14 Buah Buahan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda Selama Kehamilan

buah untuk ibu hamil muda

Bagi wanita muda, mungkin masih banyak yang belum tahu manfaat makan buah untuk ibu hamil. Bahkan sampai saat ini saja masih banyak ibu hamil yang kurang memperhatikan asupan makanannya selama masa kehamilan. Padahal, seharusnya ibu hamil wajib memiliki pola makan yang sehat dibandingkan dengan sebelum masa kehamilan.

Salah satu asupan makanan sehat yang harus dilakukan adalah dengan mengkonsumsi buah yang baik untuk ibu hamil. Anjuran agar makan makanan yang baik untuk ibu hamil ini sudah dari dulu disarankan oleh banyak pakar kesehatan. Tujuannya agar ibu hamil untuk mengkonsumsi asupan makanan yang baik untuk dirinya dan janin yang sedang dikandungnya.

Asupan makanan yang baik adalah mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Serta memperbanyak makan makanan sehat pendukung yang dianjurkan untuk ibu hamil muda. Yaitu dengen mengkonsumsi buah-buahan yang baik bagi ibu hamil seperti dibawah ini.

Buah untuk Ibu Hamil

Buah adalah salah satu jenis makanan yang mengandung nutrisi penting bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Berikut ini adalah buah yang bagus untuk ibu hamil:

Apel

buah yang baik untuk ibu hamil, buah yg bagus untuk ibu hamil, buah untuk ibu hamil muda, buah terbaik untuk ibu hamil, buah untuk orang hamil,

Apel merupakan buah yang sehat untuk ibu hamil, karena buah apel memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan vitamin A, C, D, E, seng dan serat. Selain itu, buah apel juga mengandung kalium yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Sehingga jika ibu hamil mengonsumsi buah apel selama kehamilan, maka dapat membantu mengurangi risiko bayi mengalami alergi dan penyakit asma.

Selain itu, buah apel juga memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan janin dalam kandungan. Selain itu, manfaat lain dari buah apel buat wanita yang sedang mengandung adalah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan sistem percernaan agar tetap baik dan sehat.

Anggur

Anggur merupakan jenis buah yang bagus untuk ibu hamil, karena anggur mengandung beberapa vitamin C, K, asam folat dan magnesium. Anggur juga mengandung antioksidan dan serat yang bisa meningkatkan imun tubuh ibu hamil. Buah anggur dianggap sebagai buah buahan yang baik untuk ibu hamil karena bisa membantu memfasilitasi perubahan biologis yang terjadi didalam tubuh wanita hamil.

Selain itu, buah anggur juga memiliki manfaat yang dapat mengurangi kram selama kehamilan melalui kandungan nutrisi zat magnesiumnya. Kandungan nutrisi lainnya yang terdapat pada buah anggur bisa menjaga kesehatan pada pencernaan dan metabolisme buat ibu hamil muda.

Alpukat

Buah alpukat juga merupakan jenis buah yang cocok untuk ibu hamil muda. Alpukat mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin B, C, K, serat, asam folat, kolin, kalium dan magnesium. Bahkan alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi dan terbaik untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi buah alpukat bisa membantu mengurangi morning sickness, serta membantu perkembangan otak, sistem dan jaringan saraf bayi.

Meskipun mengkonsumsi alpukat bagi ibu hamil juga bisa membantu untuk menghilangkan kram kaki. Namun perlu di ingat, jika buah alpukat ini mengandung lemak yang tinggi. Maka, wanita hamil disarankan agar tidak makan buah ini terlalu banyak saat hamil. Meski rasanya enak, sebaiknya wanita hamil tidak makan buah alpukat lebih dari satu buah perhari agar wanita hamil terhindar dari penyakit jantung.

Berry

Buah berry seperti blueberry, raspberry dan blackberry juga buah yang boleh dimakan ibu hamil. Karena kandungan dalam beberapa buah berry kaya akan kandungan vitamin C, asam folat dan kalium. Kalium pada buah berry bisa menjaga tekanan darah pada ibu hamil dan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, kontraksi otot dan transmisi saraf.

Selain itu, kandungan vitamin C dan asam folat pada buah buahan berry juga bisa membantu mencegah anemia pada ibu hamil. Buah berry juga mengandung serat yang bisa membantu sistem pencernaan pada orang hamil. Maka, buah-buahan jenis beri juga merupakan jenis buah yang aman untuk ibu hamil.

Jambu Biji

Buah jambu biji juga merupakan buah yang cocok untuk ibu hamil. Karena jambu buji merupakan sumber vitamin C terbaik selain buah jeruk. Selain itu, jambu biji juga mengandung vitamin A, serat, fosfor dan kalium. Kandungan vitamin A dan vitamin C merupakan anti oksidan yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Mengapa radikal bebas harus dicegah? Karena dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan janin dalam kandungan wanita hamil. Selain itu, jambu biji ini juga termasuk buah yang baik untuk wanita mengandung. Karena dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Selain mudah untuk didapatkan, jambu biji bisa dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dibuat jus segar.

Jeruk

Buah jeruk juga termasuk kedalam jenis buah yang sehat untuk ibu hamil dan janin. Buah jeruk mengandung banyak kandungan air, vitamin C dan asam folat. Mengapa jeruk termasuk buah-buahan yang baik untuk ibu hamil? Karena jeruk mengandung asam folat yang tinggi. Asam folat bisa membantu perkembangan otak dan saraf tulang belakang pada janin, serta dapat membantu mencegah janin terlahir cacat.

Meski hampir 90 persen kandungan didalam jeruk adalah air. Makan buah jeruk saat hamil dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh ibu hamil. Hal ini sangat penting, karena dehidrasi saat hamil bisa membahayakan kesehatan wanita mengandung dan janin.

Selain itu, kandungan vitamin C pada jeruk yang tinggi juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh wanita mengandung agar tidak mudah lelah dan sakit. Serta bermanfaat sebagai anti oksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.

Lemon

Lemon juga buah yang bagus untuk ibu hamil muda. Karena kandungan nutrisi dalam buah lemon dapat melawan rasa mual dipagi hari. Buah lemon mengandung vitamin C yang dapat mencegah terjadinya sembelit yang sering terjadi pada kebanyakan ibu hamil muda. Selain itu, lemon merupakan buah yang banyak mengandung kalsium, magnesium dan kalium yang baik untuk membantu pertumbuhan tulang janin.

Selain itu, buah lemon juga dapat membantu untuk membersihkan dan melancarkan sistem pencernaan, serta dapat membantu mencegah dehidrasi. Mengonsumsi air lemon atau menghisap lemon dipercaya bisa membantu meredakan mual pada ibu hamil muda.

Baca: Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama

Mangga

Mangga merupakan jenis buah yang sehat untuk ibu hamil. Buah mangga kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, serat dan kalium. Pada umumnya, rasa buah mangga sangat manis. Sehingga dapat menjadi makanan alternatif bagi ibu hamil yang ingin mengonsumsi makanan yang manis. Mangga termasuk buah yang sehat untuk ibu hamil, karena mengandung tinggi kalium.

Kandungan kalium dalam buah mangga dapat membantu untuk menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh. Kandungan vitamin C bisa membantu menangkal serangan radikal bebas dan meningkatkan stamina tubuh. Serta dapat membantu untuk mengatur saluran pencernaan, mengurangi sembelit dan membebaskan wanita mengandung dari penyakit infeksi ringan.

Sedangkan kandungan vitamin A pada buah mangga dapat berfungsi sebagai anti oksidan dan membantu sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf pada janin. Selain itu, buah mangga juga mengandung serat yang tinggi untuk bantu mencegah sembelit saat kehamilan dan mencegah penyakit seperti diare dan infeksi pernapasan.

Melon Orange

Melon oranye merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk ibu hamil dan janin. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah melon orange antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin C, beta karoten serat dan air yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan rambut dan penglihatan bayi.

Kandungan vitamin C dalam melon oranye juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin didalam kandungan. Sedangkan kandungan vitamin B pada buah melon orange dapat mengurangi mual dan mulas dipagi hari bagi orang hamil pada awal kehamilan. Buah ini juga kaya serat dan air yang dapat mencegah terjadinya sembelit pada ibu hamil.

Nanas

Nanas juga buah yang baik buat ibu hamil. Meski hingga saat ini masih banyak masyarakat yang mempercayai bahwa buah nanas merupakan buah yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Padahal faktanya, tidak ada bukti ilmiah yang dapat membuktikan hal tersebut. Buah nanas memang mengandung bromelain yang jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah banyak dipercaya dapat menyebabkan perdarahan.

Namun kandungan bromelain dalam satu sajian nanas, sangat kecil kemungkinannya dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan. Buah ini banyak mengandung vitamin C, vitamin B6, asam folat, zat besi, magnesium dan beragam nutrisi lainnya yang cukup penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

Meski nanas kaya akan nutrisi, namun sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi nanas secara berlebihan. Terutama bagi wanita mengandung yang memiliki masalah pada sistem pencernaan yang sensitif.

Baca: Makanan Sehat Ibu Hamil 1 Bulan

Pepaya

Buah pepaya yang sudah matang juga bisa menjadi buah yang aman dikonsumsi buat ibu hamil. Pepaya yang sudah matang kaya akan vitamin C, E, asam folat, serta sumber serat yang baik untuk ibu hamil. Buah pepaya ini memiliki manfaat untuk mencegah dan mengendalikan sembelit serta nyeri ulu hati bagi wanita yang sedang mengandung.

Sedangkan untuk buah pepaya yang masih mentah sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita mengandung. Karena pepaya mentah mengandung lateks yang bisa memicu kontraksi pada rahim wanita mengandung. Namun, konsultasikan dahulu dengan dokter Anda sebelum ibu hamil mengonsumsi buah pepaya pada masa kehamilan ya?

Pisang

Pisang juga merupakan buah terbaik yang bagus untuk ibu hamil. Sebab buah pisang mengandung banyak nutrisi potasium. Potasium merupakan salah satu mineral penting yang sehat buat ibu hamil untuk menjaga keseimbangan antara cairan dan elektrolit dalam tubuh. Serta menyediakan cukup serat dan kalori untuk sumber energi yang dapat mencegah kelelahan dan kram.

Selain itu, kandungan kalium dalam buah pisang juga dapat membantu menjaga tekanan darah wanita mengandung tetap normal. Kandungan zat besi pada pisang juga bagus untuk ibu hamil. Mengkonsumsi asupan zat besi yang mencukupi bagi wanita yang sedang mengandung bisa membantu mencegah anemia selama kehamilan.

Kelebihan lainnya dari buah pisang ini juga mudah untuk dicerna, sehingga dapat menjadi makanan alternatif jika sedang mengalami mual dan muntah atau morning sicness.

Pir

Pir juga buah yang bagus untuk ibu hamil muda. Meski tidak banyak orang yang tahu jika buah pir masih satu spesies dengan buah apel. Mengapa pir termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil muda? Karena buah pir banyak mengandung asam folat yang tinggi.

Menurut hasil penelitian dari journal Nutrition Today, kandungan kalium dalam buah pir juga bisa membantu meregenerasi sel dalam tubuh orang hamil dan calon bayi. Selain itu, buah pir juga sangat bagus buat ibu hamil. Karena pir mengandung sumber serat yang baik yang dapat mencegah terjadinya sembelit.

Selain rasanya yang enak, kandungan serat, asam folat dan kalium yang terdapat pada buah pir ini juga bisa membantu melancarkan pencernaan bagi wanita mengandung dan mencegah konstipasi. Selain itu, kandungan kalium didalam pir juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung wanita mengandung dan janin dalam kandungan.

Baca: Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Semangka

Buah semangka juga buah yang baik untuk ibu hamil muda. Karena buah semangka kaya akan serat, vitamin, potasium dan magnesium. Sama halnya seperti buah jeruk, buah semangka juga mempunyai kandungan air yang sangat banyak. Mengkonsumsi semangka bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh wanita mengandung, menghilangkan haus, serta bisa mencukupi asupan vitamin A, C, B6, kalium dan magnesium.

Selain itu, mengkonsumsi buah semangka dipercaya dapat membantu menangkal mual dipagi hari bagi ibu hamil muda. Kandungan air yang melimpah didalam semangka juga bisa berguna dalam menjaga tubuh ibu hamil muda dari masalah dehidrasi. Buah semangka juga dipercaya dapat mencegah kram otot, serta mengurangi bengkak di tangan dan kaki. Terutama pada trimester ketiga kehamilan, sehingga bisa menjadi makanan ibu hamil trimester ketiga.

Buah apa yang baik untuk ibu hamil muda?

Buah yang baik untuk ibu hamil muda adalah buah apel, anggur, alpukat, jeruk, mangga, pepaya, semangka. Karena jenis buah-buahan tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Serta dapat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi agar lahir dengan sehat dan dengan berat yang normal.

Buah apa saja yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil?

Mengkonsumsi buah saat hamil tidak boleh sembarangan agar janin yang dikandungnya tetap sehat. Berikut ini adalah beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil:
1. Anggur
Anggur tidak boleh dikonsumsi saat awal kehamilan sampai dua minggu awal kehamilan. Karena dapat menyebabkan kandungan mempunyai suhu yang cenderung panas.
2. Durian
Kandungan asam arachidonat dan alk0hol pada durian dapat memicu berbagai masalah kehamilan. Bisa keguguran atau bahkan berat badan bayi terlalu rendah saat lahir.
3. Nanas Muda
Nanas muda ternyata mengandung bromelain yang dapat membuat leher rahim menjadi lebih lunak. Bahkan dapat memicu gangguan kehamilan hingga persalinan dini.
4. Pepaya Mentah
Pepaya yang masih mentah tinggi kandungan lateksnya, diyakini dapat memicu kontraksi pada rahim. Sehingga tidak baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Mengapa Makan Buah Penting untuk Ibu Hamil dan Janin?

Buah buahan adalah asupan nutrisi yang sangat bergizi yang penting untuk ibu hamil dan janin. Asupan bergizi menjadi sangat penting karena dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin dalam kandungan. Apabila ibu hamil tidak mengkonsumsi makanan bergizi, maka bayinya akan mengalami perubahan permanen, baik dalam fisiologi dan metabolisme dalam kandungan ibu hamil.

Baca: Pantangan Hamil Muda

Mengkonsumsi buah sangat penting guna menjaga kesehatan, terutama untuk ibu hamil muda dan janin dalam kandungan. Dengan mengonsumsi buah-buahan akan menjamin wanita hamil untuk mendapatkan asupan nutrisi yang sangat penting untuk wanita hamil. Yaitu berupa asupan nutrisi vitamin, mineral dan serat. Ketiga nutrisi tersebut sangat diperlukan oleh tubuh ibu hamil dan janin selama masa kehamilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like