7 Makanan Sehat yang Baik untuk Ibu Hamil 4 Bulan

makanan ibu hamil 4 bulan

Makanan Ibu Hamil 4 Bulan : Ketika kehamilan masuk pada usia 4 bulan kehamilan, maka ibu hamil akan merasa sangat senang. Energi tubuh ibu hamil seperti kembali lagi dan dapat makan apa saja. Sehingga ibu hamil bisa melanjutkan makan makanan sehat untuk ibu hamil 4 bulan selanjutnya. Agar gangguan ibu hamil cepat lelah seperti pada bulan sebelumnya tidak terlalu parah.

Pada perkembangan janin 4 bulan, maka bayi sudah memiliki bentuk seutuhnya. Beberapa organ seperti jari tangan, jari kaki, jantung, ginjal, paru-paru, sumsum tulang belakang, otak, mata dan semua organ kelamin bayi sudah terbentuk.

Pada bulan ke 4 kehamilan, organ penglihatan bayi yaitu bagian kornea, iris, lensa dan juga retina sudah berfungsi. Kemampuan bayi dalam organ penglihatan akan meningkat, ketika janin mengedipkan mata dan peka pada cahaya. Selanjutnya untuk organ pendengaran berupa telinga bayi sudah menempati posisinya.

Pada umur 16 minggu, alat kelamin bayi semakin berkembang nyata dan mulai tampak melihat. Bahkan di minggu akhir bulan ke 4 kehamilan, bayi sudah dapat mendengar denyut jantung, suara perut dan suara ibu hamil. Secara fisik pada bulan ke 4 kehamilan, ibu hamil semakin terlihat perubahan.

Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi di usia kehamilan 4 bulan. Tubuh ibu hamil juga membutuhkan asupan kalsium dan nutrisi lainnya yang lebih banyak untuk membantu pembentukan tulang pada bayi.

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 4 Bulan

Makanan yang baik untuk ibu hamil 4 bulan yaitu makanan yang mengandung serat tinggi. Berikut ini jenis makanan yang baik untuk ibu hamil 4 bulan yang disarankan:

  1. Makanan Tinggi Serat
  2. Zat Besi
  3. Kalsium
  4. Protein
  5. Makanan Rendah Lemak
  6. Buah Buahan

Pada saat ibu hamil masuk usia 4 bulan kehamilan, biasanya ibu hamil masalah sembelit atau susah BAB. Hal ini disebabkan karena peningkatan HCG yang cukup tinggi.

Makanan Ibu Hamil yang Berserat Tinggi

makanan sehat ibu hamil 4 bulan, makanan bergizi ibu hamil 4 bulan, makanan yang baik untuk ibu hamil 4 bulan,

Pada awal bulan ke 4 kehamilan, ibu hamil dapat mengkonsumsi lebih banyak serat. Karena kondisi fisik yang semakin berubah di bulan ke 4 ini seringkali menimbulkan keluhan. Untuk mengurangi keluhan selama kehamilan yang berhubungan dengan pencernaan, maka ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan berserat untuk mengurangi risiko sembelit.

Ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti dari kelompok buah yaitu: Apel, Jeruk, Pir, Pisang, Stroberi dan Raspberi. Dari kelompok padi-padian yaitu: Beras merah, Roti gandum dan Oatmeal.

Dari kelompok Kacang-kacangan yaitu ada Almon, Kacang hijau dan jenis kacang-kacangan lainnya. Untuk kelompok Sayuran ada Brokoli, Lobak hijau, Jagung manis, Kentang, Tomat dan Wortel.

Makanan Ibu Hamil yang Mengnadung Zat Besi

Zat besi sangat penting untuk ibu hamil yang masuk usia 4 bulan. Karena ibu hamil 4 bulan mudah terserang anemia, sehingga ibu hamil harus dapat menjaga asupan zat besi yang cukup. Manfaat zat besi untuk ibu hamil ini diantaranya, untuk membantu pertumbuhan janin.

Membantu tubuh ibu untuk memproduksi sel darah merah yang bisa mencegah anemia pada ibu hamil. Serta dapat membantu cacat janin dalam kandungan. Zat besi juga bisa membuat ibu hamil agar tidak cepat lelah, sehingga ibu hamil menjadi tetap sehat dalam melewati kehamilan usia 4 bulan.

Berikut ini ada berbagai makanan yang mengandung zat besi tinggi yang disarankan agar slalu dikonsumsi ibu hamil 4 bulan secara rutin. Beberapa diantaranya yaitu: Pisang, Kurma, Labu, Buncis, Bayam, Kacang Polong, Kedelai, Sereal dan Hati Hewani.

Baca : Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Makanan Ibu Hamil yang Mengandung Kalsium

Makanan yang mengandung kalsium juga sangat dibutuhkan ibu hamil 4 bulan. Bahkan kalsium sudah sangat dibutuhkan pada awal kehamilan wanita. Peranan kalsium ini sangat penting untuk tumbuh kembang tulang rawan pada bayi.

Ibu hamil bisa menculupi nutrisi kalsium yang cukup dengan mengkonsumsi keju, susu dan sayuran yang berdaun hijau. Susu juga mengandung kalsium dan vitamin D yang sangat penting untuk membantu pembentukan tulang pada bayi. Mengkonsumsi kalsium dapat mengurangi resiko kalsium yang terambil oleh bayi didalam tubuh ibu.

Baca : Makanan yang Dilarang Dimakan Ibu Hamil

Makanan Ibu Hamil yang Mengandung Protein

Makanan yang mengandung protein merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil 4 bulan. Selama perkembangan janin didalam kandungan, ibu hamil sangat membutuhkan protein. Makanan yang mengandung protein selalu dibutuhkan oleh ibu hamil untuk proses pembelahan sel.

Oleh karena itu, agar setiap ibu hamil mengkonsumsi makanan pastikan makanannya mengandung sumber protein nabati atau protein hewani. Ibu hamil dapat memilih bahan makanan yang mengandung sumber protein ini pada sayuran, buah-buaham, telur dan susu.

Baca : Makanan Sehat Ibu Hamil 2 Bulan

Makanan Rendah Lemak

Berat badan ibu hamil akan mulai meningkat pada usia kehamilan bulan ke 4. Sehingga asupan lemak pada ibu hamil harus dikontrol. Ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan yang rendah lemak sebagai menu makanan harian.

Ibu hamil 4 bulan juga sangat membutuhkan asam lemak esensial tinggi untuk mencegah kelahiran prematur. Maka pilihlah susu yang rendah lemak dan daging tanpa lemak yang baik untuk kesehatan sehingga baik di bulan ke 4 kehamilan. Termasuk semua jenis makanan yang mengandung asam lemak esensial tinggi dan makanan yang kaya dengan omega 3, omega 6 dan omega 9.

Baca : Makanan Ibu Hamil 3 Bulan

Buah-Buahan untuk Ibu Hamil 4 Bulan

Buah buahan juga merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil. Karena asupan vitamin dan mineral dari buah-buahan dapat menyehatkan ibu hamil. Selain itu buah juga menyumbang nutrisi seperti air dan serat.

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah segar, karena lebih alami dan tidak mengandung bahan pengawet. Beberapa jenis buah yang baik untuk ibu hamil adalah sebagai berikut: Alpukat, Anggur, Apel, Jeruk manis, Lemon, Pisang dan kelompok buah beri, seperti ceri, raspberi, stroberi dan blueberi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like