10 Makanan Sehat yang baik untuk Ibu Hamil 9 Bulan

makanan ibu hamil 9 bulan, makanan bumil 9 bulan,

Makanan Ibu Hamil 9 Bulan : Saat usia kehamilan sudah 9 bulan, biasanya ibu hamil sudah lebih sulit bergerak dan bumil kembali sering buang air kecil. Itu tandanya, bayi yang Anda tunggu-tunggu kehadirannya akan segera hadir untuk melengkapi kebahagiaan keluarga Anda. Namun, bukan berarti ibu hamil sudah bisa makan seenaknya. Ibu hamil harus tetap makan makanan sehat yang baik untuk ibu hamil 9 bulan.

Pada 9 bulan usia kehamilan, biasanya ibu hamil mengalami kondisi sesak nafas atau panas pada bagian dada dan Heartburn. Selain itu, ibu hamil 9 bulan biasanya akan mengalami kaki bengkak, sehingga memicu terjadinya varises.

Untuk mencegah gangguan kehamilan di akhir kehamilan, maka ibu hamil harus tetap menjaga kesehatan dengan tetap makan makanan sehat yang baik untuk ibu hamil 9 bulan. Untuk menghindari kondisi kekurangan darah atau anemia ketika ibu melahirkan.

Selain itu, lakukan juga sedikit olahraga ringan yang dapat menunjang persalinan. Serta tetap memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh ibu hamil guna mengurangi resiko gangguan kesehatan menjelang persalinan nanti.

Makanan Sehat yang Baik untuk Ibu Hamil 9 Bulan

Selain tetap makan makanan 4 sehat 5 sempurna, ibu hamil juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi dengan makanan makanan sehat bergizi yang baik untuk ibu hamil 9 bulan. Fungsinya untuk tetap menjaga kesehatan bayi dan ibu hamil menjelang persalinan.

  1. Makanan Tinggi Serat
  2. Asam Folat
  3. Vitamin A
  4. Vitamin C
  5. Kalsium
  6. Zat Besi
  7. Kalori
  8. Kurma
  9. Madu
  10. Air Putih

Makanan Tinggi Serat

makanan sehat ibu hamil 9 bulan, makanan yang baik untuk ibu hamil 9 bulan,

Makanan yang memiliki serat yang tinggi merupakan makanan sehat yang baik untuk ibu hamil 9 bulan. Anjuran untuk memperbanyak konsumsi makanan berserat tinggi untuk ibu hamil ini bukan hanya selama hamil 9 bulan, namun harus dikonsumsi sewaktu mempersiapan kehamilan.

Mengkonsumsi makanan berserat tinggi dapat mengurangi kemungkinan pengembangan kanker endometrium, payudara dan usus besar. Sembelit adalah salah satu masalah yang sangat umum terjadi pada ibu hamil.

Sangat wajar apabila ibu hamil mengalami beberapa masalah kesehatan, terutama yang banyak terjadi pada waktu kehamilan. Sehingga, pastikan ibu hamil selalu mengkonsumsi berbagai makanan tinggi serat seperti buah buahan, sayuran, gandum dan sereal.

Asam Folat untuk Ibu Hamil

Tetap makan makanan yang mengandung asam folat juga sangat bagus untuk ibu hamil 9 bulan. Gunanya untuk mencegah terjadinya kelainan bawaan, seperti Spina Bifida. Sehingga pastikan ibu hamil selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak asam folat selama kehamilan.

Makanan yang mengandung banyak asam folat yaitu kacang kacangan dan sayuran berdaun hijau seperti bayam.

Sayuran hijau yang paling mudah didapatkan dan dikonsumsi untuk ibu hamil 9 bulan ini memiliki kandungan nutrisi zat besi dan juga asam folat. Sehingga ibu hamil yang mengkonsumsi bayam dapat mengurangi risiko anemia menjelang persalinan.

Vitamin A

Meski usia kehamilan sudah 9 bulan, ibu hamil juga harus tetap mengkonsumsi makanan yang bagus untuk ibu hamil. Ada banyak sekali makanan yang mengandung vitamin A. Beberapa diantaranya yaitu bayam, wortel, melon kuning dan ubi-ubian.

Baca : Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Vitamin C

Tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak Vitamin C juga sangat penting untuk ibu hamil 9 bulan. Ada banyak sekali makanan yang mengandung banyak Vitamin C untuk memenuhi nutrisi harian ibu hamil. Contohnya buah jeruk, tomat, strawberi, kembang kol dan brokoli.

Kandungan nutrisi yang terdapat didalam brokoli yaitu Vitamin C, asam folat dan zat besi. Bagi ibu hamil 9 bulan yang menjelang persalinan, mengkonsumsi sayuran hijau seperti brokoli dapat menjaga proses pencernaan. Serta bisa mengurangi risiko anemia pada saat persalinan nanti.

Kalsium

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium juga merupakan makanan sehat yang baik untuk ibu hamil 9 bulan. Karena pada usia kehamilan 9 bulan, kalsium sangat dibutuhkan untuk menunjang perkembangan tulang bayi dalam kandungan.

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan agar ibu hamil harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya akan kalsium. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kalsium ibu hamil 9 bulan, Anda bisa mengkonsumsi kacang almon, oatmeal maupun susu dan produknya.

Baca : Makanan Sehat Ibu Hamil agar Anak Cerdas

Zat Besi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi juga sangat baik untuk ibu hamil 9 bulan. Ada banyak sekali makanan yang mengandung banyak zat besi. Seperti kuning telur, daging ayam, ikan, brokoli, bayam, buah beri, kacang kedelai, kacang polong dan pisang.

Kandungan nutrisi yang terdapat didalam pisang adalah zat besi dan mineral. Nutrisi ini sangat baik untuk menu sarapan ibu hamil yang dicampur dengan gandum. Selain itu, pisang juga bisa membantu mengurangi risiko anemia menjelang persalinan. Namun pastikan ibu hamil agar mengkonsumsi minimal 3 porsi makanan tinggi zat besi setiap harinya.

Kalori

Makanan yang mengandung kalori juga termasuk kedalam jenis makanan sehat yang baik untuk ibu hamil 9 bulan. Selain makanan sehat untuk ibu hamil diatas, ibu hamil juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori.

Kalori sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil saat menjelang persalinan. Kalori dapat membantu dalam proses penting tumbuh kembang bayi dan mempersiapkan energi untuk proses persalinan. Ibu hamil bisa mendapatkan asupan kalori dari mengkonsumsi nasi, gandum dan umbi-umbian.

Baca : Makanan Sehat Ibu Hamil 4 Bulan

Kurma

Buah kurma juga merupakan makanan sehat yang baik untuk ibu hamil 9 bulan. Karena kurma mengandung kalori yang penting untuk ibu hamil. Selain itu, kandungan nutrisi didalam kurma juga dapat memberikan manfaat untuk mengalirkan oksigen ke bayi.

Maka dianjurkan agar ibu hamil bisa mengkonsumsi buah kurma sebanyak dua butir ketika sarapan dan juga setelah makan siang.

Baca : Makanan Sehat Ibu Hamil 6 Bulan

Madu

Kandungan nutrisi madu sangat baik untuk ibu hamil. Pada bulan ke 9 kehamilan, ibu hamil yang mengkonsumsi madu bisa mengurangi risiko anemia. Madu merupakan sumber nutrisi yang kaya akan zat besi. Selain itu, madu bisa dikonsumsi ibu hamil dengan campuran buah-buahan.

Sehingga vitamin yang terdapat dalam variasi buah-buahan dan madu tersebut dapat membantu ibu hamil menjaga asupan nutrisinya. Sehingga, hal ini akan membantu menjaga kesehatan ibu hamil beserta banyi dalam kandungannya.

Baca : Makanan Sehat Ibu Hamil 8 Bulan

Air Putih

Munum air putih dengan porsi yang sesuai untuk ibu hamil dapat membatu menjaga kesehatan dan berat badan yang ideal bagi ibu hamil di bulan 9 kehamilan. Karena ibu hamil dengan berat badan yang berlebih dapat mengakibatkan gangguan pada proses persalinan.

Begitu juga dengan ibu hamil yang memiliki berat badan yang kurang menjelang persalinan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, perhatikan asupan cairan yang dikonsumsi oleh tubuh tubuh ibu hamil. Sebaiknya, minum air putih sebanyak 8 gelas perhari untuk mengurangi risiko sembelit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like