9 Makanan Sehat Bergizi yang Baik untuk Ibu Hamil 6 Bulan

makanan ibu hamil 6 bulan

Makanan Ibu Hamil 6 Bulan : Pada bulan ke 6 kehamilan, ibu hamil biasanya sudah tidak lagi mengalami rasa mual dan muntah. Namun rasa lapar ibu hamil mulai meningkat. Sehingga makanan sehat yang baik untuk ibu hamil 6 bulan harus terpenuhi. Hal ini disebabkan karena bayi yang ada didalam kandungan ibu hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk menunjang pertumbuhnya.

Ketika ibu hamil 6 bulan merasa selalu lapar dan ingin makan ini merupakan hal yang wajar bagi ibu hamil yang usia kehamilannya sudah ke 6 bulan. Meskipun demikian, ibu hamil harus tetap selektif dalam memilih makanan sehat apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan. Karena biar bagaimanapun, segala sesuatu yang ibu hamil makan akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan bayinya.

Pertumbuhan tubuh dan otak bayi pada usia 6 bulan semakin pesat. Tulang bayi akan semakin kuat, bahkan jemari dan lengan bayi pun semakin berkembang baik. Karena pada usia 6 bulan ini, bayi sudah mengisi ruang uterus ibu. Hal inilah yang membuat fisik ibu hamil semakin terlihat.

Pembuluh darah bayi akan semakin berkembang, begitu juga dengan saluran nafasnya. Mulut serta bibir bayi juga sudah mulai menunjukan sensitifitasnya. Bayi Anda juga sudah mendengar suara ibunya. Sehingga bisa memberikan stimulasi sangat baik dilakukan untuk membantu perkembangan bayi Anda.

Selain memberikan stimulasi, hal yang tidak kalah pentingn yaitu, ibu hamil harus tetap mencukupi kebutuhan nutrisi bayi pada bulan ke 6 kehamilan. Sehingga, ibu hamil harus makan makanan sehat bergizi yang baik untuk ibu hamil 6 bulan. Agar ibu hamil dan bayinya tetap sehat sampai terlahir nanti.

Makanan Sehat Ibu Hamil 6 Bulan

Makanan sehat yang baik untuk ibu hamil 6 bulan adalah makanan yang mengandung Vitamin, Karbohidrat, Protein dan Omega 3. Selain standar makan 4 sehat 5 sempurna, ibu hamil 6 bulan harus menambah asupan nutrisinya untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungannya. Yaitu:

  1. Sayuran Hijau
  2. Buah Buahan
  3. Protein
  4. Karbohidrat
  5. Ikan Salmon
  6. Daging Tanpa Lemak
  7. Ubi Jalar
  8. Susu dan Produknya
  9. Air Putih

Sayuran Hijau untuk Ibu Hamil 6 Bulan

makanan ibu hamil 6 bulan, makanan sehat ibu hamil 6 bulan, makanan bergizi ibu hamil 6 bulan, makanan yang baik untuk ibu hamil 6 bulan,

Sayuran hijau merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil 6 bulan. Semua ibu juga tentunya sudah mengetahuinya. Bahwa sayuran itu sangat baik bagi kesehatan, terutama bagi ibu hamil yang sedang hamil 6 bulan. Untuk tetap menjaga kesehatan ibu hamil dan bayinya, ibu hamil dapat mengkonsumsi sayuran hijau.

Bagi ibu hamil yang sudah terbiasa mengkonsumsi sayuran ini makan akan membuat bayi Anda mudah menerima sayuran. Terutama pada masa pemberian makanan pendamping ASI.

Oleh sebab itu, pastikan ibu hamil untuk mengkonsumsi berbagai jenis sayuran. Seperti asparagus, bayam, buncis, wortel, tomat, labu, lobak, terong dan kol.

Buah Buahan untuk Ibu Hamil 6 Bulan

Selain sayuran, buah juga merupakan makanan sehat bergizi yang baik untuk ibu hamil 6 bulan. Karena buah-buahan sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan bayinya.

Oleh sebab itu, mengapa ibu hamil dianjurkan agar mengkonsumsi berbagai jenis buah seperti apel, anggur, jeruk, pisang, pir dan kiwi. Tujuannya agar ibu hamil dan bayi dalam kandungannya tetap terjada kesehatannya.

Makanan Mengandung Protein

Protein merupakan nutrisi penting yang baik untuk ibu hamil 6 bulan. Telur merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil 6 bulan. Karena telur banyak mengandung vitamin, protein dan mineral. Telur juga mengandung kolin yang bisa membantu pertumbuhan bayi.

Namun bagi ibu hamil yang ingin mengkonsumsi telur, sebaiknya hindari makan telur mentah atau telur setengah matang. Ibu hamil juga bisa mengkonsumsi daging tanpa lemak sebagai asupan makanan sehat bergizinya selain telur.

Bahkan akan lebih baik jika ibu hamil tidak mengkonsumsi terlalu banyak daging, terutama daging merah. Maka konsumsilah telur, tahu, ikan dan daging tanpa lemak untuk mencukupi kebutuhan nutrisi protein Anda. Karena berbagai makanan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi Anda.

Makanan Mengandung Karbohidrat

Karbohidrat juga makanan sehat yang bagus untuk ibu hamil 6 bulan. Bagi ibu hamil ini sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi 1-2 porsi karbohidrat setiap harinya semenjak awal kehamilan.

Namun untuk berapa banyak karbohidrat yang harus dikonsumsinya ini tergantung pada berapa pesat peningkatan berat badan pada ibu hamil.

Untuk mencukupi asupan karbohidrat ibu hamil, maka konsumsilah biji-bijian, kacang, kentang, jagung dan oatmeal. Selain mengandung karbohidrat, berbagai makanan tersebut juga sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan bayinya.

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan makanan sehat dan bergizi yang baik untuk ibu hamil 6 bulan. Karena kandungan ikan salmon yang terdiri dari omega 3 ini akan berfungsi untuk menjaga kesehatan janin didalam kandungan ibu hamil.

Namun ibu hamil harus tetap memperhatikan pilihan ikan laut yang akan dikonsumsinya, jangan sampai memilih jenis ikan yang banyak mengandung merkurinya. Karena zat merkuri dapat menggangu perkembangan saraf bayi.

Sehingga dengan mengkonsumsi ikan salmon ini selain karena memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk ibu hamil 6 bulan, juga termasuk kedalam jenis ikan laut yang rendah merkuri. Sehingga ibu hamil bisa mengkonsumsinya dengan porsi yang sesuai kebutuhan, antara 12 ons per/minggu.

Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak juga jenis makanan yang baik untuk ibu hamil 6 bulan. Meski terkadang ibu hamil harus memperhatikan berat badan tubuhnya selama kehamilan. Namun bukan berarti ibu hamil 6 bulan tidak boleh makan daging tanpa lemak.

Akan tetapi, ibu hamil hanya saja harus membatasi pilihan makanannya yang tepat untuk asupan nutrisinya. Maka pilihlah daging tanpa lemak sebagai asupan kebutuhan gizi harian ibu hamil. Karena daging tanpa lemak sangat baik untuk ibu hamil 6 bulan.

Ubi Jalar

Ubi jalar juga makanan yang bagus untuk ibu hamil 6 bulan. Untuk ubi jalar yang berwarna orange ini banyak mengandung karatenoid dan mengandung vitamin A.

Kandungan folat dan vitamin C pada ubi jalar dapat membantu perkembangan bayi dan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Ubi jalar dapat ibu hamil konsumsi dengan direbus atau dijadikan makanan tambahan untuk sayur bening.

Susu dan Produknya

Susu dan produknya juga merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil 6 bulan. Jika pada periode kehamilan sebelumnya ibu hamil tidak bisa mengkonsumsi susu dan produknya. Maka pada usia kehamilan ke 6 bulan ini saat yang tepat untuk ibu hamil mulai mengkonsumsinya.

Karena rasa mual dan muntah ibu hamil di usia kehamilan 6 bulan ini sudah mulai berkurang. Pada usia kehamilan 6 bulan ini ibu hamil membutuhkan banyak kalsium untuk perkembangan tulang bayi Anda. Oleh karena itu, konsumsilah susu, keju dan yogurt untuk mencukupi kebutuhan kalsium Anda.

Air Putih

Selain berbagai jenis makanan sehat bergizi yang baik untuk ibu hamil 6 bulan diatas. Ibu hamil juga harus tetap mengkonsumsi banyak air putih dan juga jus buah segar selama kehamilan memasuki umur ke 6 bulan.

Namun sangat dianjurkan hanya untuk mengkonsumsi 6-8 gelas air putih saja setiap harinya untuk menghindari dehidrasi pada tubuh ibu hamil 6 bulan. Agar ibu hamil dan bayi tetap terjaga keseimbangan kesehatannya.

Share Artikel ini Agar Bermanfaat untuk Orang Lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like