6 Makanan Sehat yang Baik untuk Ibu Hamil 8 Bulan

makanan ibu hamil 8 bulan

Makanan Ibu Hamil 8 Bulan : Saat usia kehamilan ibu hamil sudah memasuki 8 bulan, maka tidak lama lagi ibu akan bertemu dengan bayinya. Saat kehamilan sudah memasuki 8 bulan dan semakin mendekati masa persalinan, maka tubuh ibu hamil pun akan mengalami banyak perubahan. iIbu hamil 8 bulan akan mudah merasa lelah dan lebih sulit bergerak.

Selain itu, karena rahim ibu hamil 8 bulan sudah semakin membesar, maka rahim pun akan menekan lambung ibu hamil. Hal ini bisa membuat perut ibu hamil 8 bulan akan terasa tidak nyaman, bahkan bisa membuat ibu hamil mengalami Heartburn.

Untuk mencegah mengalami Heartburn, makan ibu hamil 8 bulan di anjurkan agar sering makan dengan porsi kecil. Namun jangan makan dalam waktu yang sangat dekat, agar ibu hamil bisa menjaga berat badannya tidak meningkat terlalu banyak.

Pada usia kehamilan memasuki 8 bulan, ibu hamil masih harus menjaga makanan sehat yang untuk ibu hamil 8 bulan. Selain untuk membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan bayinya, mengkonsumsi makanan sehat bergizi yang baik untuk ibu hamil juga penting. Agar ibu hamil dapat mencegah terjadinya peningkatan berat badan yang berlebihan pada kehamilan 8 bulan.

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 8 Bulan

Tetap makan makanan 4 sehat 5 sempurna sangat penting untuk ibu hamil 8 bulan. Namun ibu hamil tetap harus menambah asupan nutrisi yang baik untuk ibu hamil 8 bulan untuk tetap menjaga kesehatan ibu hamil dan bayinya. Beberpa diantarannya yaitu:

  1. Nasi Merah
  2. Kacang Kacangan
  3. Umbi Umbian
  4. Sayuran Warna Hijau dan Orange
  5. Buah Buahan
  6. Air Putih

Nasi Merah

makanan sehat ibu hamil 8 bulan, makanan yang baik untuk ibu hamil 8 bulan, makanan bumil 8 bulan,

Nasi merah merupakan makanan sehat untuk ibu hamil 8 bulan. Pada usia kehamilan 8 bulan ibu hamil harus tetap menjaga asupan nutrisi dan gizinya. Salah satunya tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori untuk membantu pertumbuhan bayi dan plasenta.

Mengapa ibu hamil 8 bulan disarankan mengkonsumsi beras merah? Karena selain memiliki kandungan serat yang untuk ibu hamil, beras merah juga bisa mengatasi sembelit yang biasanya dialami oleh ibu hamil menjelang persalinan. Untuk memperoleh asupan kalori ini ibu hamil bisa mengkonsumsi beras merah dan kacang-kacangan.

Kacang Kacangan

Kacang kacangan merupakan makanan yang bagus untuk ibu hamil 8 bulan. Kacang kedelai memiliki kandungan Vitamin B yang baik dan bermanfaat untuk ibu hamil 8 bulan. Vitamin B1 dan Vitamin B2 akan membantu dalam proses pembentukan metabolisme tubuh. Sedangkan untuk Vitamin B6 dan Vitamin B12 akan membantu dalam pembentukan sel darah merah dan DHA.

Manfaat Vitamin B6 lainnya yaitu bisa membantu dalam proses metabolisme yang berperan dalam sel saraf. Ibu hamil bisa melengkapi kebutuhan Vitamin B6 ini selain dari kacang kedelai saja. Namun bisa dengan menkonsumsi gandum, susu dan ikan.

Umbi Umbian

Umbi-umbian juga makanan sehat dan bergizi yang bagus untuk ibu hamil 8 bulan. Ubi banyak mengandung vitamin, terutama Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6, Serat, Kalium dan Zat Besi yang baik untuk ibu hamil 8 bulan. Sehingga ibu hamil perlu mencukupi nutrisinya dengan makanan yang mengandung serat alami untuk kelancaran pencernaan selama kehamilan.

Mengkonsumsi 350 gram ubi jalar sama dengan mengonsumsi sekitar 1922 mg Vitamin A. Atau sekitar 300% dari asupan rutin Vitamin A yang sangat di rekomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Sehingga, dengan mengkonsumsi ubi jalar saat hamil, Anda sudah memenuhi sebagian kebutuhan nutrisi. Namun ingat, jangan mengkonsumsi ubi berlebihan ya? Karena tidak baik untuk kehamilan.

Sayuran Warna Hiaju dan Orange

Sayuran berwarna hijau dan orang merupakan makanan sehat yang baik untuk ibu hamil 8 bulan. Karena sayuran yang berwarna orange memiliki banyak kandungan Vitamin A yang baik untuk ibu hamil. Vitamin A ini dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan embrio, serta imunitas bayi.

Dengan mengkonsumsi Vitamin A yang cukup, maka ibu hamil bisa mengurangi resiko bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

Selain sayuran yang berwarna hijau dan orange, ibu hamil juga bisa melengkapi kebutuhan asupan Vitamin A dari hati ayam, kuning telur dan susu. Sehingga ibu hamil bisa memvariasikan menu makanan hariannya selain hanya mengkonsumsi sayuran hijau.

Buah Buahan

Buah-buahan juga makanan sehat untuk ibu hamil 8 bulan. Kandungan Vitamin C yang terdapat didalam buah buahan bisa membantu untuk memberikan antioksidan dan melindungi kerusakan jaringan. Selain itu, Vitamin C juga sangat baik untuk penyerapan zat besi.

Sehingga akan membantu ibu hamil saat memasuki kehamilan 8 bulan untuk mempersiapkan persalinan tanpa resiko anemia. Selain buah jeruk, tomat dan strawbwri ibu hamil juga bisa mengkonsumsi brokoli untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C untuk ibu hamil 8 bulan.

Air Putih

Banyak minum air putih juga sangat bagus untuk ibu hamil 8 bulan. Karena jika ibu hamil 8 bulan mengalami dehidrasi maka akan mengakibatkan gangguan kesehatan untuk ibu hamil. Sehingga yang dapat ibu hamil lakukan di bulan ke 8 ini salah satunya yaotu dengan menjaga asupan cairan.

Manfaat air putih ini dapat mengatur suhu tubuh dan mengatur proses metabolisme. Sehingga ibu hamil bisa menjaga kesehatannya dan persiapan menjelang persalinan. Maka bagi ibu hamil yang sudah memasuki kehamilan di bulan ke 8 ini sangat penting untuk menjaga asupan nutrisi dan cairan. Untuk membantu mengurangi risiko masalah kesehatan menjelang persalinan.

Ketika memasuki akhir masa kehamilan, ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat yang mengandung banyak zat besi dan kalsium.

Karena kedua nutrisi tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil dan bayinya. Selain itu juga untuk mencegah terjadinya anemia akibat perdarahan saat Anda melahirkan.

Share Artikel ini Agar Bermanfaat untuk Orang Lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like