10 Makanan Sehat Bergizi yang Baik untuk Ibu Hamil 7 Bulan

makanan ibu hamil 7 bulan

Makanan Ibu Hamil 7 Bulan : Memasuki 7 bulan kehamilan, semua anggota tubuh bayi sudah terbentuk. Sehingga ibu hamil harus tetap mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi yang baik untuk ibu hamil 7 bulan. Karena perkembangan bayi pada usia 7 bulan ini sangat pesat. Ibu hamil harus tetap makan makanan sehat yang baik untuk ibu hamil dan bayi, agar bayi Anda tetap sehat dan tidak lahir prematur.

Pada kehamilan ke 7 bulan ini ada beberapa hal lain yang bisa terjadi, seperti terjadinya pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki ibu hamil. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi yang tepat.

Pada bulan ke 7 kehamilan, rambut bayi sudah mulai tumbuh. Begitu juga dengan alis dan bulu mata bayi. Pada usia kehamilan 7 bulan ini, mata bayi sudah mulai terbuka, selain itu juga lemak sudah mulai tersimpan didalam tubuh bayi.

Karena perkembangan bayi akan semakin mendesak didalam tubuh ibu hamil, sehingga menimbulkan beberapa keluhan pada ibu hamil. Seperti sering buang air kecil, kram kaki, nyeri pada bagian pinggang, bahkan sakit kepala.

Sehingga selama bukan ke 7 kehamilan ini ibu hamil harus tetap menjaga asupan nutrisinya, yaitu dengan tetap makan makanan sehat bergizi yang baik untuk ibu hamil 7 bulan. Agar ibu hamil dapat mengurangi keluhan kehamilan yang sering trjadi pada ibu hamil 7 bulan.

Makanan Sehat yang Baik untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Pola makan 4 sehat 5 sempurna merupakan makanan sehat bergizi yang baik untuk ibu hamil 7 bulan. Namun ibu hamil 7 bulan harus menambah asupan makanan bergizi lainnya agar nutrisi untuk ibu hamil dan bayi tetap tercukupi. Tambahan asupan nutrisi lainnya yaitu:

  1. Asam Folat
  2. Makanan Tinggi Serat
  3. Kalsium
  4. Magnesium
  5. Zat Besi
  6. Kalori
  7. Vitamin B
  8. Yodium
  9. DHA
  10. Buah Buahan

Makanan Mengandung Asam Folat

makanan ibu hamil 7 bulan, makanan sehat ibu hamil 7 bulan, makanan bergizi ibu hamil 7 bulan, makanan untuk janin 7 bulan,

Asam folat merupakan nutrisi yang harus tetap dikonsumsi oleh ibu hamil 7 bulan. Bahkan harus dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan. Pada usia kehamilan 7 bulan, mengkonsumsi asam folat bisa membantu menurunkan risiko terjadinya kelainan saraf pada bayi dalam kandungan ibu hamil.

Berbagai banyak sekali jenis makanan yang mengandung banyak asam folat. Beberapa diantaranya yaitu sayuran berdaun hijau, buah-buahan seperti jeruk dan strawberi, serta oatmeal. Maka ibu hamil 7 bulan dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 600-800 mg asam folat setiap harinya.

Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat tinggi juga merupakan makanan sehat yang baik untuk ibu hamil 7 bulan. Karena makanan berserat tinggi ini berfungsi untuk mencegah terjadinya sembelit. Sembelit ini memang sering terjadi pada ibu hamil 7 bulan.

Maka dari itu mengapa ibu hamil 7 bulan harus mengkonsumsi makanan yang banyak seratnya. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi serat ini ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran, buah, kacang-kacangan dan gandum. Namun jangan lupa juga untuk tetap mengkonsumsi air putih yang cukup.

Baca : Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda 1 Bulan

Jenis Makanan Ibu Hamil Berkalsium

Makanan berkalsium juga makanan sehat bergizi yang baik untuk ibu hamil 7 bulan. Kalsium merupakan zat yang sangat penting untuk ibu hamil, terutama saat ibu hamil memasuki kehamilan 7 bulan. Hal ini dikarenakan pada bulan ke 7 kehamilan inilah tulang tulang bayi Anda sedang mengalami perkembangan.

Oleh karena itu, ibu hamil 7 bulan sangat dianjurkan agar mengkonsumsi minimal 1.000 mg kalsium setiap harinya. Berbagai jenis makanan yang mengandung banyak kalsium yaitu ikan salmon, susu dan produknya, termasuk oatmeal.

Kandungan Magnesium pada Makanan Ibu Hamil

Makanan yang mengandung magnesium juga makanan yang baik untuk ibu hamil 7 bulan. Magnesium ini akan membantu penyerapan kalsium yang ibu hamil konsumsi. Sehingga akan membantu mengatasi kram kaki, melemaskan otot dan mencegah terjadinya kelahiran bayi prematur.

Maka saat ibu hamil 7 bulan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi magnesium sekitar 350-400 mg magnesium setiap harinya. Ada berbagai jenis makanan yang mengandung banyak magnesium, diantaranya adalah kacang almond, kacang hitam, barley dan biji labu.

Baca : Makanan Sehat Ibu Hamil 5 Bulan

Makanan yang Mengandung Zat Besi

Nutrisi zat besi juga makanan bergizi untuk ibu hamil 7 bulan. Pada usia kehamilan ke 7 bulan, mengkonsumsi tambahan zat besi sangat penting untuk mencegah terjadinya anemia. Terutama pada saat ketika ibu hamil mengalami perdarahan saat melahirkan nanti.

Ibu hamil 7 bulan butuh sekitar 27 mg zat besi setiap harinya. Ibu hamil dapat mencukupi kebutuhan zat besinya dengan mengkonsumsi beras, biji-bijian, kacang-kacangan, daging unggas atau daging merah.

Makanan Berkalori untuk Ibu Hamil

Pada kehamilan memasuki ke 7 bulan, ibu hamil juga membutuhkan tambahan kalori. Untuk memenuhi kebutuhan kalori bagi ibu hamil 7 bulan ini bisa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil.

Ada beberapa makanan yang mengandung kalori tinggi, seperti nasi, kentang, singkong dan umbi-umbian. Mengkonsumsi kalori yang tepat sesuai dengan porsi yang dibutuhkan oleh ibu hamil 7 bulan akan membantu dalam mengontrol berat badan ibu hamil. Serta dapat mengurngi keluhan ibu hamil selama kehamilan pada usia 7 bulan.

Baca : Makanan yang Dilarang Dimakan Ibu Hamil

Vitamin B untuk Ibu Hamil

Asupan Vitamin B juga makanan yang bagus untuk ibu hamil 7 bulan. Vitamin B sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil 7 bulan. Terutama nutrisi Vitamin B6 yang dapat membantu dalam proses kimia dengan bantuan enzim.

Selain itu, Vitamin B6 juga dapat membantu dalam proses metabolisme tubuh. Ibu hamil bisa melengkapi kebutuhan Vitamin B6 ini dari bahan makanan seperti ikan, ayam atau daging sapi.

Makanan Beryodium

Makanan yang mengandung yodium juga baik untuk ibu hamil 7 bulan. Fungsi dari yodium ini dapat membantu dalam pembentukan sel baru. Karena kandungan senyawa tiroksin yang ada pada yodium dapat membantu untuk mengurangi resiko tubuh bayi menjadi kerdil.

Meskipun hanya bisa mengkonsumsi yodium dalam jumlah yang sedikit. Namun ibu hamil 7 bulan harus tetap memperhatikan asupan makanan yang mengandung yodium. Nutrisi yodium ini terdapat seperti pada ikan laut atau garam dapur beryodium.

Baca : Makanan Sehat Ibu Hamil 3 Bulan

DHA

DHA merupakan makanan bergizi yang baik untuk ibu hamil 7 bulan. DHA merupakan asam lemak yang dapat berfungsi untuk membantu perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Untuk memenuhi asupan gizi DHA harian, ibu hamil 7 bulan dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 200 mg DHA setiap harinya. Kandungan nutrisi DHA ini bisa ibu hamil dapatkan didalam telur, jus buah maupun susu.

Buah Buahan untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Semua buah-buahan merupakan makanan yang baik untuk kesehatan. Manfaat yang di dapatkan oleh ibu hamil 7 bulan dengan mengkonsumsi pepaya adalah dapat mengurangi kondisi Heartburn. Kondisi Heartburn adalah kondisi dimana ibu hamil mengalami panas pada bagian perut.

Manfaat buah pepaya yaitu dapat membantu proses pencernaan tubuh. Sehinga dapat mengurangi asam hidrolarat lambung. Untuk memastikan zat besi yang ibu hamil peroleh dari makanan dapat terserap dengan baik yaitu: dianjurkan agar ibu hamil mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C. Seperti buah jeruk, melon, lemon, paprika dan brokoli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like