7 Makanan Sehat Bergizi yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

makanan ibu hamil trimester pertama

Makanan untuk ibu hamil trimester pertama kehamilan yang baik untuk ibu hamil yaitu segala jenis makanan sehat bergizi yang mengandung nutrisi penting. Baik itu makanan yang mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin dan mineral. Tidak hanya untuk kesehatan ibu hamil, kandungan nutrisi pada makanan sehat bergizi ini sangat penting untuk pertumbuhan janin pada trimester pertama kehamilan.

Pada trimester pertama kehamilan wanita merupakan fase paling penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin didalam kandungan ibu hamil. Karena pada periode trimester pertama sedang berlangsung pertumbuhan dan pembentukan organ tubuh bayi.

Alasan inilah mengapa bumil harus makan makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil trimester pertama. Karena apabila bumil tidak makan makanan yang harus dikonsumsi bumil pada trimester pertama kehamilan dan menerapkan pola hidup sehat, maka perkembangan dan pertumbuhan bayi tidak akan sempurna.

Bahkan bisa terjadi cacat bawaan lahir, keguguran atau bayi terlahir secara prematur. Untuk itu, mengapa sangat penting bagi bumil agar tetap makan makanan sehat bergizi yang baik untuk ibu hamil di trimester 1 kehamilan.

Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Selain makanan 4 sehat 5 sempurna, ada beberapa makanan yang kandungan nutrisinya sangat dibutuhkan untuk ibu hamil trimester pertama, yaitu:

  1. Makanan Berkarbohidrat
  2. Sayuran Hijau
  3. Kacang Kacangan
  4. Buah Buahan
  5. Telur, Ikan dan Daging
  6. Susu dan Produknya
  7. Air Putih

Makanan yang mengandung serat, karbohidrat, vitamin, protein dan mineral juga merupakan makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama dan sepanjang masa kehamilan.

Makanan Ibu Hamil Berkarbohidrat

makanan sehat ibu hamil trimester pertama, makanan bergizi ibu hamil trimester pertama, makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama,

Makanan yang mengandung karbohidrat merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama. Karbohidrat sangat dibutuhkan bagi ibu hamil sebagai sumber tenaga pada trimester pertama kehamilan. Selain itu, karbohidrat juga dibutuhkan untuk proses pembentukan organ tubuh janin pada trismester pertama kehamilan.

Untuk makanan yang sehat untuk ibu hamil trimester pertama yang banyak mengandung karbohidrat ini ada pada nasi, kentang, biskuit, roti dan sereal. Agar tidak mual, ibu hamil dapat menyiasatinya dengan makan dalam porsi yang sedikit, namun lebih sering makan.

Agar kesehatan ibu hamil dan janin dapat terjaga kesehatannya, pastikan ibu hamil mengkonsumsi salah satu makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama yang sudah ditulis diatas pada menu makan harian Anda.

Sayuran Hijau untuk Ibu Hamil

Sayuran berwarna hijau juga makanan yang bagus untuk ibu hamil trimester pertama. Kadar serat tinggi yang terkandung dalam sayuran hijau juga mampu mencegah sembelit pada ibu hamil di awal kehamilan. Mengkonsumsi sayuran hijau juga dipercaya bisa menurunkan resiko bayi lahir dengan berat badan rendah atau prmatur.

Ada beberapa jenis sayuran hijau yang baik dikonsumsi ibu hamil di trimester pertama kehamilan. Bisa dengan mengkonsumsi bayam, sawi, brokoli dan kubis. Jenis sayuran ini juga mengandung beragam nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Seperti vitamin C, serat, asam folat, zat besi, kalium, kalsium dan anti oksidan.

Baca : Makanan yang Dilarang Dimakan Ibu Hamil

Kacang Kacangan untuk Ibu Hamil

Kacang kacangan adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil di trimester pertama kehamilan. Kandungan asam folat yang tinggi dalam kacang-kacangan sangat baik untuk dikonsumsi bumil, terutama makanan sehat untuk bumil pada trimester pertama kehamilan.

Selain itu, asam folat sangat berguna untuk mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf, serta lahir dengan berat badan rendah. Makanan yang mengandung asam folat yaitu kacang kedelai, kacang panjang, kacang polong dan kacang tanah.

Buah Buahan untuk Ibu Hamil

Buah buahan juga makanan bergizi terbaik untuk ibu hamil trimester pertama. Sama halnya dengan sayuran hijau, buah-buahan juga mengandung banyak serat, vitamin dan mineral. Fungsinya untuk menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil, serta mencegah konstipasi.

Ada beberapa jenis buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil di trimester pertama kehamilan. Diantaranya adalah buah alpukat, jeruk, pepaya, melon, mangga, pisang, kiwi dan stroberi. Untuk memenuhi makanan sehat untuk trimester pertama, maka ibu hamil harus mengonsumsi 5 porsi buah dengan warna berbeda setiap harinya.

Namun tidak hanya buah segar saja, ibu hamil juga dapat mengonsumsi jus buah sebagai nutrisi yang baik untuk wanita hamil di trimester pertama kehamilan. Tapi ingat, buah-buahan tersebut harus dicuci terlebih dahulu hingga benar-benar bersih sebelum memakan atau mengolahnya.

Selain itu, hindari juga menambahkan gula atau pemanis tambahan pada jus buah yang akan dikonsumsi. Karena dapat meningkatkan kadar gula darah dan merusak gigi ibu hamil.

Baca : Ciri2 Kehamilan

Telur, Ikan dan Daging

Ikan, telur, dan daging adalah makanan terbaik dan bergizi untuk ibu mengandung trimester pertama kehamilan. Ikan merupakan makanan sumber protein, serta asam lemak omega-3 yang baik untuk membantu perkembangan otak dan sistem saraf janin.

Untuk jenis ikan yang sebaiknya dikonsumsi untuk ibu hamil yaitu ikan yang tidak mengandung banyak merkuri. Seperti ikan lele, nila, ikan mas, kembung, mujair, tuna dan salmon.

Telur, daging ayam dan daging sapi juga merupakan makanan sehat untuk kehamilan trimester pertama. Ketiga jenis makanan tersebut kaya sumber protein berkualitas tinggi.

Selain itu, zat besi dan vitamin B didalamnya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah anemia. Serta dapat menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah atau lahir prmatur.

Namun saat ibu hamil akan mengkonsumsinya, pastikan dahulu telur dan daging yang akan dimakan sudah diolah dengan baik. Serta dimasak hingga benar-benar matang ya? Agar kuman atau bakterinya mati.

Baca : Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Susu dan Produknya

Susu dan produk olahannya merupakan makanan terbaik ibu hamil trimester pertama. Karena susu dan produknya kaya beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil di trimester pertama kehamilan. Misalnya kandungan vitamin D, asam folat, protein dan kalsium.

Pada trimester pertama kehamilan, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi produk olahan susu yang kaya akan kalsium. Karena kandungan kalsium pada susu ini sangat baik untuk ibu hamil dan pertumbuhan tulang janin.

Namun sebelum mengkonsumsi susu untuk wanita hamil trimester pertama kehamilan. Sebaiknya, pastikan untuk memilih susu yang melewati proses pasteurisasi. Karena susu murni yang belum dipasteurisasi, atau susu mentah dari sapi bisa mengandung bakteri berbahaya untuk ibu hamil dan janin.

Selain mengkonsumsi susu, wanita hamil juga bisa mendapatkan kandungan nutrisi tersebut dari mengkonsumsi keju atau yoghurt. Kedua makanan tersebut juga merupakan makanan yang baik untuk bumil di trimester pertama.

Air Putih

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan untuk ibu hamil pada trimester pertama kehamilan adalah mencukupi asupan cairan setiap harinya. Air putih juga nutrisi yang sangat penting untuk melengkapi makanan sehat bagi bumil pada trimester pertama kehamilan.

Sebaiknya ibu hamil dianjurkan untuk minum air putih sedikitnya 8-10 gelas setiap hari untuk mencegah dehidrasi pada ibu hamil. Serta menjaga kesehatan ibu hamil dari masalah sembelit pada awal kehamilan.

Baca : Makanan Ibu Hamil Trimester Kedua

Untuk dapat mencukupi kebutuhan nutrisi saat awal kehamilan sampai melahirkan, ibu hamil juga bisa mengonsumsi suplemen kehamilan. Namun asupan suplemen tersebut harus sesuai dengan resep dokter kandungan saat ibu hamil menjalani pemeriksaan kehamilan ke dokter pribadi Anda ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like