, mulai dibentuk alis, bulu mata, rambut dan rambut halus dikulit. Janin mengembangkan jadwal teratur untuk tidur, menelan dan menendang. Janin berukuran 25cm dengan berat 280 gram.

Minggu ke 24

Kerangka janin berkembang cepat, perkembangan pernafasan dimulai. Janin berukuran 30-32 cm dan berat 600 gram.

Minggu ke 28

Janin dapat mengatur suhu dan dapat bernafas tetapi air ketuban tidak masuk ke dalam paru-paru. Janin berukuran 35cm dan beratnya 1000gram

Minggu ke 32

Kulit merah dan keriput, simpanan lemak coklat, berkembang di bawah kulit. Janin berukuran 40-43 cm dan berat 1600 gram

Minggu ke 36

Muka berseri, tidak keriput, janin dapat bergerak dan berputar banyak. janin berukuran 46 cm dan berat 2500 gram

Minggu ke 38

Kulit licin dan janin siap lahir. janin berukuran 50-55 cm dan berat 3000 gram.

Sumber Mochtar, Rustam 1998, Sinopsis Obstetri, jakarta : EGC Wiknjosastro, Hanifa 2005, Ilmu Kandungan, Jakarta : Yayasan Pustaka Sarwono Prawiroharjo

Silahkan baca post terbaru Bidandesa tentang Perkembangan bayi dan tahapannya.

About Bidan Sepace

55 comments

  1. Buk bidan yuni saya mau bertanya kemaren waktu umur 32w kata dokter berat janin saya hanya 1999 buk, gimana buk ya itu normal kah atau kekecil2an? Dan dokter juga mengatakan plasenta saya berlubang buk. Itu penyebabnya kenapa ya buk. Saya takut bayi saya dalam perut ada kenapa2:’) terimakasih buk tolong sarannya

  2. bu bidan, saya baru masuk 32minggu, tp berat janin sudah 2,6kg, padahal kenaikan berat badan saya hanya 6kg.
    kebesaran ya bu? masih ada kemungkinan buat lahir normal ga bu?
    ini kehamilan saya yg kedua, sebelumnya saya caesar, mohon infonya ya bu, mksh

  3. Malaam bubid, sya mau tanya sktg uk saya 38w tpi blm ada tanda2 pasti mndekati persalinan ..
    Gmn ya spya cpt mlhirkan, tmn2 yg hml.a sama udh pda nglahirin ..

    Ty sblum.a :)

  4. Hamil 3blan,,mau masuk 4bulan,kadang merasa keduten apa itu artinya

  5. Bu bidan, gimana dgn kasus janin tiba2 hilang? padahal waktu di USG janinnya ada…

  6. Ass, ,bu mau tny ini kehamilan pertama sya, dan skrg uk sya 39 mg. Berat janin 2800 grm, tfu cm 27 cm dan sya lupa dengan HPHT sya, tpi sampai saat ini blm ad kontraksi, cuma rsain pegel dibgian pantat dan nyeri dibgian bwh perut, kmrin sya priksa kira” hplnya dr hasil USG tgl 10 oktober, apakah hasil USG itu akurat dengan hpl,?? Dan apakah kemungkinan akan dik induksi,?! Trima kasih wassalam

  7. mau nanya nih bu bidan,, usia kehamilan saya skrg 36w, berat dede bayinya udah 2,8 kg . Apakah saya harus diet agar bs ngelahirin normal n dd gax kebesaran?? Terimakasih mohon balasannya..

  8. Bu,,, saya mw tanya… skrg sya lgi hamil ank pertama.. usia kandungan saya 29 week…. dlam seminggu ini perut saya sebelah kiri tepat dibawah dada knp sakit ya bu,,,terasa nyeri… tp yg sebelah kanan ga sakit,, itu knp ya bu? sya khawatir aja,,,, rncana mw periksa tp blm sempat…

  9. bu bidan saya mau tanya,saya sedang hamil anak ke dua.anak pertama saya dah 8 tahun.dulu bb waktu lahir 3,8kg dan diinduksi.ini kehamilan saya masuk minggu ke 34,bb janin sudah 2400.kata dokter saya suruh diet biar ngk kebesaran janin nya.tp berat badan saya turun 2 kg selama 2 minggu.dan kondisi saya selalu mual dan pusing di pagi hari.saya ingin kelahiran normal.waktu ngidam bb saya dah 75 skrg 80.jd naik sktr 5 kg aja.tp bb janin saya koq bisa nambah terus ya.saya sempat puasa 2 minggu.bagaimana menurut bu bidan biar saya bisa persalinan normal dan bb janin ngk begitu cepat naiknya.soalnya 2 minggu terakhir naiknya 500 gr.makasih atas jawabannya.

    • cb konsultasi lg ttg cara diet yg benar,agar tdk mengganggu metabolisme tubuh yg menyebabkan mual n pusing. misalnya mengurangi porsi makan, dg frekwensi yg sama. mengurangi gula,karbohidrat..

  10. bu bidan sy mo tanya.. ini kehamilan sy yang kedua namun yang pertama meninggal dlm kandungan usia 8 bln (mninggal tiba2 mnrt dktr tidak diketahui pnybbny sampe skrg) .. dr hml yg prtma sampai dgn hml kdua sy skrg pd usia 2 sampe 4.5 bln khmilan sllu mngalami demam d siang hr hingga sore di beri antibiotik olh dktr 2 x tidak mmpan set cek drah smua ny normal tidak ad pnykit apapun yg ingin sy tnyakan apakAh dmm ini cm bwaan byi ato ada indiksi pnykit lain krn sy g mau khilangan cln anak lg bu bidan kmudian apakah bbhaya jika jnin yg usia 5 bln nmun posisi kpla jnin sdh brada d bwh? mohon pnjlasanny bu bidan trims.. :-)

  11. bu,saya hamil sudah hampir 4 bln,tetapi dari bulan ke bulan berat badan saya malah turun kira2 1 kg per-bln,
    sya harus bgmna bu agar nafsu makan saya bertambah?
    dan apa dampaknya bagi janin saya?
    terima kasih,mohon bantuanny bu…

    • Pada usia kehamilan 1-4 bulan nafsu makan ibu hamil memang berkurang (saya juga mengalami kok ) cuma saya mensiasati dengan makan sedikit tetapi sering, dan tetap beraktifitas.

      Nach dampak bagi janin itu sendiri adalah : bila penurunan berat badan berlanjut maka janinpun pertumbuhannya terhambat.

      jadi saran saya :
      1. makan dengan porsi sedikit tetapi sering.
      2. tetaplah beraktifitas.

      Semoga jawaban saya bisa membantu.

  12. ADA yang lebih lengkap gg

  13. bolehkah kehamilan usia 34 minggu di lahirkan bu Yuni?
    mohon saran, soalnya istri saya punya sakit jantung

  14. salam kenal bidan yuni……saya member baru….bolehkah saya konsultasi dan bertanya seputar kehamilan?

  15. bu umur kehamilan saya 36 minggu, berat janin sudah 2900 gram,,,,
    apakah tidak kebesaran itu bu?
    setelah umur di atas 36 minggu berapa kira2 pertumbuhan berat janin/hari?

    • @ibu mimi, apabila itu merupakan anak pertama ibu diet karbohidrat saja juga mengurangi makan minum yang manis, memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

      secara teori pertumbuhan janin per minggu sekitar 200 gram

  16. bu…klo usia kandungan 30 mgg berat janin 1600gram kebesaran ya bu?trmksh..

  17. bu bidan ni kehamilan aq yg pertama,usia kandungan aq sdh memasuki awal bulan ke 8,tetapi detak jantungnya melemah dan nggk terdeteksi di bidan,apa ada kelainan,trmksh

  18. ass. buw saya mau tanya, saat ini usia kandungan saya masuk 38 minggu. 2 hari yg lalu muncul ambeien, apakah ini wajar? dan bagaimana cara menangani ambeien tsb agar tdk mengganngu proses melahirkan nanti.

    • kalau tips dari saya ” usahakan makanan makanan yang lembek supaya pas waktu BAB tidak terganggu ” karena dengan pola makan yang kurang bagus akan menyebabkan kesulitan pada waktu persalinan

      mengenai obat ibu bisa konsultasikan dengan dokter kandungan ataupun bidan dimana tempat ibu periksa. karena dokter atau bidan tersebut yang mengetahui persis keadaan ibu anie.

  19. bu bidan,usia kandunganku udah 34 minggu,bidan diperumahanku minta agar q tes urine dll,tp dr kandunganku bilang tdk usah krn sehat2 saja,…bgmn q sebaiknya,?krn suamiku setuju dg dr q

    • Kalau memang dokter mengatakan tidak apa ( sehat ) ya tidak perlu test urine bu, yang pasti dokter itu tempat ibu periksa kandungan ibu dan tahu betul akan riwayat ibu mia.

  20. bu bidan, usia kandungan sy dah 7 bln. tp kok msh kecil yah??panjangx 28 cm. kata dokter sich normal. gmn tuh bu bidan? makasih

  21. melani nurhawalina

    bu bidan…usia kandungan saya 34 minggu tp besar janin sudah 2.8 kilo ini adalah kehamilan pertama saya….untuk mencegah janin terlalu besar hrs gmn y???

  22. Ibu Bidan, saya mau tanya terakhir periksa dokter berat bayi saya 2,38 kilo minggu 36 saya beratnya sudah mencapai 80 kilo. Apakah berat bayi saya tidak papa Bu?

  23. bu bidan,
    saat ini saya hamil 25 minggu..saya di wajibkan oleh mertua untuk rutin berjalan pagi sekitar 1,5km..apakah itu baik atau terlalu berlebihan?sejujurnya saya merasa sakit di pinggul dan tulang ekor setiap habis berjalan sejauh itu.tp mertua saya bilang dengan berjalan kaki saya dapat melahirkan dengan mudah nantinya.apa betul begitu bu bidan?

  24. thank ya ibuuuuu…..
    yang telah mel;ahir kan anak mu ini….
    buat ibu tertcinta….
    thyank ya buuu….
    muuuuucccchhhhhhh…….

  25. bu bidan, saya hamil ank pertama saat ini usia kehamilan memasuki 38 minggu.berat janin saat ini 3.8kg, apakah ini normal y? bisakah saya lahir dg normal bu?
    trim’s

  26. bu bidan , saya skr sdang hamil anak pertama usia kandungan jalan 7 bulan , tapi gerakan janin nya gak aktif tapi 1 hari sih pasti ada gerakan nya cumak tidak aktif banget … apakah bayi saya normal ??? mohon infonya dan berat badan saya hanya 48 kg sbelum hamil 43 kg …

  27. terima kasih yea bu’…….???

  28. bu bidan, sy mw tanya jg, terakhir kontrol kandungan saya 34 minggu, berat bayi 2,4 kg, dokter bilang kebesara, makany saya jd kuwatir bgt, setelah itu sy cm makan telur rebus, sayuran & buah2an, tp terasa lemes bgt krn mungkin tidak ada asupan karbohidrat, sy td baca d atas bahwa nasi, roti, jagung, ketela, bisa diganti dengan kentang, apakah kadar gula/ karbohidrat dalam kentang jauh lebih kecil di banding 3 makanan td?
    dan satu lg bu, apakah ibu bisa kasi sy contoh menu sehat dlm sehari, yg tidak bikin bayi besar d dlm, terimakasi bu bidan

  29. Bu bidan,
    Nama sy oci(20)
    Saya mau tanya, sya skg mengandung 38minggu,
    Tpi itu menurut hitungan sya,
    Krna hari terakhir dtang bln sya 4january2010,
    Bener ga hitungan sya ?
    Krn sya udh 2bln ini blm usg,
    Dikrna kan sya ikut suami 2bln ini tgl di pelosok,
    Bagaimana y bu ??

  30. dear bu bidan,
    saya usia 29 th mengandung anak ke 1 usia kandungan 37 minggu terakhir diperiksa berat bayi 3059 gram, gimana kira2 ibu normalkah ?

  31. Dear ibu bidan,

    Kehamilan saya saat ini sudah memasuki mgg ke 35. Mgg lalu saya usg ternyata berat badan janinnya kurang. Masih di bawah 2 kg dan dr. menyarankan untuk usg 3D. Berhubung harus antri jadi saya dapet giliran tgl 20 sep bsk. Bagaimana caranya menaikkan bb janin dalam waktu 1 mgg ? Apakah demam pada ibu hamil berpengaruh pada kenaikkan bb janin walaupun sudah makan banyak dan bernutrisi ?

    • Untuk menaikkan BB janin dengan asupan nutrisi yang seimbang dan Diet Energi Tinggi Protein Tinggi. Bahan makanan yang harus ditambahkan pada makanan biasa adalah: susu 2 gls,telur ayam 2 butir,daging 2 ptg sdg.

  32. Assalamualaikum,

    saya sedang menunggu hari persalinan saya, sudah masuk minggu 40 hari sabtu nanti. Saya agak khawatir karena belum ada tanda2 mules. Pernah di minggu ke 36 saya periksa ke dokter (second opinion dokter)saya malah diperiksa dalam (rasa nya sakit sekali seperi dipaksa masuk jari nya) dan ternyata dikasih tahu sudah pembukaan dua. Saya dan suami sempat kaget juga, akhir nya saya kembli ke dokter utama saya dan disana dicek CTG dan memang belum ada kontraksi sama sekali.

    minggu lalu adalah minggu ke 39 saya dan dokter bilang kita lihat smp tanggal 4 sept, kalau memang belum ada tanda2, akan diinduksi.

    Sekarang saya maih belum rasa tanda2 mules yang berarti, hanya sesekali saja, apakah itu normal, dan apa indikasi saya harus diinduksi?

    • Dari perkiraan persalinan masih ada waktu utk mundur 2 minggu. tapi dalam 2 minggu tersebut harus tetap dalam pantauan dokter. Untuk mengetahui kesehatan janin,bl sdh tidak memungkinkan untuk ditunggu ya hrs segera dilahirkan,salah satunya dg cara induksi.

  33. bu bidan sy mau tanya? ni ank ptama sy mau msk 7bln. yg sy binggungkan unk melahirkan normal itu sebaiknya sm dokter atau sm bidan yah? slama ini sy kontrol sm dokter.. sebaiknya bagaimana yah??

    • Gini bu, karena saya tidak tahu akan riwayat ibu, ini hanya sekedar pandangan saya saja :

      kalau memang tidak ada keluhan atau saran khusus dari Dokter, ibu bisa melahirkan dengan Bidan, tetapi kalau ibu ada riwayat tertentu maka sebaiknya ibu melahirkan dengan Dokter tempat ibu periksa.

      Akan lebih baik dan tepat apabila ibu berkonsultasi langsung dengan Dokter tersebut, apakah boleh melahirkan di rumah ( Bidan ).

      Semoga bisa membantu

  34. Bu bidan saya mau tanya, ini kehamilan saya yg kedua. Pada saat kehamilan saya yg pertama berat badan saya naik hingga 12 kg, anak pertama lahir dengan berat 2850 gr. Tp yg kedua ini berat saya kok gak naik2 ya? Memang saya memiliki berat badan kurang sebelum hamil, hanya sekitar 34 kg. Skr kehamilan saya sdh menginjak bulan kelima, tp berat badan masih saja antara 36-38 kg. Saya takut kalau anak kedua ini beratnya kurang dr standar. Ada tidak bu suplemen yg bs menaikkan berat badan. Terimakasih bu…

    • sebelumnya saya ucapkan selamat atas kehamilan ibu nita yang kedua…
      kalau menurut saya jangan memakai suplemen melainkan tetapi coba ibu nita menambah porsi makan, ngemil, dan buah-buahan, untuk penggunaan suplemen sebaiknya ibu konsultasikan dengan dokter bu, kalau memang itu sangat diperlukan maka suplemen itu pengunaannya di bawah kontrol dokter, begitu bu nita tanggapan dari saya.

      jabat erat selalu

  35. bu saat ini sy udis 34 th sedang hamil anak ke 3 menurut perkiraan dr bb janin sy udah 3,6kg pdahal kandungan usia 37 mg, normalkah? saya takut anak sy terlalu besar n susah lahirnya. anak ke 2 lahir 4,4 kg bisa lahir normal (sekarang usia 7 th). Gimana bu kira2 bisa normal ndak ya?

    • begini ibu suki, kalau ibu punya riwayat melahirkan bayi besar, bisa saja ibu melahirkan anak yang ke 3 ini juga besar. Apakah ibu menderita DM atau kencing manis ???? atau mungkn dari pihak keluarga ibu ada yang menderita penyakit ini??, karena ini juga merupakan salah satu penyebab bayi besar. Bila perlu ibu bisa cek gula darah, konsul ke dokter kandungan ibu.

      Agar pertumbuhan janin tidak terlalu besar ibu harus melakukan DIET, caranya mengurangi Karbohidrat ( nasi, roti, jagung, ketela ) yang bisa digantikan dengan kentang misalnya.
      Ibu bisa menambah porsi sayur dan buah agar perut tetap kenyang.

      Semoga jawaban dari saya bisa membantu

  36. Wah saya lihatnya lewat hasil USG. Dokter juga memberitahu demikian setiap periksa…. Subhanallah ya???

  37. bu bidan,, blog pean kok tambah sip aja… kunjungi blog aku balik ya? oh ya,, caranya membuat avatar komentar gmna? punyaku kok bisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

728x90