Cara Memakai Kondom Yang Benar untuk Pria dan Wanita

cara memasang kondom yang benar,

Kondom merupakan alat kontrasepsi berbentuk selubung atau sarung karet yang dipasang pada penis saat melakukan senggama. Cara memakai kondom pria ini sangat mudah. Kondom pria terbuat dari bahan karet sintesis yang tipis, berbentuk silindris, dengan muaranya berpinggir tebal, yang bila digulung berbentuk rata, atau mempunyai bentuk seperti putting susu.

Fungsi kondom yaitu, untuk menghalangi masuknya spermatozoa kedalam taktus genetalia interna vagina. Selain kondom pria, ada juga kondom untuk wanita yang bentuknya hampir sama. Cara memakai kondom wanita ini agak berbeda dengan cara memakai kondom pria.

Kondom Pria

Kondom untuk pria merupakan alat kontrasepsi yang dapat berbahan karet atau lateks, poliuretan (plastik), atau bahan sejenis yang kuat, tipis dan elastis. Alat kontrasepsi tersebut ditarik hingga menutupi penis yang sedang ereksi, untuk menangkap semen selama ejakuIasi untuk mencegah 5perma masuk kedalam rahim.

Kondom lateks dan poliuretan merupakan kondom yang cukup efektif untuk mencegah penularan penyakit HIV dan mengerangi resiko penyakit menular seksuaI.

Cara Memakai Kondom Pria

Kondom pria ini ada yang ujungnya biasa, ada juga yang ujungnya berputing. Gunanya untuk mengeluarkan udara yang ada, agar tersedia tempat bagi air mani yang akan dikeluarkan gulungan kondom.

Sebelum persetubuhan, kondom dipasang pada waktu zakar sedang tegang. Ketika sesudah mani keluar, air mani akan tertampung diujung kondom, dan sewaktu zakar ditarik keluar, jagalah jangan sampai ada cairan yang tumpah. Peganglah kondom pada waktu menarik zakar keluar. Berikut ini cara menggunakan kondom yang benar:

Cara Memasang atau Memakai Kondom Pria yang Benar

cara memakai kondom yang benar,
  1. Cek dahulu tanggal kedaluwarsanya, dan lihat labelnya apakah memenuhi standar pemakaian.
  2. Simpan kondom ditempat yang sejuk. Jangan ditaruh dimobil. Jika anda menyimpannya didompet, jangan lupa menggantinya secara tetap.
  3. Kondom dibuat dengan ukuran yang berbeda. Carilah jenis dan ukuran kondom yang nyaman buat anda.
  4. Buka kondom dari kemasannya secara hati-hati, supaya kondom tidak robek.
  5. Jangan menggulung kondom kebawah, jika belum terpasang diujung penis.
  6. Sebelum menggulung kondom kebawah, penis harus sudah ereksi. Kondom harus menghadap keatas.
  7. Tekan ujung kondom untuk mengeluarkan udara yang ada didalamnya, kemudian baru digulung kebawah, sampai kepangkal penis. Jika tidak disunat, dibuka kulit khatan atau kulupnya.
  8. Olesi pelicin berbahan dasar air diluar kondom, tujuannya untuk meningkatkan kenikmatan dan megurangi resiko kondom robek. Kalau pelicin berbahan dasar minyak akan memperlemah kondom dan mudah robek.
  9. Sewaktu akan mencabut kondom, penis harus masih dalam keadaan ereksi, dan pegang kondomnya, supaya air maninya tidak tumpah.
  10. Buang kondom yang sudah digunakan tadi ditempat sampah.

Namun ingat, kondom hanya bisa dipakai sekali saja ya? Jangan memakai dua kondom secara bersamaan, (Kondom Pria dan Kondom Wanita), karena akan mudah robek karena gesekan.

Jika Anda merasa kondom robek sewaktu berhubungan, segera cabut kondom secepatnya, lalu gantilah dengan kondom yang baru. Bagi Anda yang alergi terhadap lateks, kini sudah tersedia Kondom Pria tanpa latex untuk orang yang alergi pada latex.

Baca : Alat Kontrasepsi Pria

Kondom Wanita

Kondom perempuan ini memiliki fungsi yang sama dengan kondom pria, yaitu sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Alat kontrasepsi ini dimaksudkan untuk setiap pasangan yang melakukan berhubungan intim yang aman. Serta agar tidak terjadi kehamilan yang tidak di inginkan, atau terkena penyakit menular seksuaI. Kondom wanita generasi pertama terbuat dari bahan poliurethane, namun kondom wanita untuk generasi terkini terbuat dari bahan nitrile (lateks sintetis).

Cara Memasang Kondom Wanita

Bentuk kondom wanita ini hampir serupa dengan kondom pria, hanya saja ukurannya lebih besar dan memiliki cincin pada kedua ujungnya. Cincin tertutup yang diletakkan dalam vagina akan menutupi mulut rahim, sementara cincin yang terbuka terpasang di vulva atau bagian luar vagina.

Salah satu kondom wanita yang beredar di Indonesia ini memiliki bantalan seperti spons, yang akan memfiksasi ujung kondom pada mulut rahim. Berikut ini cara memakai kondom wanita yang benar.

Cara Memakai atau Memasang Kondom Wanita yang Benar

cara memasang kondom yang benar,
  1. Baca dahulu aturan pemakaian pada kemasan kondom. Cek juga tanggal kadarluasanya.
  2. Buka kemasan kondom dengan hati hati, agar kondom tidak robek.
  3. Pegang cincin bagian dalam dengan ibu jari dan jari tengah.
  4. Puntir kondom, lalu masukkan sejauh mungkin melewati tulang kemaIuan (pubic bone).
  5. Biarkan cincin luar berada diluar vagina.
  6. Pastikan kondom tidak kusut atau melintir.
  7. Sebelum berhubungan intim, jangan lupa menggunakan lubrikan berbahan dasar air pada penis.
  8. Setelah selesai berhubungan intim dan sebelum berdiri, puntir dan kunci cincin bagian luar kondom untuk menjaga air mani tertahan didalam, lalu keluarkan kondom perlahan.
  9. Dan jangan lupa, untuk membuangnya ditempat sampah setelah selesai digunakan.

Kondom wanita ini sama saja seperti kondom pria, hanya dipakai untuk satu kali penggunaan. Kondom wanita ini tidak bisa digunakan bersamaan dengan penggunaan kondom pria, karena akan menyebabkan gesekan yang bisa berakibat robeknya kedua kondom. Kondom wanita ini harus sudah terpasang sebelum mulai melakukan penetrasi penis kedalam vagina.

Seberapa Efektifkah Penggunaan Kondom untuk Mencegah Kehamilan dan IMS?

Tingkat keefektifan penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi ini bisa mencapai 95% bila digunakan dan cara memasang kondomnya benar. Beberapa alasan kegagalan fungsi kondom wanita adalah:

  1. Robekan pada kondom yang bisa terjadi sebelum atau sesudah berhubungan intim.
  2. Berhati-hatilah saat memasukkan kondom, agar tidak tersangkut kuku atau perhiasan.
  3. Kondom tidak digunakan setelah penis menyentuh vagina.
  4. Gagal menggunakan kondom setiap kali berhubungan intim.
  5. Kegagalan produksi dari pabrik.
  6. Tumpahnya air mani saat melepas kondom dari vagina.

Jangan lupa mengecek tanggal kadaluarsa dan kondom, apakah ada robekan pada kondom sebelum digunakan.

Baca : Alat Kontrasepsi Wanita

Apa Saja Kelebihan Kondom Wanita?

Beberapa kenyamanan menggunakan kondom wanita, yaitu:
1. Tersedia tanpa resep dokter dan bisa dibeli dimana saja.
2. Relatif murah (harga lebih mahal dibandingkan kondom laki-laki).
3. Dapat digunakan hingga 8 jam sebelum melakukan berhubungan intim.
4. Penggunaan kondom wanita ini dapat dijadikan bagian dari variasi aktivitas senggama.

Apa Saja Kekurangan Kondom Wanita?

Tidak semua wanita cocok menggunakan metode kontrasepsi dengan kondom. Misalnya, mereka yang berisiko tinggi hamil, yaitu usia dibawah 30 tahun atau aktif secara seksuaI dibawah 3x minggu, atau mereka yang memiliki kelainan pada bentuk vagina. Pilihlah metode alat kontrasepsi yang paling nyaman dan sesuai untuk Anda, agar terhindar dari risiko kehamilan yang tidak di inginkan dan terhindar dari penyakit menular seksuaI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like