Cara Mencegah Virus Corona Influenza di Sekolah Menurut Standar WHO

cara mencegah virus corona, cara mencegah covid-19,

Cara Mencegah Virus Corona : Virus Corona adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Pada manusia, beberapa virus corona diketahui menyebabkan infeksi pernafasan, mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti MERS dan SARS. Untuk cara mencegah virus corona ini sangat sederhana, karena cara mencegah virus corona ini lebih mudah daripada mengobati.

Virus corona yang paling baru ditemukan menyebabkan penyakit yaitu virus corona COVID-19. COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang paling baru ditemukan. Virus dan penyakit baru ini tidak diketahui sebelum wabah dimulai di Wuhan Cina, pada bulan Desember 2019 yang lalu. Untuk itu sangat penting sekali agar tahu bagaimana cara mencegah virus corona influenza di sekolah menurut standar WHO.

Bagaimana Cara Mencegah Virus Corona?

  1. Bersihkan Tangan Secara Teratur dengan Desinfektan
  2. Jaga Jarak Minimal 1 Meter dari Orang Lain
  3. Hindari Menyentuh Hidung, Mulut dan Mata Secara Langsung
  4. Menjaga Kebersihan Pernafasan yang Baik
  5. Tetap Dirumah Jika Anda Tidak Sehat
  6. Tetap Mengakses Informasi Terbaru COVID-19.

Hal yang harus dilakukan cara mencegah virus corona ini dapat dimulai dengan tetap mengetahui informasi terbaru tentang wabah COVID-19. Informasi tentang virus corona ini bisa tersedia di penyedia pelayanan kesehatan publik lokal maupun penyedia layanan kesehatan publik nasional. Bisa juga dengan mengakses lewat Situs Web Kesehatan Pemerintah Kementrian Kesehatan yang sudah disediakan.

COVID-19 masih mempengaruhi sebagian besar orang di Cina dengan beberapa wabah di negara lain. Kebanyakan orang yang terinfeksi virus ini akan mengalami penyakit ringan dan dapat sembuh. Cara mencegah virus corona yang paling mudah yaitu dengan menjaga kesehatan Anda dan lindungi orang lain dengan melakukan hal berikut:

1. Bersihkan tangan Anda secara teratur dan menyeluruh dengan menggosoknya pakai sabun dan air. Atau gunakan larutan desinfektan untuk mencuci tangan sebelum makan dan setelah kontak dengan hewan.

Mengapa? Mencuci tangan dengan sabun dan air atau membersihkan tangan dengan cairan seperti desinfektan dapat mem6unuh virus yang mungkin ada di tangan Anda.

2. Pertahankan jarak setidaknya 1 meter (3 langkah) antara Anda dan siapa saja yang sedang bersin atau batuk.

Mengapa? Ketika seseorang sedang bersin atau batuk, mereka akan menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika Anda terlalu dekat, Anda bisa menghirup tetesan air tersebut, termasuk virus COVID-19 jika orang tersebut menderita virus corona.

3. Hindari menyentuh hidung, mulut dan mata secara langsung.

Mengapa? Tangan yang sering menyentuh banyak permukaan dapat terkontaminasi virus corona. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke hidung, mulut atau mata Anda. Dari sana, virus corona dapat masuk ke tubuh Anda dan bisa membuat Anda sakit.

4. Pastikan Anda, dan orang-orang di sekitar Anda, mengikuti cara menjaga kebersihan pernapasan yang baik. Ini berarti menutupi hidung dan mulut Anda dengan tisu atau anggota tubuh seperti lengan saat Anda bersin atau batuk. Kemudian segera buang tisu bekasnya.

Mengapa? Tetesan air dari bersin atau batuk dapat menyebarkan virus. Dengan mengikuti kebersihan pernafasan yang baik Anda akan melindungi orang-orang disekitar Anda dari virus flu seperti influenza dan COVID-19.

5. Tetap dirumah jika Anda merasa tidak sehat. Jika Anda mengalami batuk, demam dan kesulitan bernapas, segera cari bantuan medis dan hubungi terlebih dahulu. Ikuti arahan petugas medis kesehatan setempat Anda.

Mengapa? Petugas medis kesehatan setempat atau nasional akan memiliki informasi terbaru tentang situasi didaerah Anda. Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan Anda dapat dengan cepat mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat. Ini juga akan melindungi Anda dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.

6. Tetap mengakses informasi tentang perkembangan terbaru mengenai COVID-19. Ikuti saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan Anda, baik otoritas kesehatan publik lokal dan nasional Anda. Atau majikan Anda tentang cara mencegah virus corona dan cara melindungi diri sendiri dan orang lain dari COVID-19.

Mengapa? Petugas medis kesehatan lokal dan nasional akan memiliki informasi terbaru tentang apakah COVID-19 ini menyebar di daerah Anda. Mereka ditugaskan untuk memberikan informasi tentang apa yang harus dilakukan orang di daerah Anda dan untuk melindungi diri mereka sendiri dari virus corona.

Bagaimana Cara Mencegah Virus Corona Influenza?

Cara mencegah virus corona influenza ini tidak sulit. Pada umumnya influenza dapat sembuh sendiri dalam waktu 4–9 hari. Semakin bagus daya tahan tubuh kita, semakin cepat tubuh melawan virus influenza. Biasanya, dokter akan menyarankan pasien untuk banyak beristirahat, serta minum air putih dan makan yang cukup. Biasanya juga dokter akan memberikan obat untuk meringankan gejala influenza.

Virus influenza biasanya menyerang secara tiba-tiba. Jika mengalami flu yang disertai demam, batuk berdahak, dan pilek, Anda bisa mengonsumsi obat flu. Ada sebagian orang, jika tidak di obati, situasinya dapat memburuk menjadi pneumonia atau radang paru-paru. Untuk mencegah virus corona influenza ini Anda hanya melakukan pencegahan dengan mengikuti panduan cara mencegah virus corona di atas.

Bagaimana Cara Mencegah Virus Corona di Sekolah?

Cara mencegah virus corona di sekolah ini sama saja dengan cara mencegah virus corona dirumah. Hanya saja untuk mendukung pencegahan virus corona disekolah, orang tua maupun pihak sekolah harus menyediakan berbagai macam peralatan kebersihan yang memadai. Seperti sumber air bersih, sabun cuci tangan anti bakteri, hand sanitazer dan tisue sekali pakai untuk mengeringkan tangan.

Selain itu, pastikan juga seperti peralatan makan dan mainan Anak tetap terjaga kebersihannya. Ruang kelas harus rutin dibersihkan, serta mendapatkan ruang udara yang cukup. Termasuk juga untuk tidak menumpuk sampah di area sekolah.

Tidak hanya langkah pencegahan virus corona saja, persiapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) juga merupakan bagian dari langkah awal agar anak tidak terjangkit penyakit lainnya. Virus corona ini dapat di cegah dengan kondisi badan sehat dan imunitas yang baik. Selain itu, berperilaku hidup bersih dan sehat menjadi hal penting untuk mencegah terjadinya penularan virus corona.

Apa Saja Gejala dari Covid-19?

Gejala dari COVID-19 yang paling umum terjadi adalah demam, batuk kering dan kelelahan. Beberapa pasien mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Gejala-gejala ini biasanya ringan dan mulai secara bertahap. Meski ada beberapa orang terinfeksi, tetapi tidak mengalami gejala apa pun dan merasa tidak enak badan.

Kebanyakan orang (sekitar 80%) yang terjangkit COVID-19 ini dapat pulih dari penyakit ini tanpa perlu perawatan khusus. Sekitar 1 dari setiap 6 orang yang terinfeksi COVID-19 dapat sakit parah dan mengalami kesulitan bernapas.

Orang yang lebih tua, dan mereka yang memiliki riwayat masalah medis yang mendasar seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung atau diabetes, lebih mungkin akan lebih rentan terinfeksi penyakit serius ini. Sekitar 2% orang dengan penyakit ini telah meninggal. Sehingga orang yang sedang sakit demam, batuk dan kesulitan bernapas parah harus segera mendapatkan penanganan medis di Daftar Rumah Sakit Rujukan Virus Corona.

Haruskah Saya Memakai masker untuk Melindungi Diri Saya Sendiri?

Orang yang tidak memiliki gejala sakit pernapasan, seperti batuk, tidak perlu memakai masker medis. WHO merekomendasikan penggunaan masker untuk orang yang memiliki gejala COVID-19 dan bagi mereka yang merawat orang yang memiliki gejala, seperti batuk dan demam. Penggunaan masker sangat penting bagi petugas kesehatan dan orang yang merawat pasien yang sedang sakit.

WHO menyarankan penggunaan masker medis secara rasional untuk menghindari pemborosan sumber daya berharga yang tidak perlu dan penyalahgunaan masker. Gunakan masker hanya jika Anda memiliki gejala pernapasan seperti bersin atau batuk. Serta menghindari infeksi COVID-19 dengan gejala ringan, atau merawat seseorang yang diduga terinfeksi COVID-19.

Infeksi COVID-19 yang diduga terkait dengan perjalanan di daerah dimana kasus telah dilaporkan. Atau kontak dekat dengan seseorang yang telah bepergian ke daerah yang terdapat infeksi COVID-19 dan telah menjadi sakit.

Cara paling efektif untuk melindungi diri Anda sendiri dan orang lain terhadap COVID-19 adalah dengan sering membersihkan tangan, menutupi batuk dengan tisu atau siku tangan Anda. Serta menjaga jarak setidaknya 1 meter (3 kaki) dari orang yang bersin atau batuk. Untuk informasi lebih lanjut, lihat langkah-langkah perlindungan dasar terhadap virus corona terbaru yang sudah diinformasikan pemerintah.

Lalu, Bagaimana Cara Memakai Masker yang Benar?

Ingat, masker hanya boleh digunakan oleh petugas kesehatan, perawat, dan individu dengan gejala infeksi pernapasan, seperti batuk dan demam. Berikut ini cara memakai masker yang benar:

1. Sebelum menyentuh masker, bersihkan tangan Anda dahulu dengan sabun atau air berbasis desinfektan.

2. Ambil masker dan periksa apakah ada sobek atau berlubang.

3. Orientasikan sisi mana yang merupakan sisi atas (tempat strip logam berada).

4. Pastikan sisi masker yang tepat menghadap ke luar (sisi berwarna).

5. Tempatkan masker ke wajah Anda. Jepit strip logam atau tepi kaku masker, sehingga menempel pada hidung Anda.

6. Tarik bagian bawah masker, sehingga menutupi mulut dan dagu Anda.

7. Setelah digunakan, lepas masker. Caranya, lepaskan loop elastis dari belakang telinga sambil menjaga masker dari wajah dan pakaian Anda. Untuk menghindari menyentuh permukaan masker yang berpotensi terkontaminasi.

8. Segera buang masker di tempat sampah setelah digunakan.

9. Lakukan kebersihan tangan setelah menyentuh atau membuang masker. Gunakan pembersih tangan berbasis desinfektan atau jika terlihat kotor, cuci tangan Anda dengan sabun dan air.

Dalam kasus sakit apa pun, jika Anda batuk, demam dan sulit bernapas. Segera cari perawatan medis kesehatan sejak dini untuk mengurangi risiko terkena infeksi yang lebih parah. Namun, pastikan untuk membagikan riwayat perjalanan Anda baru-baru ini dengan penyedia pelayanan medis kesehatan yang membantu Anda.

Sumber Referensi:

  1. World Health Organization (WHO) Q&A on coronaviruses (COVID-19)
    https://www.who.int/news-room/q-a-detail/q-a-coronaviruses
  2. Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: When and how to use masks.
    https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/when-and-how-to-use-masks
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like