Macam Macam Alat Kontrasepsi dan Penjelasannya pdf

alat kontrasepsi, alat kontrasepsi adalah, pengertian alat kontrasepsi,

Alat Kontrasepsi adalah metode atau macam macam usaha untuk mencegah terjadinya kehamilan. Macam macam usaha kontrasepsi itu ada yang bersifat sementara, dan ada juga yang bersifat permanen. Alat kontrasepsi ini bersifat permanen. Pada wanita dinamakan tubektomi, sedangkan untuk kontrasepsi permanen pada pria disebut vasektomi.

Alat kontrasepsi ini banyak sekali jenisnya. Jinggal bagaimana pasien memilihnya sesuai dengan kebutuhannya saja. Alat kontrasepsi jenis apa yang sangat cocok untuknya.

Meski sampai sekarang alat kontrasepsi yang ideal itu belum ada. Karena alat kontrasepsi yang ideal itu harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

  1. Dapat di percaya.
  2. Mudah pelaksanaannya.
  3. Tidak memerlukan motivasi terus menerus.
  4. Daya kerjanya dapat diatur menurut kebutuhan.
  5. Tidak menimbulkan gangguan sewaktu melakukan koitus.
  6. Tidak menimbulkan efek samping yang menggangu kesehatan.
  7. Dapat diterima penggunaannya, termasuk oleh pasangan yang bersangkutan.
  8. Murah harganya, sehingga dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Macam Macam Alat Kontrasepsi dan Penjelasannya

Sebenarnya ada berbagai macam alat kontrasepsi yang dapat digunakan sesuai dengan kenginan dan kebutuhan pasien. Mulai dari metode barier, metode sederhana sampai metode kontrasepsi modern. Berikut ini penjelasan dari berbagai macam jenis kontrasepsi yang dimaksud:

Kontrasepsi Sederhana

1. Metode Kalender

Metode kontrasepsi kalender ini didasarkan pada suatu perhitungan yang diperoleh dari informasi yang dikumpulkan, dari sejumlah menstruasi secara berurutan. Untuk mengidentifikasi masa subur wanita, harus dilakukan pencatatan siklus menstruasi dengan durasi minimal enam siklus, dan dianjurkan sampai dua belas siklus.

Untuk menjamin efektivitas menjadi lebih maksimum, metode kalender ini sebaiknya dikombinasikan dengan indikator indikator lainnya.

2. Metode Amenorea Laktasi (MAL)

Menyusui bayi secara eksklusif merupakan salah suatu metode kontrasepsi sementara yang cukup efektif, selama ibu menyusui tersebut belum mendapat haid, dan waktunya kurang dari enam bulan pasca melahirkan. Tingkat keefektifkan dari metode ini bisa mencapai 98%.

Metode Amenorea Laktasi ini akan sangat efektif bila si ibu menyusui lebih dari delapan kali sehari, dan bayi mendapatkan cukup asupan perlaktasi.

3. Metode Suhu Tubuh

Saat ovulasi, peningkatan enzim progesteron dapat menyebabkan peningkatan suhu basal tubuh (SBT) sekitar 0,2°C-0,4°C. Peningkatan suhu tubuh pada wanita merupakan indikasi bahwa telah terjadi ovulasi. Selama 3 hari berikutnya, memperhitungkan waktu ekstra dalam masa hidup sel telur ini diperlukan pantang berhubungan intim.

Metode suhu tubuh ini hanya dapat mengidentifikasi akhir masa subur, bukan waktu awal masa suburnya.

4. Senggama Terputus (koitus interuptus)

Senggama terputus merupakan metode keluarga berencana KB Tradisional. Dimana si pria mengeluarkan alat kelaminnya (penis) dari vagina wanita, sebelum si pria mencapai ejakuIasi. Tingkat efektifitas dari metode ini bergantung pada kesediaan pasangan, untuk melakukan senggama terputus dalam setiap pelaksanaannya (angka kegagalan 4-18 kehamilan, per 100 wanita).

Metode Barrier

1. Kondom

Kondom merupakan alat kontrasepsi yang berbentuk selubung, atau sarung karet yang dapat dibuat dari berbagai bahan. Diantaranya dari bahan lateks (karet), plastik (vinil), atau bahan alami (produksi hewan) yang dipasang pada penis pria saat berhubungan seksuaI.

Kondom juga tidak hanya dapat mencegah kehamilan bila Cara memakai kondom nya benar. Akan tetapi dapat juga untuk mencegah Infeksi Menular SeksuaI atau Penyakit Menular SeksuaI (PMS) termasuk HIV atau AIDS.

2. Diafragma.

Alat Kontrasepsi Diafragma adalah kap yang berbentuk bulat cembung. Terbuat dari bahan lateks (karet) yang di insersikan kedalam vagina wanita sebelum melakukan berhubungan seksuaI dan menutup serviks.

3. Spermisida

Spermisida merupakan bahan kimia (non oksinol-9) yang digunakan untuk menonaktifkan, atau mem6unuh 5perma. Alat kontrasepsi ini dikemas dalam bentuk Krim, Aerosol (busa), Tablet Vaginal Suppositoria atau Dissolvable Film.

Kontrasepsi Modern

1. Kontrasepsi Pil

Kontrasepsi pil merupakan jenis kontrasepsi oral yang harus diminum setiap hari. Kontrasepsi pil ini dapat bekerja mengentalkan lendir serviks, sehingga sulit dilalui oleh 5perma.

Kontrasepsi pil terdapat dua macam, yaitu kontrasepsi kombinasi atau sering disebut pil kombinasi yang mengandung progesteron dan estrogen. Serta kontrasepsi pil progestin yang sering disebut dengan minipil yang mengandung hormon progesteron.

2. Kontrasepsi Implant

Kontrasepsi implant merupakan alat kontrasepsi silastik yang berisi hormon jenis progesteron levonorgestrel, yang ditanamkan dibawah kulit. Kontrasepsi implan ini bekerja untuk mengurangi transportasi 5perma.

3. Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR)

Alat Kontrasepsi Dalam Rahim merupakan alat kontrasepsi yang dimasukkan kedalam rongga rahim wanita. Alat kontrasepsi ini bekerja untuk menghambat 5perma untuk masuk ke tuba fallopii.

4. Kontrasepsi Mantap (KONTAP)

Kontrasepsi mantap adalah suatu cara kontrasepsi permanen yang dilakukan baik pada pria maupun pada wanita. Kontrasepsi mantap ini dilakukan dengan tindakan operasi kecil. Fungsinya untuk mengikat, atau menjepit, atau memotong saluran telur (wanita), atau menutup saluran mani laki-laki.

5. Kontrasepsi Suntikan

Kontrasepsi suntikan merupakan kontrasepsi yang diberikan dengan cara disuntikkan secara intramuskuler di daerah otot pantat (gluteus maximus).

Seberapa Efektif kah Alat Kontrasepsi Tersebut?

Untuk efektivitas atau daya guna suatu cara kontrasepsi dapat di nilai pada 2 tingkat, yaitu:

1. Daya guna teoritis (theoretical effectiveness), yaitu kemampuan suatu cara kontrasepsi untuk mengurangi terjadinya kehamilan yang tidak di inginkan, apabila alat kontrasepsi tersebut digunakan dengan mengikuti aturan yang benar.

2. Daya guna pemakaian (use effectiveness), yaitu kemampuan alat kontrasepsi dalam keadaan sehari-hari, dimana pemakaiannya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pemakaian yang tidak hati-hati, kurang disiplin dengan
aturan pemakaian dan lain-lain sebagainya.

3. Untuk mendapatkan file macam-macam alat kontrasepsi dan penjelasannya secara lengkap, Anda bisa menyimpannya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
alat kontrasepsi iud
Read More

Alat Kontrasepsi IUD pdf

Keluarga Berencana atau yang dikenal dengan KB merupakan program pemerintah nasional untuk mengatur laju pertumbuhan penduduk. Di Indonesia…