Saturday , 20 December 2014
Info Terbaru
You are here: Home » Bidan Desa » Posyandu Lansia
peluang usaha

Posyandu Lansia

Ponyandu lansia / kelompok usia lanjut adalah merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat atau /UKBM yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan itu sendiri khususnya pada penduduk usia lanjut. Pengertian usia lanjut adalah mereka yang telah berusia 60tahun keatas.

Sedangkan sasarn Posyandu Lansia adalah
1. Sasaran langsung
Kelompok pra usia lanjut (45-59 tahun)
Kelompok usia lanjut (60 tahun keatas)
Kelompok usia lanjut dengan resiko tinggi (70 tahun ke atas)

2. Sasan tidak langsung
Keluarga dimana usia lanjut berada
Organisasi sosial yang bergerak dalam pembinaan usia lanjut
Masyarakat luas

Tujuan
Meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan untuk mencapai masa tua yang bahagia dan berguna dalam keluarga dan masyarakat sesuai dengan eksitensinya dalam strata kemasyarakatan
Sedang bagi lansia sendiri, kesadaran akan pentingnya bagi dirinya, keluarga dan masyarakat luas agar selama mungkin tetap mandiri dan berdaya guna.

Pelayanan kesehatan pada posyandu lansia meliputi kesehatan fisik dan mental emosional, dengan KMS mencatat dan memantau untuk mengetahui lebih awal penyakt atau ancaman masalah kesehatan yang dihadapi dan perkembangannya.

Inilah jenis pelayanan yang diberikan di Posyandu Lansia
1. Pemeriksaan aktifitas kegiatan sehari-hari / activity of daily living, meliputi kegiatan dasar dalam kehidupan, seperti makan / minum, berjalan, mandi, berpakaian, naik turun tempat tidur, buang air kecil dan besar.
2. Pemeriksaan status mental. Pemeriksaan ini berhubungan dengan mental emosional, dengan menggunakan pedoman metode 2 menit ( bisa dilihat KMS usia lanjut)
3. Pemeriksaan status gizi melalui penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan dan dicatat pada grafik indek massa tubuh
4. Pengukuran tekanan darah dengan menggunakan tensimeter dan stetoskop serta penghitungan denyut nadi selama satu menit.
5. Pemeriksaan hemoglobin menggunakan Talquist, Sahli, atau Cuprisulfat.
6. Pemeriksaan adanya gula dalam air seni sebagai deteksi awal adannya penyakit gula.
7. Pemeriksaan adanya zat putih telur / protein dalam air seni sebagai deteksi awal adanya penyakit ginjal.
8. Pelaksaan rujukan ke puskemas bila mana ada keluhan dan atau ditemukan kelainan pada pemeriksaan pada nomor 1 hingga 7.
9. Penyuluhan bisa dilakukan didalam atau diluar kelompok dalam rangka kunjungan rumah dan konseling kesehatan dan gizi sesuai dengan masalah kesehatan yang dihadapi oleh individu dan atau kelompok usia lanjut.
10. Kunjungan rumah oleh kader disertai petugas bagi kelompok usia lanjut yang tidak dating, dalam rangka kegiatan perawatan kesehatan masyarakat.

Program-program diatas selama ini memang sedang saya galakkan dan posyandu lansia sendiri saya ikutkan atau dilaksanakan bersamaan dengan posyandu balita.

Bagaimana dengan keluarga anda???? ayo galakkan POSYANDU LANSIA

salam sukses dan jabat erat

About Siti Nur Wahyuni

>>>> Saya adalah seorang pengabdi masyarakat di bidang kesehatan, di Puskesmas Candimulyo dan di daerah Purworejo saya mengabdi, mengerti teknologi adalah keharusan bagi saya di sini saya mencoba share apa saya dapat di bangku sekolah dan semoga bermanfaat bagi teman teman sesama bidan khususnya, dan teman teman dunia maya pada umumnya >>>>

17 comments

  1. aku pembina posyandu…bisa minta e mail…

  2. kalau prog. Posyandu lansia gimana..aku ingin tau lebih lanjut….apa aku bisa dapat e mail…supaya komunikasi makin lancar…

  3. maksih blog ini sudah di add di streer walker….

  4. wah Duo Blogger sehat pada ngumpul disini… pokoknya makasih bngt buat duo mas(ter) ini, krn dr blognya saya bs mndptkn bnyak info kshtan :)

    blog bu bidan sudah saya add di blogroll saya, makasih udah di add…
    .-= Street.Walker´s last blog ..Nimbuzz, Free Chat, VoIP and International Call =-.

  5. kalo periksa kehamilan kucing bisa ga mbak,,hehhee
    .-= online´s last blog ..Biography of Mahmoud Ahmadinejad =-.

  6. wah,bidan desa udh berani online,,keren..lanjutkan,,,,,,,
    .-= melandri´s last blog ..Making Effect on Your Picture Without Learning Photoshop =-.

    • awalnya coba-coba….setelah saya pikir kenapa saya tidak berbagi tentang pengetahuan saya kepada sesama blogger…walaupun sedikit ilmu yang saya punya kan tak ada salahnya untuk berbagi…..

  7. sepakat seh bu bidan untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan para lansia kita. membimbing dan cek kesehatan berkala yah. sukses buat bu bidan
    .-= sobatsehat´s last blog ..Tahukah anda ? Jalan masuk penyakit ke dalam tubuh kita =-.

    • sukses juga buat sobat sehat…

    • posyandu LANSIA memang lagi gencar2nya digalakkan. tapi kalau pelaksanaannya bersamaan dg POSYANDU BALITA gak ribet tuch….? kl ditempat sy pelaksanaanya beda. Tp kl ditempat bu Bidan bs bersamaan gimana nich caranya berbagi donk….

      • Posyandu didesa binaan saya dilakukan dengan posyandu per dusun karena desa binaan saya hanya 7 dusun.

        Pada waktu posyandu waktunya saya bagi 2 sesi , sesi pertama untuk balita, dan sesi kedua untuk lansia.

        Begitu cara saya mengatur posyandu.
        terima kasih sudah mampir…

        Ayo kita berbagi ( mbak bisa kok kirim artikel dan nulis di web ini }.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

728x90