7 Makanan Sehat yang Baik untuk Ibu Hamil 2 Bulan

makanan yang baik untuk ibu hamil 2 bulan

Makanan Ibu Hamil 2 Bulan : Pada awal kehamilan wanita dimulai saat usia kehamilan ibu hamil akan mencapai 1 bulan lebih. Banyak ibu hamil yang melewati 1 bulan pertama kehamilannya tanpa tahu jika dirinya sedang hamil muda. Kesehatan janin bayi dalam kandungan ini sangat dipengaruhi oleh asupan makanan sehat yang baik untuk ibu hamil 2 bulan.

Pada masa ini, asupan makanan bernutrisi merupakan salah satu hal yang sangat penting. Karena berbagai nutrisi tersebut sangat dibutuhkan ibu hamil untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungannya.

Pada usia 2 bulan kehamilan wanita, ibu hamil mungkin akan mulai mengalami mual dan tidak nafsu makan. Akan tetapi, ibu hamil harus tetap makan makanan sehat ibu hamil 2 bulan. Karena pada masa ini, janin sedang terjadi perkembangan saraf, otak dan saraf tulang belakang.

Selain itu, pada ibu hamil usia kehamilan 2 bulan, sistem sirkulasi darah bayi akan mulai berjalan, dan jantung bayi Anda akan mulai berdetak.

Dibawah ini ada beberapa jenis makanan yang baik untuk ibu hamil 2 bulan. Sehingga Anda dapat mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda. Agar kehamilan Anda tetap sehat, serta bayi Anda dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 2 Bulan

Menu makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan makanan sehat yang baik untuk ibu hamil 2 bulan. Selain itu, pada usia bulan ke 2 kehamilan, ibu hamil juga harus mengkonsumsi tambahan makanan bernutrisi lainnya, diantaranya yaitu:

  1. Karbohidrat
  2. Asam Folat
  3. Zat Besi
  4. Zat Seng
  5. Kalsium
  6. Protein
  7. Vitamin A, B, C, D dan E.

Makanan yang Mengandung Karbohidrat

makanan untuk ibu hamil 2 bulan, makanan sehat ibu hamil 2 bulan, makanan yang baik untuk ibu hamil 2 bulan,

Makanan yang sehat untuk ibu hamil 2 bulan yang tidak kalah penting adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Pada bulan ke 2 kehamilan, pertumbuhan janin dalam kandungan terjadi sangat pesat. Sehingga kebutuhan energi ibu hamil 2 bulan harus tetap terjaga.

Dalam kondisi hamil 2 bulan, ibu hamil harus dapat mengatur asupan makanan berkarbohidrat. Meskipun bisa saja dampak morning sickness dapat mengganggu kondisi ibu hamil.

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Asam folat merupakan makanan yang sehat untuk ibu hamil 2 bulan. Makanan yang mengandung asam folat juga sangat penting untuk ibu hamil di awal anda merencanakan kehamilan. Asam folat merupakan nutrisi yang sangat penting yang harus dikonsumsi ibu hamil sejak 1 bulan pertama kehamilan.

Hal ini dikarenakan nutrisi asam folat ini diperlukan untuk perkembangan normal dari tabung saraf bayi dalam kandungan. Jika Anda tidak mengkonsumsi suplemen asam folat, maka resiko bayi Anda menderita kelainan saraf atau mengalami kelahiran bayi prematur akan meningkat.

Jenis makanan yang baik untuk ibu hamil yang mengandung asam folat ini sangat banyak. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak asam folat adalah hati sapi, sayuran hijau seperti bayam, jeruk dan alpukat. Selain itu, sereal yang sudah diperkaya oleh asam folat dan kacang-kacangan.

Idealnya, ibu hamil 2 bulan harus mengkonsumsi sekitar 400 mcg asam folat setiap harinya pada bulan ke 2 kehamilan Anda. Dengan mengkonsumsi asam folat yang tercukupi, maka ibu hamil akan membantu dalam sistem saraf pusat dan juga darah janin. Bahkan akan mengurangi resiko bayi lahir cacat.

Baca : Makanan Penyubur Kandungan

Makanan yang Mengandung Zat Besi

Zat Besi juga jenis makanan yang sehat untuk ibu hamil 2 bulan. Karena pada usia kehamilan 2 bulan, suplai darah ibu hamil akan meningkat untuk mendukung perkembangan bayi Anda. Bila ibu hamil tidak mengkonsumsi cukup zat besi dari makanan yang dikonsumsinya, maka ibu hamil akan mengalami merasa lelah, bahkan akan mengalami anemia.

Selain itu, ibu hamil 2 bulan yang kekurangan zat besi juga akan menganggu siklus pelepasan sel telur pada ibu hamil. Makanan sehat ibu hamil 2 bulan yang emgandung zat besi terdapat pada sayuran hijau, jeruk, kuning telur, hati sapi dan daging merah.

Maka sangat dianjurkan agar ibu hamil bisa mengkonsumsi 27 mg zat besi setiap harinya. Treutama sejak saat ibu hamil tahu bahwa Anda sedang hamil. Meskipun ibu hamil dapat memperoleh zat besi dari makanan sehat, akan tetapi biasanya jumlahnya tidak mencukupi.

Biasanya ibu hamil akan menambah asupan zat besinya dengan menkonsumsi suplemen zat besi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda, sebelum mulai mengkonsumsi suplemen apapun selama masa kehamilan.

Makanan yang Mengandung Zat Seng

Taukah Anda! Bahwa zat seng juga dapat membantu dalam produksi materi generatik ketika terjadinya pembuahan pada wanita? Fungsi zat seng pada ibu hamil adalah untuk mendukung tumbuh kembang bayi didalam rahim hingga bayi lahir, serta hingga masa balita dan anak anak.

Adapun makanan yang mengandung zat seng diantaranya yaitu kacang-kacangan, biji-bijian, telur dan daging. Daging merah, kerang, dan biji-bijian utuh adalah sumber zat seng yang baik. Zat seng juga dapat diperoleh dari jenis ikan, kepiting, susu dan produk olahan gandum.

Baca : Makanan Sehat Ibu Hamil

Makanan yang Mengandung Kalsium

Makanan yang bagus untuk ibu hamil 2 bulan lainnya yaitu kalsium. Karena pada 2 bulan awal kehamilan, tulang bayi Anda akan mulai memadat. Maka kondisi ini membutuhkan kalsium. Oleh karena itu, ibu hamil harus mengkonsumsi sekitar 1.000 mg kalsium setiap harinya.

Sebenarnya ibu hamil bisa dengan mudah mencukupi kebutuhan kalsium ini melalui makanan yang sehat untuk ibu hamil 2 bulan. Beberapa makanan yang merupakan sumber kalsium yang baik yaitu susu dan produknya, serta sayuran berdaun hijau.

Namun jika ibu hamil tidak mencukupi kebutuhan kalsiumnya melalui makanan, maka tubuh ibu hamil akan mengambil kalsium dari tulang dan gigi ibu hamil. Hal ini akan membuat keduanya menjadi lemah dan rapuh.

Makanan yang Mengandung Protein

Makanan berprotein juga makanan yang baik untuk ibu hamil 2 bulan. Jadi ibu hamil juga harus mulai mengkonsumsi protein tambahan sejak ibu hamil tahu, jika Anda sedang hamil muda. Karena protein dapat membantu memastikan tubuh ibu hamil memberikan suplai darah yang mencukupi pada bayi Anda. Protein juga akan membantu proses perkembangan otot pada bayi Anda.

Sehingga, ibu hamil bisa mencukupi kebutuhan proteinnya dengan mengkonsumsi jenis keju cottage rendah lemak dan ikan. Namun, pastikan dahulu agar Anda tidak mengkonsumsi ikan air tawar yang tidak mengandung banyak merkuri ya? Dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat berprotein sekitar 75-100 gram protein setiap harinya.

Baca : Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Hamil

Makanan yang Mengandung Vitamin A, B, C, D dan E

Makanan yang baik untuk ibu hamil 2 bulan yaitu Vitamin A, B , C, D dan E juga tidak kalah penting. Karena vitamin A, B, D dan E dapat membantu tumbuh kembang bayi dalam membentuk sel darah baru, pembentukan gigi, tulang dan metabolisme.

Selain itu juga, lengkapi konsumsi makanan ibu hamil muda dengan kandungan vitamin C. Karena Vitamin C bisa membantu pembentukan jaringan tubuh janin dalam kandungan. Selain itu dengan kandungan vitamin C yang tercukupi, maka ibu hamil akan membantu dalam penyerapan besi yang maksimal dan mengurangi risiko preeklampsia.

Adapun sumber vitamin C yang baik untuk ibu hamil 2 bulan yaitu buah jeruk, kiwi dan strowberry. Selain itu lengkapi juga semua vitamin dari buah dan sayur yang bervariasi warna hijau seperti brokoli.

Baca : Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Memasuki 2 bulan kehamilan, konsumsilah berbagai jenis makanan sehat untuk ibu hamil seperti buah dan sayuran segar. Tapi jangan mengkonsumsi makanan beku. Pastikan juga ibu hamil banyak mengkonsumsi protein untuk membantu perkembangan otot bagi bayi Anda.

Selain itu, tingkatkan konsumsi kalori ibu hamil dengan mengkonsumsi makanan bertepung daripada makanan manis. Selalu awasi jenis makanan yang akan Anda makan. Jangan mengkonsumsi terlalu banyak makanan asin, berlemak dan manis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like