14 Makanan Sehat yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

makanan ibu hamil trimester ketiga,

Memasuki usia kehamilan pada trimester ketiga, ibu hamil harus tetap mengkonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil trimester ketiga. Karena di trimester ketiga ini, ibu hamil membutuhkan kalori ekstra untuk persiapan persalinan. Oleh karena itu, ibu hamil harus tetap mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk bumil di trimester ketiga kehamilan.

Lalu, makanan apa saja yang baik untuk ibu hamil di trimester ketiga ini? Untuk nutrisi yang dibutuhkan bagi bumil ditrimester ketiga ini hampir sama dengan makanan sehat untuk bumil di trimester kedua atau priode sebelumnya.

Kandungan nutrisi didalam setiap makanan yang dikonsumsi menjadi sangat penting yang harus diperhatikan bumil ketika usia kehamilan menginjak trimester ketiga. Hal ini dapat berguna bukan untuk ibu hamil saja, namun juga untuk tumbuh kembang bayi Anda.

Dengan tetap menjaga asupan nutrisi yang sehat dan bergizi memang kunci bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan di trimester ketiga. Serta dapat membantu perkembangan bayi dalam kandungan dan untuk mempersiapkan kelahiran agar bayi lahir dengan sehat.

Makanan Ibu Hamil Trimester Ketiga

Selain tetap makan makanan 4 sehat 5 sempurna, ibu hamil juga harus menambah asupan makanan yang baik untuk ibu hamil trimester ketiga. Beberapa makanan sehat yang baik untuk ibu hamil trimester ketiga ini sangat berguna untuk menjaga asupan nutrisi agar ibu hamil dan bayi tetap terjaga kesehatannya. Serta untuk mempersiapkan kelahiran bayi agar lahir dengan sehat.

Asam Folat untuk Ibu Hamil Timester Ketiga

makanan sehat ibu hamil trimester ketiga, makanan yang baik untuk ibu hamil trimester ketiga,

Asam folat merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil trimester ketiga. Karena asam folat dapat mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang sedang berkembang dalam kandungan ibu hamil.

Ada banyak sekali makanan yang mengandung asam folat. Beberapa diantaranya adalah kacang-kacangan, buncis, roti dan sayuran berdaun hijau seperti bayam merupakan sumber asam folat yang baik untuk ibu hamil trimester ketiga.

Zat Besi untuk Ibu Hamil

Makanan kaya zat besi juga makanan yang baik untuk ibu hamil. Karena zat besi diperlukan bagi ibu hamil trimester ketiga untuk meningkatkan suplai darah ke plasenta selama kehamilan. Semakin dekat dengan waktu kelahiran, kebutuhan zat besi ibu hamil semakin meningkat.

Hal ini dikarenakan semakin banyak volume darah yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Kekurangan zat besi saat kehamilan bisa meningkatkan risiko bayi lahir prematur. Untuk itu, ibu hamil harus memenuhi kebutuhan zat besinya pada trimester ketiga ini sebanyak 39 mg perhari.

Makanan yang mengandung zat besi ini bisa ibu hamil dapatkan dengan mengkonsumsi brokoli, sayuran berdaun hijau atau daging sapi tanpa lemak yang kaya akan zat besi.

Makanan Berkalsium

Makanan berkalisum juga baik untuk ibu hamil pada trimester ketiga kehamilan. Karena untuk asupan perkembangan tulang bayi dalam kandungan terjadi dengan sangat cepat. Selain itu, bayi juga mulai menyimpan nutrisi kalsium sebagai cadangan didalam tubuhnya. Oleh sebab itu, ibu hamil harus tetap memenuhi kebutuhan kalsiumnya sebesar 1.200 mg perhari dari makanan yang dikonsumsinya.

Ibu hamil bisa mendapatkan asupan kalsium ini dari kacang kedelai, sayuran hijau, seperti ikan teri dan sarden atau dari susu dan produknya. Pilihlah susu atau produk susu yang rendah lemak jika ibu hamil ingin tetap menjaga berat badannya tetap stabil.

Zat Seng untuk Ibu Hamil

Pada trimester ketiga, kebutuhan nutrisi seng untuk ibu hamil ini sedikit meningkat bila dibanding trimester kedua, yaitu sebesar 20 mg perhari. Kebutuhan zat seng yang terpenuhi dengan baik selama kehamilan dapat mencegah bayi dari kelahiran prematur.

Ibu hamil juga bisa memenuhi kebutuhan zat seng ini dengan menkonsumsi kacang-kacangan, sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, daging merah maupun seafood rendah merkuri.

Baca : Makanan Ibu Hamil 7 Bulan

Makanan Mengandung Omega 3

Omega 3 merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil trimester ketiga. Teruntama untuk mendukung perkembangan bayi, termasuk perkembangan otak dan sistem saraf abyi. Sehingga, ibu hamil perlu untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 untuk mendukung perkembangan ini.

Ibu hamil bisa mendapatkan asupan omega 3 ini dari mengkonsumsi ikan salmon, ikan tuna atau sarden dan telur yang diperkaya omega-3.

Vitamin A untuk Ibu Hamil

Vitamin A juga makanan yang baik untuk ibu hamil trimester ketiga. Namun kebutuhan vitamin A pada trimester ketiga kehamilan ini sedikit meningkat daripada trimester sebelumnya. Sehingga ibu hamil harus memenuhi kebutuhan vitamin A sebesar 850 mg perhari.

Ibu hamil bisa mendapatkan vitamin A dari berbagai buah-buahan dan sayuran seperti bayam, wortel, tomat, ubi jalar atau susu untuk memenuhi kebutuhan vitamin A harian Anda.

Baca : Makanan Ibu Hamil 8 Bulan

Buah Buahan untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Mengkonsumsi buah-buahan merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil trimester ketiga. Karena ibu hamil membutuhkan serat yang banyak agar terhindar dari bahaya sembelit. Buah-buahan segar kaya akan vitamin C yang berperan penting dalam pengembangan dan berfungsinya plasenta janin.

Selain itu, Vitamin pada buah-buahan dapat menyerap zat besi dari makanan dan membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

Untuk tetap menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi pada trimester ketiga ini sebaiknya ibu hamil sering mengkonsumsi tomat, mentimun pepaya, melon atau semangka.

Kacang Kacangan

Kacang-kacangan juga makanan ibu hamil trimester ketiga. Mengonsumsi kacang-kacangan dapat memberikan ibu hamil cukup asupan vitamin, protein dan asam lemak omega-3. Selain itu, kacang2ngan juga kaya akan vitamin B1 dan serat.

Asupan kacang-kacangan ini bisa ibu hamil peroleh dari mengkonsumsi biji bunga matahari dan buah-buahan kering seperti muesli, hazelnut atau walnut. Supaya rasanya lebih enak, ibu hamil dapat menambahkan potongan buah-buahan segar, seperti kiwi dan raspberry agar semakin kaya nutrisi.

Baca : Makanan Ibu Hamil 9 Bulan

Telur untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Telur juga makanan ibu hamil trimester ketiga yang kaya vitamin dan mudah didapat. Telur merupakan sumber kolin yang baik, yang akan membantu dalam berfungsinya sel-sel dan untuk perkembangan bayi yang cepat.

Selain itu, kolin juga dapat membantu perkembangan ingatan dan mengurangi risiko gangguan ginjal dan pankreas. Ibu hamil bisa menambahkan telur rebus kedalam sarapan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Ikan Salmon

Protein hewani menjadi salah satu asupan makanan yang baik bagi ibu hamil selama kehamilan trimester ketiga. Nutrisi protein dapat bermanfaat untuk membangun sel-sel tubuh dan bayi. Kekurangan protein dapat mengganggu perkembangan otot, persendian dan tulang. Bahkan dapat menyebabkan masalah dalam pertumbuhan otak bayi.

Daging ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 dan DHA yang baik dan penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. Namun, jangan mengonsumsi daging ikan salmon secara berlebihan ya? Dan pastikan juga ibu hamil sudah memasaknya dengan benar-benar matang sebelum dimakan.

Baca : Makanan Ibu Hamil Trimester Kedua

Salad Alpukat

Salad alpukat juga makanan sehat yang baik untuk bumil trimester ketiga. Buah alpukat kaya akan vitamin C, E dan serat. Ibu hamil bisa mencukupi kebutuhannya dengan mengkonsumsi campuran irisan alpukat dengan kacang almond, selada dan buah-buahan seperti mangga atau jeruk untuk memenuhi asupan nutrisi kehamilan trimester ketiga.

Pepaya yang baik untuk Ibu Hamil

Pepaya matang juga makanan yang baik untuk ibu hamil. Buah pepaya juga merupakan sumber vitamin C, serat, potasium dan asam folat yang baik. Pepaya juga dapat membantu dalam mencegah sembelit yang bisa terjadi selama trimester ketiga kehamilan.

Namun, jangan makan pepaya mentah ya Bun? Karena pepaya mentah mengandung pepsin yang dapat memicu kontraksi dan persalinan dini.

Baca : Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama

Roti Gandum

Roti gandum juga makanan yang baik untuk ibu hamil trimester ketiga. Mengkonsumsi roti panggang gandum dengan kacang panggang kaya akan tiamin dan serat. Sehingga dapat membantu menjaga sumber energi ibu hamil sepanjang hari dan bisa mencegah masalah sembelit.

Susu dan Produk susu

Pada trimester ketiga, kebutuhan kalsium ibu hamil akan terus meningkat. Susu merupakan nutrisi yang kaya sumber kalsium yang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian ibu hamil trimester ketiga ini. Ibu hamil dapat mengonsumsi susu dan produk susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian ibu hamil trimester ketiga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like