14 Makanan Sehat yang Baik untuk Ibu Hamil Muda 1 Bulan

makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan

Makanan Ibu Hamil 1 Bulan : Makan makanan sehat untuk Ibu Hamil muda yang baru berumur 1 bulan sangatlah penting. Karena pada masa itu, janin bayi baru mulai tumbuh. Sehingga ibu hamil muda sangat memerlukan berbagai makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan yang mengandung vitamin dan mineral, agar janin bisa berkembang dengan baik.

Pada 1 bulan pertama awal kehamilan ibu hamil, sesudah terjadi pembuahan sel telur oleh 5perma. Maka perubahan produksi hormon estrogen dan hormon progesteron akan terus meningkat pesat. Sehingga pada bagian embrio yang tidak menempel pada rahim wanita akan tumbuh.

Selan itu, pada usia 1 bulan kehamilan, pembentukan janin sudah dimulai. Mulai dari pembentukan tulang ekor, tulang belakang, tulang iga dan saraf bayi. Pada 1 bulan pertama kehamilan, sistem saraf dan jantung juga sudah mulai terbentuk. Jantung bayi sudah mulai berdetak, sehingga memompa darah kesuluruh bagian janin didalam kandungan.

Pada umumnya di akhir 1 bulan kehamilan wanita, ukuran janin bayi akan terbentuk. Ukurannya menjadi 1000 kali lebih besar daripada sel telur yang mengalami ovulasi.

Pada usia kehamilan 1 bulan wanita, perubahan emosi juga sudah mulai terlihat. Beberapa diantaranya yaitu, tidak nafsu makan bahkan ada yang sudah menolak makan, karena munculnya penciuman tajam pada ibu hamil. Padahal di awal kehamilan, makanan yang baik untuk ibu hamil ini sangat dibutuhkan.

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Pada dasarnya, makanan yang baik untuk ibu hamil muda itu harus memenuhi standar makanan 4 sehat 5 sempurna pada setiap harinya, diantaranya yaitu:

  1. Karbohidrat : Nasi, Roti, Kentang dan Oatmeal.
  2. Sayur Sayuran : Bayam, Brokoli, Kembang Kol dan Kangkung.
  3. Buah Buahan : Alpukat, Apel, Melon dan Pisang.
  4. Protein : Telur, Ikan dan Daging.
  5. Produk Susu : Yoghurt dan Keju.

Kebutuhan nutrisi dari berbagai makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan ini sangat diperlukan. Terutama untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin 1 bulan awal kehamilan

Makanan yang Mengandung Folid Acid

makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan

Biasanya, usia kehamilan wanita baru diketahui pada usia 1 bulan. Pada saat itu, bentuk janin masih berupa embrio. Besarnya kira-kira seperti biji selasih, seperti makanan campuran yang ada di es campur.

Pada usia kehamilan 1 bulan, sangat penting bagi ibu hamil untuk segera menyesuaikan kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil pada 1 bulan pertama kehamilan yaitu folid acid.

Makanan yang mengandung folid acid terdapat pada kacang kedelai, gandum, wortel, jagung, brokoli, kembang kol, jambu dan alpukat. Jadi, konsumsilah makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan pada bulan pertama kehamilan.

Folid acid ini zat yang berfungsi untuk mempersiapkan rahim dan mengurangi resiko terjadinya penyakit Spina Bifida. Yaitu tulang belakang tidak tertutup sempurna pada bayi.

Sayuran yang mengandung Asam Folat

Makanan sehat untuk hamil 1 bulan yaitu sayuran yang mengandung asam folat. Sayuran hijau memang baik untuk makanan sehat untuk hamil 1 bulan, karena mengandung asam folat. Makan banyak sayuran hijau bisa memastikan janin mendapatkan berbagai nutrisi.

Beberapa sayuran yang harus ibu hamil makan sehari-hari yaitu bayam, kangkung, brokoli, wortel, labu, tomat, paprika, terong, kubis dan lain sebagainya.

Asam folat memiliki peran penting di awal kehamilan, yaitu untuk mencegah kecacatan tabung saraf janin. Bahkan kandungan asam folat dapat mengurangi resiko cacat lahir otak dan sumsung tulang belakang.

Ibu hamil muda hanya cukup melengkapi kebutuhan asam folat dengan mencukupi 600 mcg perhari. Bahkan asam folat ini sangat baik jika dikonsumsi 3 bulan sebelum awal kehamilan. Bahkan di 1 bulan pembentukan janin pertama.

Gandum Utuh

Gandum merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil muda 1 bulan. Karena gandum mengandung serat makanan, sumber karbohidrat sehat, Vitamin B-kompleks, mineral, zat besi, magnesium dan selenium. Semua zat ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Selain gandum utuh, ibu hamil juga dapat mengkonsumsi beras merah dan oatmeal sebagai makanan yang baik untuk ibu hamil muda 1 bulan.

Biji-Bijian dan Kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan adalah makanan yg bagus untuk ibu hamil 1 bulan. Kacang kacangan merupakan sumber lemak sehat dan makanan yg bagus untuk ibu hamil 1 bulan. Seperti vitamin, protein, mineral, flavonoid, dan serat makanan. Namun pastikan ibu hamil makan makanan sehat jenis ini secara teratur di 1 bulan pertama selama kehamilan agar bayi Anda sehat.

Baca : Makanan Penyubur Kandungan

Makanan yang Mengandung Zat Besi

jenis makanan untuk hamil 1 bulan

Makanan yang mengandung zat besi juga jenis makanan sehat untuk ibu hamil 1 bulan. Karena zat besi sangat penting untuk ibu hamil di 1 bulan pertama kehamilan untuk melengkapi sumber zat besi ibu hamil.

Pada awal kehamilan ibu hamil, zat besi ini dapat bermanfaat untuk membentuk sel darah merah bagi ibu hamil dan janinnya. Sehingga ibu hamil bisa menyiapkan diri untuk beradaptasi dengan usia kehamilan selanjutnya. Hal ini dapat mengurangi risiko kondisi ibu hamil yang lemah, letih dan juga lesu.

Buah Buahan

Buah-buahan seperti apel, alpukat, delima, pisang, jambu biji, jeruk, melon dan strobery. Buah-buahan merupakan makanan untuk ibu hamil muda 1 bulan. Karena mengandung beberapa vitamin, mineral dan antioksidan yang diperlukan bagi pertumbuhan bayi dalam kandungan ibu hamil.

Buah Kering

Buah kering juga masuk kedalam makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan. Karena satu porsi buah buahan kering juga menyediakan sejumlah besar vitamin, mineral, zat besi, kalium dan asam folat untuk ibu hamil.

Buah plum dan kurma merupakan pilihan yang baik dan makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan. Namun, hindari untuk mengonsumsi buah kering secara berlebihan atau dalam jumlah banyak sekaligus ya?

Baca : Makanan sehat Ibu Hamil

Makanan yang Mengandung Kalsium

makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan

Pada minggu ke 4 kehamilan, ibu hamil sangat membutuhan kalsium yang tinggi. Nah, kalsium merupakan nutrisi yang baik untuk ibu hamil 1 bulan. Karena kalsium memiliki manfaat untuk membentuk tulang janin. Jika janin kekurangan kalsium, maka akan mengambil cadangan kalsium dari ibunya. Sehingga ibu hamil dapat berisiko tinggi mengalami pengkeroposan tulang.

Dengan demikian, sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga kehamilan di 1 bulan awal kehamilannya. Bahkan ibu hamil juga harus sudah mempersiapkannya untuk menjaga kondisi ibu sebelum terjadi pembuahan atau kehamilan.

Ikan

Ikan merupakan lauk yang baik untuk ibu hamil 1 bulan. Karena ikan memiliki protein rendah lemak dan berkualitas tinggi. Ikan juga merupakan sumber asam lemak Omega-3 yang sangat baik, Vitamin B2, D, dan E, dan mineral penting seperti kalium, kalsium, seng, yodium, magnesium, dan fosfor.

Namun, hindari ikan pedang, kerang mentah. Serta batasi untuk mengkonsumsi ikan tuna, salmon, makerel, sarden, trout dan herring pada masa awal kehamilan ya?

Daging

Daging juga dapat dijadikan lauk yang baik untuk ibu hamil 1 bulan. Karena daging mengandung Viatmin B, protein, seng dan zat besi yang baik untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan ibu hamil.

Namun, jangan lupa untuk mengkonsumsi juga daging tanpa lemak dalam diet ibu hamil di 1 bulan pertama awal kehamilan ya? Dan hindari mengkonsumsi daging yang kurang matang.

Baca : Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Makanan yang Mengandung Protein

makanan sehat untuk ibu hamil 1 bulan

Telur dan unggas juga makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan. Karena telur merupakan sumber protein yang baik, Vitamin A, B2, B5, B6, B12, D, E, dan K, dan mineral seperti fosfor, selenium, kalsium dan seng.

Beberapa hewan unggas juga merupakan sumber protein yang sangat baik. Makan telur dan daging unggas dengan porsi yang cukup di 1 bulan pertama awal kehamilan dapat memastikan perkembangan janin yang sehat.

Produk Susu

Beberapa jenis produk susu juga masuk kedalam minuman yang baik untuk ibu hamil 1 bulan. Karena beberapa produk susu, termasuk yang diperkaya merupakan sumber kalsium, vitamin D, protein, lemak sehat dan asam folat.

Untuk memenuhu kebutuhan minuman yang baik untuk ibu hamil 1 bulan. Sertakan juga yoghurt dan keju keras dalam asupan gizi pada awal kehamilan sebagai minuman yang baik untuk ibu hamil 1 bulan.

Minyak Hati Ikan

Minyak hati ikan juga makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan. Karena minyak hati ikan (Cod Liver Oil) kaya akan asam lemak Omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan mata janin. Selain itu, minyak hati ikan juga mengandung vitamin D.

Ibu hamil yang kekurangan vitamin D ini dapat menyebabkan pre-eklampsia. Inilah alasannya mengapa ibu hamil harus mengkonsumsi minyak ikan cod pada 1 bulan pertama awal kehamilan mereka. Agar kebutuhan makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan pertama mereka terpenuhi.

Garam Beryodium

Garam beryodium juga jenis nutrisi yang baik untuk ibu hamil 1 bulan. Mengapa mengkonsumsi garam beryodium selama 1 bulan awal kehamilan sangat penting? Sebab yodium dapat membantu sistem saraf dan otak bayi untuk berkembang dengan baik semasa dalam kandungan ibu hamil.

Baca : Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Berikut ini ada beberapa tips untuk memehuni kebutuhan makanan sehat yang baik untuk ibu hamil muda 1 bulan:

Sebaiknya, porsi makan sayuran dan buah buahan lebih banyak daripada porsi makan karbohidrat.

Makanlah dalam porsi sedikit namun sering, untuk mengurangi rasa mual pada awal kehamilan ibu hamil.

Untuk waktu makan yang di anjurkan adalah 5 kali. Yaitu sarapan, makan siang, makan malam, serta diselipi makan cemilan diantara 3 kali setelah makan utama tersebut.

Semua kebutuhan gizi makanan tersebut tidak harus komplit dalam 1 kali makan. Contohnya, bila pada saat sarapan ibu hamil hanya makan telur, susu dan roti. Selanjutnya, sayuran bisa dimakan pada saat makan siang atau makan malam. Sedangkan untuk makan buah bisa dimakan saat ngemil sore hari untuk menjadi makanan yang baik untuk ibu hamil pada awal kehamilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like