Efek KB IUD Bagi Suami saat Berhubungan

efek kb iud,

Efek KB IUD Bagi Suami : KB IUD merupakan alat kontrasepsi berbahan plastik fleksibel yang berbentuk huruf T, salah satu jenis alat kontrasepsi andalan beberapa wanita yang terbukti aman dan nyaman. KB UID ini ada 2 jenis, yaitu IUD Tembaga dan IUD Hormonal. Namun, penggunaan KB IUD ini kadang menimbulkan efek KB IUD bagi suami, terutama saat melakukan aktivitas berhubungan intim.

Meskipun KB IUD ini merupakan salah satu alat kontrasepsi yang banyak digemari, karena tingkat keberhasilannya untuk mencegah kehamilannya cukup tinggi. Namun, beberapa pasangan ada yang ragu-ragu untuk menggunakan alat kontrasepsi IUD ini, karena takut mengurangi kenikmatan saat berhubungan intim. Lalu, Benarkah Ada Efek KB IUD Bagi Suami?

Apa Efek KB IUD Bagi Suami?

Ada beberapa suami yang merasa tidak nyaman saat pasangan suami istri ini berhubungan intim, karena merasakan benang dari KB IUD ini seperti menusuk-nusuk penis suami. Meskipun sebenarnya, benang dari KB IUD itu hanya akan terasa seperti sentuhan kecil di penis pria, sehingga sangat jarang pria yang menganggapnya sebagai gangguan ketika sedang melakukan berhubungan intim.

Hal ini bisa saja terjadi karena ukuran benang KB IUD yang terlalu pendek atau panjang. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ukuran panjang atau pendek benang bisa diatur atau diakali oleh dokter, misalnya saja benang bisa di lipat kedalam vagina atau dipendekkan dengan cara dipotong.

Jika rata-rata panjang area vagina wanita sekitar 10 cm, dengan leher rahim dan rahim yang terletak dibagian atas vagina. Kebanyakan dokter akan memotong benang KB IUD ini sekitar 3 sampai 4 cm, dengan perkiraan benang yang lembut akan berada disekitar leher rahim, atau secara fisik dapat terselip dibelakang leher rahim. Sehingga benang tidak keluar atau menggantung kedalam vagina.

Ketika KB IUD ini berada di rahim wanita yang tepat, maka seutas benang yang panjangnya sekitar 3-5 cm akan menggantung didalam vagina Anda. Meskipun benang ini mungkin dapat dirasakan suami saat berhubungan intim. Namun, lendir di leher rahim wanita ini akan mencegah penis suami terasa nyeri, saat bergesekan dengan benang ini.

Biasanya suami juga mungkin akan mengeluh karena merasa tidak nyaman untuk berhubungan hanya pada saat istri baru memasang KB IUD saja. Meskipun, rasa tidak nyaman itu sebenarnya akan terasa hilang setelah 2 minggu pemasangan. Hal ini dapat terjadi karena benang akan menjadi lembek akibat terkena lendir didalam vagina.

Meskipun sangat jarang sekali pasangan bisa merasakan benang itu, namun hal tersebut bisa saja terjadi, mungkin karena ada beberapa jenis KB IUD yang memang memiliki jenis benang yang bisa dirasakan pasangan saat berhubungan intim.

Baca: Alat Kontrasepsi MOP

Bagaimana Cara Mengatasi Efek KB IUD saat Berhubungan?

Efek pemasangan KB IUD untuk suami ini sebenarnya akan hilang setelah 2 minggu pemasangan IUD. Hal ini terjadi karena benang akan lembek akibat lendir didalam vagina. Namun, bila suami tidak sabar menunggu hingga 2 minggu, Anda bisa meminta suami untuk menggunakan kondom atau bahan pelumas saat berhubungan intim. Baca: Cara Memakai Kondom.

Selain itu, jika Anda atau pasangan merasa jika KB IUD tersebut cukup mengganggu saat berhubungan intim. Atau jika pasangan mengeluh benang IUD tersebut terasa lebih panjang dari biasanya, bisa saja mungkin IUD telah berubah posisi. Nah, saat IUD Anda berubah posisi, Anda harus datang ke Bidan atau Dokter untuk memperbaiki posisi IUD tersebut. Namun jika suami Anda sudah ngebet ingin berhubungan, solusinya suami Anda harus menggunakan Kondom Pria sebelum posisi IUD tersebut diperbaiki.

Jika benang IUD ini masih menjadi masalah utama pasangan Anda ketika berhubungan intim. Sebaiknya segera ke Bidan atau Dokter, agar benang segera dipotong atau diselipkan kedalam rahim. Tapi ingat, karena KB IUD ini berada didalam rahim (AKDR). KB IUD ini hanya bisa dipasang, memperbaiki posisi atau melepaskan IUD ini dengan bantuan petugas kesehatan, seperti Bidan atau Dokter. Jangan mencoba melepaskannya sendiri, karena dampaknya bisa berbahaya atau lebih buruk.

Baca: Alat Kontrasepsi Laki Laki

Namun, jangan karena hanya gara-gara benang KB IUD yang dapat mengganggu berhubungan intim pasangan Anda. Sehingga Anda memutuskan untuk berhenti menggunakan alat kontrasepsi ini ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like