Thursday , 24 July 2014
Info Terbaru
You are here: Home » Kehamilan » Tanda-tanda Kehamilan Kembar
peluang usaha

Tanda-tanda Kehamilan Kembar

Waktu itu kami sedang berkumpul dan ngobrol sana-sni hingga akhirnya kami membicarakan tentang kehamilan kembar, yang boleh dikatakan jarang terjadi di desa binaan kami, Oleh karena terdorong untuk berbagi kali ini saya akan sedikit membahas tentang tanda-tanda kehamilan kembar.

janin_kembarBerbeda dengan kehamilan bayi tunggal, kehamilan bayi kembar membutuhkan perhatian yang benar-benar ektra. Tidak hanya calon ibu saja, tetapi juga pada janin yang dikandung, karena bagi sang ibu sendiri akan menghadapi resiko yang sangat besar melahirkan bayi prematur serta kematian janin.

Adik suami saya mengalaminya, yaitu mengandung 2 janin ( kembar ), dan lahir dengan selamat, yaitu kembar lelaki. Secara garis besar tanda-tanda apakah janin di kandungan kembar adalah sebagai berikut :

    1. Beban yang dirasakan lebih berat, dan tubuh terasa lebih cepat lelah.
    2. Mual dan sakit kepala saat pagi hari lebih terasa dibandingkan dengan ibu yang hamil tunggal.
    3. Meningkatnya berat badan pada trisemester pertama dengan angka yang cukup besar.
    4. Pemeriksaan darah menunjukkan adanya peningkatan Alpha Fetoprotein. Levelnya akan meningkat secara cepat.
    5. Usia Kandungan 5 minggu bisa terlihat lewat pemeriksaan USG.

Hal-hal diatas adalah hal yang bersifat umum. Mungkin anda mau menambahkan??? saya tunggu

sumber : beberapa blog, daftar pustaka

About Bidan Sepace

26 comments

  1. bu bidan..
    pda usia kehamilan 6 bulan,,kenapa saya sering merasakan skt yg luar biasa d’perut..apa yg hrs sya lkukan???

    • Dear mb yuanita..bila ibu hamil merasakan sakit yg luar biasa adalah hal yg tidak normal. Saran saya segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan utk dilakukan usg. Semoga semua baik2 saja. Terimakasih

  2. ass….
    saya mahasiswi akbid,,,
    saya mau nanya nhe bu,,??

    sebenarnya tablet fe tu bleh gk diminum sama bumil yang sedang mual muntah,,???
    jika ya,,kpan hrus diminum,,??

    trimakasih,,:)

    • Boleh diminum bumil, coba diminumkan pada malam hari menjelang tidur dengan minuman yang banyak mengandung vitamin C, yang berguna untuk membantu penyerapan Zat Besi

  3. Bu Bidan, saya sedang hamil 3 bulan lewat 6 hari, kmrn di USG n dinyatakan kembar, tetapi pada pemeriksaan awal dokter tidak ter USG bahwa anak kami kembar….
    Berat badan normal saya 45-46kg sebelum hamil, waktu pemeriksaan pertama menjadi 48kg, dan di pemeriksaan terakhir berat badan saya tetap, 48 kg. Memang si saya mengalami mual dan muntah yang lumayan berat. Tidakkah klo hamil anak kembar, ukuran perut bisa dua kali lipat dari yang hamil tunggal?
    Saya sangat Bingung Ibu, saya ingin anak saya sehat saja..
    Apa kehamilan sehat atau tidak bisa dilihat dari ukuran perut sang Ibu?
    Terima kasih

    • sy jg punya anak kembar, tp wkt hamil 1-7 bulan bidan tidak tahu saya hamil kembar, setelah itu saya baru tahu jika di USG usia 7 bulan tenyata penyataan dokter saya hamil kembar dan saya pun sempat kaget krn tdk punya keturunan kembar,krn memang perut saya juga tidak kelihatan besar,sampai-sampai ketika akan di saecar saya di USG sampai 3 kali oleh dokter bedah krn saya periksa selalu pindah tempat,maklum cari yang cocok…berat badan sy juga tidak drastis naik,tp alhamdullillah anak saya dua-duanya sehat dengan berat badan yang ptama 2,7kg dan kedua 2,1 kg,dan skg sdh besar dengan sangat sehat

  4. Beberapa hari lalu saya dan istri kontrol ke dokter… walaupun baru 3 bulan alhamdulillah ibu dan buah hati kami sehat. Bahkan ketika di USG sudah terlihat bentuk kepala dan tulang punggungnya… Saya senang sekali. Tapi sepertinya anak kami bukan kembar Mbak :D…

  5. wahh…kembar yah….
    kira2 bisa direncanakan tidak bu Bidan kalau kita ingin bayi kembar?
    sepengetahuan saya ada unsur faktor Gen dari kedua orang tuanya…

  6. Bu Bidan Istri saya lagi hamil 4 bulan nih, tp mualnya masih sering. gimana ya…

    • usia kehamilan sampai 4bln memang sering mual pak, tetapi kalau terlalu sering segera konsultasikan dengan bidan atau tenaga medis setempat.

      salam untuk istri tercinta..

  7. waaaaaaaaaaaah nice info.. mampir menyapa sahabat lama enda bertegur sapa
    .-= KangBoed´s last blog ..Ternyata Simpanse Juga Suka Musik.. =-.

  8. :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll
    .-= KangBoed´s last blog ..Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara =-.

  9. Memang kelahiran kembar sangat jarang ya, makanya susah ditebak. Cuma yang ahli aja yang bisa :)

  10. Met Pagi
    Baru nyampe dari perjalanan panjang…langsung mampir ke rumah sahabat..silatuhrahim..
    Salam Hangat

  11. Artikel yang bermanfaat buat ibu yang sedang hamil tentunya dan yang membutuhkan informasinya
    .-= Dangstars´s last blog ..Kupersembahkan Untuk Mertua =-.

  12. Bu bidan kalo kita ga ada keturunan kembar apa bisa ya dapet anak kembar?pengennya sih anak ke-2 nanti bisa kembar

    oh iya boleh numpang tuker link kah?syaratnya apa ya?
    thanks before

    • dari yang saya bisa mas, tapi dengan teknologi, cuma faktor keturunan adalah yang paling alami..

      tukeran link boleh mas, maaf terlambat, link saya sudah terpasangkan????
      link anda akan segera terpasang.

      maksih sudah berkunjung

  13. hemmm
    info yang menarik mbak. Berarti dengan tanda2 diatas, early warning untuk di bapak kalau “pasukannya” ada 2 bisa cepat ketahuan ya.
    hehehe

  14. terimakasih infonya bu.. boleh tanya nggak bu kalau orang hamil tetapi susah makan..(nggak mau makan) itu kenapa bu yah ??
    .-= bayuputra´s last blog ..Untung Ada WordPress =-.

    • tidak mau makan biasanya hanya dari umur kehamilan 2-4 saja pak, kalau lebih dari itu biasanya sudah mau makan kok pak, kalau memang gak mau makan bapak bisa konsultasikan dengan petugas kesehatan setempat

  15. Pemeriksaan USG akan memastikan lebih lanjut apakah bayinya sehat, aman, atau kembar termasuk juga jenis kelaminnya dalam usia perkembanngan.
    .-= Puskel´s last blog ..RAKERKESDA SINKRONISASI DAN OPTIMALISASI KESEHATAN =-.

  16. SERINGKALI IBU HAMIL harus mewaspadai perkembangan berat badan yang berlebihan dan gerakan, atau detak jantung janin yang dirasakan lebih aktif. Selanjutnya kontrol kehamilan secara teratur.
    TERIMAKASIH telah BErkenan BErbagi KAta Bersama…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

728x90