7 Makanan Sehat yang Baik untuk Ibu Hamil 3 Bulan

makanan ibu hamil 3 bulan

Makanan Ibu Hamil 3 bulan : Pada bulan ke 3 kehamilan, tubuh ibu hamil sangat membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral. Makanan yang baik untuk ibu hamil 2 bulan sangat penting untuk tumbuh kembang bayi. Sehingga perkembangan bayi yang pesat di bulan ke 3 kehamilan ibu hamil harus didukung dengan asupan makanan bergizi dan nutrisi yang seimbang.

Asupan makanan yang baik untuk ibu hamil sangatlah penting. Karena pada usia kehamilan 3 bulan, janin terus berkembang menyempurnakan bentuk anggota tubuhnya. Hati dan ginjal mulai berfungsi dan sidik jari mulai terbentuk. Serta syaraf syaraf bayi berkembang dengan pesat.

Pada bulan ke 3 akhir kehamilan, bayi Anda sudah mengalami cegukan yang normal untuk dapat memperkuat otot dan bagian pernafasannya. Bahkan di bulan ke 3 kehamilan, ibu hamil sudah dapat memeriksakan penyakit keturunan. Caranya dengan mengambil sample sel plasenta melalui leher dan perut.

Sehingga ibu hamil harus bisa memilih jenis makanan yang baik untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda pada usia 3 bulan. Maka tidaklah heran bila pemilihan makanan sehat untuk ibu hamil pada bulan ke 3 kehamilan ini harus yang banyak mengandung vitamin B, vitamin D, kalsium, magnesium dan Omega 3.

Meskipun sebenarnya dari semua nutrisi dan vitamin tersebut sudah terdapat pada makanan yang kita makan sehari-hari. Namun bagi ibu hamil 3 bulan harus menjamin kebutuhan nutrisi dan vitamin dari makanan yang konsumsi sudah mengikuti aturan makan 4 sehat 5 sempurna.

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 3 Bulan

Selain menu makana4 sehat 5 sempurna sebagai makanan yang baik untuk ibu hamil 3 bulan. Ibu hamil juga harus menjamin kebutuhan gizi dan vitamin bayi Anda. Untuk itu, ada baiknya ibu hamil lebih memfokuskan makanan yang mengandung vitamin B6, B12, D, Kalsium dan Magnesium. Berikut ini makanan yang baik untuk ibu hamil 3 bulan.

  1. Vitamin B6
  2. Vitamin B12
  3. Vitamin D
  4. Kalsium
  5. Omega 3
  6. Magnesium
  7. Sayuran Berwarna

Makanan yang Mengandung Vitamin B6

makanan yang baik untuk ibu hamil 3 bulan

Biasanya sebagian ibu hamil sudah tidak mengalami mual muntah setelah kehamilan memasuki bulan ke-3. Namun bila ibu hamil masih mengalaminya, vitamin B6 ini bisa mengurangi rasa mual muntah tersebut.

Makanan sehat untuk ibu hamil 3 bulan seperti Vitamin B6 banyak terdapat pada buah alpukat, pisang, beras merah, jagung, kacang, gandum, ikan, ayam dan daging.

Makanan Mengandung Vitamin B12

Vitamin B12 merupakan makanan sehat untuk ibu hamil 3 bulan yang sangat penting. Teruntama untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan syaraf bayi. Meskipun jumlah asupan yang dibutuhkan untuk ibu hamil ini tidak terlalu banyak. Namun kekurangan vitamin B12 ini dapat menyebabkan anemia dan kerusakan syaraf.

Untuk memenuhi asupan gizi vitamin B12 ini ibu hamil bisa mendapatkannya dengan memakan kacang kedelai dan daging untuk mendapatkan vitamin B12 tersebut.

Makanan yang Mengandung Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang dibutuhkan untuk ibu hamil Bahkan vitamin ini sangat dibutuhkan sejak awal kehamilan. Sehingga ibu hamil disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Karena vitamin ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang.

Selain itu ibu hamil membutuhkan vitamin D untuk dapat mencerna kalsium. Serta membantu ibu hamil untuk mengatasi gangguan kehamilan yang seringkali dirasakan di akhir bulan ke 3 kehamilan, yaitu insomnia.

Maka disarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi asparagus yang megandung vitamin D untuk membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan bayinya. Selain itu juga jika aroma dari asparagus bisa mengatasi rasa mual muntah.

Vitamin D juga bisa ibu hamil dapatkan dengan berjemur dibawah terik matahari pagi selama setengah jam sehari. Tapi jangan berjemur secara berlebihan ya? Untuk mengurangi resiko terkena kanker kulit.

Makanan Mengandung Kalsium

Makanan mengandung kalsium merupakan makanan sehat untuk ibu hamil 3 bulan. Oleh sebab itu, jika ibu hamil tidak mengkonsumsi mencukupi asupan makanan berkalsium, maka tentu tubuh ibu hamil akan defisit. Akibatnya, bayi akan mengambil kebutuhan kalsiumnya dari tulang ibunya untuk memenuhi kebutuhan janin.

Selain itu, ibu hamil pun akan berisiko mengalami pengeroposan tulang, yaitu osteoporosis dikemudian hari. Mak dari itu ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang mengandung kalisium yang cukup.

Sayuran hijau miliki sumber kalsium hingga zat besi yang baik untuk ibu hamil. Tahu dan tempe juga memiliki sekitar 434 mg kalsium per porsinya. Selain itu, keju bisa menjadi pilihan makanan dengan kalsium yang baik selain mengkonsumsi susu berkalsium sekitar 300 mg dalam satu gelas atau Yoghurt.

Makanan yang Mengandung Omega 3

Makanan yang mengandung Omega 3 juga salah makanan yang baik untuk ibu hamil 3 bulan. Omega 3 ini sangat penting untuk pertumbuhan otak dan mata bayi. Kandungan Omega 3 ini banyak terdapat pada ikan salmon, sarden, makarel, kacang kedelai, telur, tahu, sayuran hijau, keju dan susu.

Salah satunya ikan salmon yang mengandung berbagai macam gizi. Kandungan gizi yang utama yang terdapat di dalam ikan salmon adalah asam lemak omega 3, kalsium dan vitamin D.

Ikan salmon juga merupakan jenis ikan yang aman di konsumsi untuk ibu hamil. Karena kandungan merkurinya yang rendah, bahkan kadar merkurinya mendekati tidak ada. Selain itu ikan salmon sangat kecil menimbulkan alergi.

Makanan Mengandung Magnesium

Sama halnya seperti kalsium, Magnesium ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang. Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa asupan magnesium pada trimester pertama kehamilan wanita sangat berpengaruh pada berat, panjang dan lingkar kepala bayi setelah lahir.

Selain itu, zat magnesium juga sangat penting untuk pembentukan otot bayi, termasuk otot rahim. Kandungan magnesium ini banyak terdapat pada sayuran hijau, buah melun, kacang, kacang kedelai dan gandum.

Sayuran Berwarna

Kombinasi makanan sehat untuk ibu hamil melalui warna makanan juga baik untuk ibu hamil 3 bulan. Untuk mendapatkan berbagai vitamin dan mineral secara lengkap, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi makanan berdasarkan warnanya.

Metode ini disebut Diet Pelangi. Karena menganjurkan ibu hamil untuk makan sayuran setidaknya 1 jenis saja dari setiap warna sayuran setiap harinya. Misalnya, dalam 1 hari Anda makan minimal 1 makanan berwarna merah. Lalu esoknya makan sayuran berwarna jingga, kuning, hijau dan ungu saja.

Sayuran dengan berbagai warna juga memiliki manfaat untuk mengurangi rasa mual muntah. Morning sickness ini sangat menggangu ibu hamil pada awal kehamilan, sehingga dapat mengurangi nafsu makan.

Dengan mengkonsumsi sayuran hijau, maka ibu hamil bisa mengurangi gejala rasa mual muntah yang sering ibu hamil alami dibulan ke 2-4 kehamilan. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil dan janin.

Share Artikel ini Agar Bermanfaat untuk Orang Lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like