6 Makanan Sehat Bergizi yang Baik untuk Ibu Hamil 5 Bulan

makanan ibu hamil 5 bulan

Makanan Ibu Hamil 5 Bulan : Pada bulan ke 5 kehmilan, tubuh ibu hamil akan membutuhkan lebih banyak Vitamin A, Kalsium dan Omega 3. Memasuki 5 bulan kehamilan, selera makan ibu hamil biasanya sudah membaik, meski ada sebagian wanita yang mengalami rasa mual dan muntah yang lebih lama.

Ketika usia kehamilan memasuki bulan ke 5, perubahan fisik ibu hamil sudah mulai terlihat. Berat badan ibu hamil juga semakin meningkat dan perut ibu hamil semakin membesar dan ibu hamil sudah mulai merasakan bahagia dari kehamilannya.

Selain itu yang membuat ibu hamil merasa bahagia di bulan ke 5 kehamilan ini karena ibu hamil sudah bisa melakukan ultrasound scan yang istimewa. Manfaat melakukan ultrasound scan anda dapat mendapatkan gambaran candid bayi.

Pada usia kehamilan ibu hamil memasuki bulan ke 5, perkembangan bayi sudah memasuki periode yang aman. Meskipun masih memiliki risiko keguguran yang bisa saja terjadi pada ibu hamil 5 bulan.

Memasuki bulan ke 5 kehamilan, bayi sudah mengalami pertumbuhan yang signifikan dan bayi juga sudah mulai aktif dan sensitif. Meski usia kandungan sudah 5 bulan, ibu hamil harus tetap menjaga dan menjalankan pola hidup yang sehat. Serta tetap mengkonsumsi makanan sehat mengandung nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan janin dan ibu hamil.

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil 5 Bulan

Ketika usia kehamilan ibu hamil sudah 5 bulan, ibu hamil harus tetap makan makanan sehat bergizi yang baik untuk ibu hamil 5 bulan. Beberapa makanan sehat bergizi yang baik untuk ibu hamil 5 bulan yaitu:

  1. Vitamin A
  2. Vitamin C
  3. Vitamin D
  4. Kalsium
  5. Zat Besi
  6. Omega 3

Makanan Ibu Hamil yang Mengandung Vitamin A

makanan bumil 5 bulan, makanan bergizi ibu hamil 5 bulan, makanan sehat ibu hamil 5 bulan, makanan yg baik ibu hamil 5 bulan,

Vitamin A merupakan makanan bergizi untuk ibu hamil 5 bulan. Vitamin A berfungsi untuk mendukung perkembangan penglihatan bayi, serta pertumbuhan kulit dan tulang bayi. Selain itu, Vitamin A juga memiliki fungsi dalam menunjang pertumbuhan bayi dan sebagai imunitas pada bayi.

Fungsi kandungan antioksidan pada Vitamin A juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil, sehingga ibu hamil tidak mudah sakit.

Oleh karena itu, ibu hamil 5 bulan sangat disarankan untuk mengkonsumsi Vitamin A dalam bentuk betakaroten yang banyak terdapat pada sayuran dan buah. Namun, konsumsilah Vitamin A dengan jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

Ibu hamil bisa mendapatkan nutrisi Vitamin A dari bahan makanan seperti buah apel, buah naga, pepaya, wortel, tomat dan bayam. Kebutuhan Vitamin A untuk ibu hamil ini menurut AKG 2013 adalah 800-850 mcg. Asupan maksimal Vitamin A dalam sehari adalah 1000 mcg.

Namun ingat, jangan mengkonsumsi Vitamin A melebihi dari angka maksimal ini! Karena jika ibu hamil kelebihan Vitamin A dapat membahayakan bayi. Karena alasan inilah, WHO tidak menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi suplemen Vitamin A yang tanpa resep dokter.

Makanan Ibu Hamil yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C merupakan makanan sehat yang baik untuk ibu hamil 5 bulan. Karena kandungan vitamin c dapat melindungi sel dan jaringan tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin c juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan ibu hamil dan janin.

Selain itu, Vitamin C juga bisa membantu penyerapan zat besi. Sehingga dapat membantu ibu hamil terhindar dari penyakit anemia yang merupakan salah satu penyakit yang paling umum dialami oleh ibu hamil.

Sedangkan kebutuhan Vitamin C untuk ibu hamil adalah sebesar 85 mg setiap harinya menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG 2013). Kebutuhan Vitamin C harian ini dapat dipenuhi dari berbagai macam sayur dan buah yang kita makan sehari-hari. Seperti dari buah pepaya, mangga, jeruk, stroberi, tomat, kentang, brokoli, kol brussel, paprika merah maupun paprika hijau.

Baca : Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Makanan Ibu Hamil yang Mengandung Vitamin D

Melengkapi makanan bergizi untuk ibu hamil 5 bulan dengan Vitamin D juga sangat baik bagus untuk ibu hamil. Karena kandungan Vitamin D dapat membantu dalam penyerapan kalsium secara maksimal.

Asupan Vitamin D sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi yang masih dalam kandungan. Vitamin D juga dapat mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh yang dibutuhkan untuk menjaga agar tulang dan gigi tetap sehat.

Vitamin D ini bisa ibu hamil dapatkan dari mengkonsumsi susu, kuning telur atau hati ikan. Selain itu, kebutuhan vitamin D ini bisa ibu hamil penuhi melalui sinar matahari, yang merupakan sumber vitamin D paling baik. Kebutuhan Vitamin D untuk ibu hamil ini menurut AKG 2013 adalah 15 mcg.

Baca : Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Makanan Ibu Hamil yang Berkalisum

Makanan berkalsium juga makanan yang bagus untuk ibu hamil 5 bulan. Seperti yang Kita ketahui, kalsium merupakan mineral yang sangat dibutuhkan untuk membangun tulang yang kuat. Selama masa hamil, kebutuhan kalsium ibu hamil akan bertambah. Karena kalsium diperlukan untuk membangun tulang dan gigi bayi dalam kandungan.

Gigi sebenarnya sudah terbentuk saat bayi masih dalam kandungan. Namun, gigi bayi baru muncul dari dalam gusi ketika bayi sudah beranjak usia sekitar 5 bulan. Tidak hanya untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi, kalsium juga diperlukan untuk membantu pertumbuhan saraf, otot dan hati bayi.

Dengan mengkonsumsi kalsium yang cukup, maka ibu hamil akan terhindar dari Osteoporosis. Sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kalsium yang diambil dati tulang. Ibu hamil bisa mengkonsumsi susu di bulan ke 5 kehamilan, karena pada bulan ke 5 kehamilan ibu hamil sudah tidak mengeluhkan mual dan muntah lagi.

Baca : Makanan Sehat Ibu Hamil Muda

Makanan Ibu Hamil yang Mengandung Zat Besi

Asupan gizi ibu hamil 5 bulan lainnya yaitu zat besi. Mengapa ibu hamil sangat penting untuk menjaga kadar zat besi selama kehamilan? Karena jika ibu hamil tidak mencukupi asupan zat besi dalam menu makan harian, maka ibu hamil akan mudah merasa lelah. Selain itu, resiko bayi lahir dengan berat dibawah normal juga akan meningkat.

Zat besi ini berfungsi untuk membentuk hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke organ-organ dan jaringan tubuh. Pada ibu hamil, tubuh akan memproduksi persediaan darah tambahan untuk ibu hamil dan bayinya.

Sehingga tubuh ibu hamil akan membutuhkan zat besi tambahan untuk pembentukan persediaan darah tersebut dan juga untuk mendukung percepatan pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Jika ibu hamil tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup dari makanan, maka tubuh bayi secara bertahap akan mengambilnya dari penyimpanan zat besi dari tubuh ibunya, sehingga dapat berisiko meningkatkan anemia.

Meskipun kekurangan zat besi selama kehamilan ini sangat umum terjadi. Namun ibu hamil bisa mengkonsumsi zat besi yang terdapat didalam ikan, daging atau hati hewani. Namun, lengkapi juga dengan mengkonsumsi Vitamin C yang akan membantu dalam penyerapan zat besi. Serta untuk membantu untuk melindungi jaringan dan membantu ibu hamil memberikan anti oksidan.

Baca : Makanan Sehat Ibu Hamil 3 Bulan

Makanan yang Mengandung Omega 3

Omega 3 juga makanan sehat untuk ibu hamil 5 bulan keatas. Karena dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung Omega 3 ini akan mendukung perkembangan otak bayi. Sehingga dapat menunjang kebutuhan nutrisi dan gizi bayi selama didalam kandungan.

Makanan yang mengandung gizi Omega 3 bisa ibu hamil dapatkan dari berbagai macam bahan makanan. Seperti dari mengkonsumsi telur, kacang kedelai, ikan salmon, makarel, sarden atau sayuran hijau. Meskipun sebenarnya, ibu hamil ini harus mengkonsumsi dan mencukupi kebutuhan asupan omega 3 ini mulai dari bulan ke 1 kehamilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like