19 Makanan yang Dilarang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

makanan yang tidak boleh untuk ibu hamil, ibu hamil,

Sepertinya pertanyaan ini sering ditanyakan, Apa aja sih makanan yang dilarang ibu hamil? Apa saja makanan yang dilarang saat hamil? Atau, makanan yang dilarang saat hamil muda itu apa saja? Memang benar sih ada sejumlah makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil muda, selain makanan sehat yang wajib dikonsumsi untuk ibu hamil.

Pada awal kehamilan, ibu hamil juga perlu memerhatikan asupan makanannya. Terutama makanan sehat untuk kesehatan dan perkembangan bayi yang dalam kandungannya. Bukan saja hanya makanan sehat yang harus diketahui oleh ibu hamil, makanan yang harus dihindari saat hamil muda pun harus diketahui oleh bumil.

Karena asupan gizi yang diperoleh janin dari ibunya semasa dalam kandungan ini akan berdampak besar pada kondisi kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Itulah mengapa ada makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil. Supaya tidak ada asupan makanan yang mengandung zat-zat beracun, atau bahkan virus dan bakteri yang dapat membahayakan janin dalam kandungannya.

Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Ada sejumlah makanan yang dilarang untuk ibu hamil muda. Beberapa diantaranya yaitu: Telur Mentah, Daging Mentah, Ikan yang Mengandung Merkuri, Sayuran Mentah dan Makanan Cepat Saji. Masih penasaran apa saja daftar makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil? Berikut ini daftar lengkapnya:

Telur Mentah atau Setengah Matang

makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil, telur,

Telur merupakan salah satu makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Kok, telur sih! Ya, telur rebus dan telur ceplok setengah matang, bahkan juga yang 3/4 matang. Mengapa? Telur tersebut pada umumnya belum matang dengan sempurna. Sehingga masih bisa mengandung Bakteri Salmonella Aktif yang bisa menginfeksi ibu hamil, serta janin yang ada dalam kandungannya.

Alasan lain yang membuat telur rebus mentah atau setengah matang ini menjadi daftar makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil yaitu, karena dapat berisiko terinfeksi Bakteri Salmonella. Dampak infeksi oleh bakteri ini nantinya dapat menyebabkan muntah dan diare (muntaber).

Agar terhindar dari Bakteri Salmonella, hindarilah makan telur mentah atau telur yang setengah matang dalam bentuk apapun. Sebaiknya, masak atau rebuslah telur sampai matang, sampai tampilan kuning dan putih telurnya menjadi padat atau benar-benar matang.

Saus Mayonaise Salad

Makan salad tentu belum terasa enak tanpa menggunakan saus mayonnaise. Saus mayonaise merupakan makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Karena kandungan telur mentah didalam saus ini dapat berbahaya untuk ibu hamil. Baik itu saus hasil buatan sendiri, maupun saus mayonaise yang dijual di pasaran.

Agar aman, pilihlah saus yang sudah melalui proses pematangan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Atau pilihlah saus lain yang bahannya tidak mengandung bahan telur mentah didalamnya.

Adonan Makanan Mengandung Telur Mentah

Hayoo.. Siapa yang doyan mencicipi adonan makanan saat membuat kue atau roti? Bagi ibu rumah tangga yang namanya mencicipinya untuk memastikan bahwa rasanya enak itu sudah pasti hal yang paling rumah dilakukan. Namun ternyata, mencicipi adonan makanan mentah ini tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. Apalagi kalau adonan makanan tersebut menggunakan bahan telur mentah.

Karena jika adonan makanan mentah tersebut dicicipi meski sesedikit apapun, Bakteri Salmonella bisa masuk kedalam tubuh ibu hamil. Sehingga bakteri tersebut dapat menjadi sumber berbagai penyakit untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungannya. Untuk itu, hindarilah mencicipi adonan mentah selama kehamilan agar Anda terhindar dari infeksi Bakteri Salmonella.

Keju

Mengonsumsi jenis keju lembut juga bisa memberi efek tidak baik untuk ibu hamil. Karena bisa saja didalam keju tersebut mengandung bakteri penyebab infeksi yang disebut Listeria. Lebih baik, makan keju keras yang sudah melalui proses pasteurisasi (mematikan organisme merugikan seperti bakteri). Konsumsi keju parmesan dan cheddar bisa menjadi pilihan yang bisa dimakan saat hamil.

Sebaiknya, jangan memakan jenis keju seperti jenis keju Brie, Gorgonzola, Keju Biru Denmark, Roquefort, Camembert, maupun jenis keju yang terbuat dari susu kambing.

Buah dan Sayur Segar

Makan buah dan sayur segar memang menyehatkan, tapi pastikan buah dan sayuran segar tersebut sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelum Anda makan. Caranya, cuci buah dan sayur dibawah air yang mengalir. Lalu usap permukaannya dengan perlahan untuk menghilangkan kandungan buruk yang adai dikulit buah. Hindari juga mengkonsumsi buah dan sayur yang sudah sedikit terkelupas. Karena bisa saja terdapat parasit atau bakteri jahat lainnya didalamnya.

Kecambah Mentah

Ada beberapa jenis kecambah seperti touge, kacang hijau dan lobak yang memiliki kandungan bakteri, terutama dibagian bijinya. Untuk itu, hindari mengkonsumsi kecambah mentah. Baiknya, cuci dahulu kecambah tersebut sampai bersih sebelum dikonsumsi. Agar bakteri yang menempel pada kecambah tersebut bisa hilang, dan makanan tersebut menjadi aman untuk dikonsumsi saat ibu hamil muda.

Ikan yang Mengandung Merkuri

makanan yang dilarang saat hamil muda, ikan,

Ikan dan seafood merupakan sumber protein yang kaya akan omega-3. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembang bayi. Namun, ada beberapa jenis makanan laut yang umum di Indonesia yang memiliki kadar merkuri cukup tinggi.

Untuk jenis ikan yang termasuk kedalamnya adalah udang, lele, tuna, salmon, sarden, ikan bilis, ikan nila dan ikan trout. Biasanya semakin besar ukuran ikan, maka akan semakin banyak juga kandungan merkuri yang dikandungnya. Sehingga termasuk kedalam makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

Mengapa jenis ikan tersebut termasuk kedalam jenis makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil? Karena ikan yang mengandung bahan merkuri yang tinggi bisa menyebabkan gangguan pada perkembangan otak bayi.

Meski mengkonsumsi ikan memang baik, terutama pada saat masa awal kehamilan. Namun sebaiknya, batasi mengkonsumsi jenis ikan ini, maksimal hanya 2 kali per minggu dengan porsi secukupnya saja. Agar Anda terhindar dari makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

Hati Hewani

Mengapa hati hewani termasuk jeroan dan ampela ayam menjadi makanan yang dilarang untuk ibu hamil? Karena jeroan seperti hati ayam atau hati sapi ini mengandung Vitamin A yang sangat tinggi. Maka ibu hamil perlu memperhatikan asupan makanannya untuk kesehatan dan perkembangan bayi dalam kandungannya.

Mengkonsumsi Vitamin A memang baik sebagai kebutuhan asupan gizi kita. Namun jika mengkonsumsi vitamin A dengan berlebihan bisa membahayakan janin dalam kandungan ibu hamil. Maka sebaiknya, batasi mengkonsumsi hati hewan pada awal kehamilan.

Daging Setengah Matang

Steak daging merupakan salah satu jenis makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Mengapa? Karena, proses memasaknya yang tidak matang dengan sempurna. Biasanya daging steak yang lezat yaitu steak yang dimasak setengah matang. Daging sapi yang dimasak kurang matang atau setengah matang merupakan makanan yang dilarang saat hamil.

Karena daging sapi yang dimasak kurang matang kemungkinan besar masih mengandung parasit toksoplasmosis. Hal ini sangat berbahaya bagi janin, sehingga termasuk makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil.

Bukan cuma daging sapi. Makanan seperti daging babi serta hewan unggas seperti ayam, bebek, burung dan kalkun yang dimasak setengah matang juga menjadi makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Untuk itu, masak daging sampai matang sempurna atau sampai kering, sehingga tidak ada cairan merahnya.

Makan Sushi Mentah

Sushi merupakan makanan yang harus dihindari saat hamil. Bagi Anda penggemar makan sushi atau sashimi, sebaiknya hindari dahulu makan makanan khas Jepang ini selama proses kehamilan. Makanan laut mentah atau yang dimasak setengah matang merupakan makanan yang bisa membahayakan janin.

Karena pada makanan laut mentah terkadang masih terdapat cacing parasit dalam dagingnya. Apalagi jika tempat atau proses persiapannya dan pemasakannya tidak steril. Ada beberapa jenis sushi yang disajikan dengan bahan mentah, seperti ikan yang bahkan tidak dibekukan dan tidak melalui proses pemasakan khusus agar aman dikonsumsi.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari dahulu makan makanan laut mentah seperti yang biasanya terkandung dalam makanan sushi atau sashimi. Karena makan sushi mentah merupakan makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

Kerang Mentah

Kerang mentah juga masuk kedalammakanan yang tidak boleh dimakan saat hamil. Meski ibu hamil sebenarnya boleh juga kok makan kerang yang sudah dimasak dengan baik. Tapi tidak dengan kerang yang masih mentah atau setengah matang. Karena makanan mentah ini dapat meningkatkan risiko kandungan bakteri, virus, racun dan hal buruk lainnya.

Agar aman dimakan untuk ibu hami, masak kerang sampai cangkangnya terbuka lebar. Masaklah jenis makanan seafood pada temperatur api 63 derajat Celsius dan hingga matang sempurna. Masak udang, lobster, dan kerang sampai dagingnya berubah warna menjadi putih susu, sehingga aman dimakan untuk ibu hamil.

Makanan Cepat Saji

makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil, makanan cepat saji,

Makanan cepat saji (masak ayam selain digoreng) juga menjadi makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Meskipun suka atau tidak suka, makanan cepat saji jenis fast food. Seperti burger, kentang goreng dan ayam goreng tepung atau fried chicken juga termasuk makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

Mengapa? Karena jenis makanan cepat saji banyak mengandung Lemak Trans yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, ukuran janin terlalu besar, serta persalinan prematur. Inilah alasannya mengapa beberapa jenis makanan cepat saji menjadi makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Makanan Simpanan

Makanan simpanan juga termasuk makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil muda. Bagi Anda yang suka menyimpan makanan setelah tidak habis dimakan, atau menyimpan makanan setelah dimasak dalam waktu yang lama. Maka jika setelah memasak makanan, jangan membiarkan makanan terbuka disimpan ditempat terbuka atau di udara terbuka.

Sebaiknya, simpan saja didalam kulkas. Bagi ibu hamil, hal ini dapat berbahaya jika memakan makanan yang sudah dibiarkan selama dua jam ditempat yang terbuka tersebut. Karena hal ini dapat mengakibatkan kontaminasi dari bakteri yang merugikan. Sehingga ini menjadi makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

Suplemen Vitamin dan Minyak Ikan

Selanjutnya, makanan yang dilarang saat hamil muda yaitu suplemen vitamin dan minyak ikan. Mengapa vitamin dan minyak ikan termasuk kedalam makanan yang dilarang saat hamil? Ada berbagai jenis suplemen, vitamin dan minyak ikan yang mengandung vitamin A yang lebih baik di hentikan dahulu konsumsinya saat hamil muda.

Karena jika terlalu banyak asupan vitamin A ini bisa membahayakan janin dalam kandungan ibu hamil. Sebaiknya, konsultasikan dahulu dengan dokter Anda jika ingin mengonsumsi suplemen. Tujuannya supaya menemukan jalan tengah dari referensi makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil.

Obat Herbal

Beberapa jenis obat herbal, termasuk obat herbal untuk kanker juga menjadi makanan yang harus dihindari saat hamil. Meskipun berbau obat herbal juga tetap harus dihindari dahulu. Hindari dahulu seperti minum teh herbal, jamu, dan ramuan pengobatan alternatif lainnya selama awal kehamilan.

Menurut situs APA (American Pregnancy Association), ada beberapa obat herbal yang tidak boleh dimakanan saat hamil, yaitu efedrina atau ephedra, rosemary, dong quai dan kencur.

Karena beberapa jenis obat herbal ini bisa berdampak buruk jika dikonsumsi layaknya obat-obatan dalam jumlah yang banyak. Misalnya dong quai, obat herbal ini dapat mengakibatkan efek stimulan rahim yang bisa menimbulkan kontraksi. Inilah alasannya jika jenis herbal tersebut menjadi makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil.

Selain itu, ramuan jenis herbal lainnya seperti lidah buaya, ginseng, serta teh dandelion atau teh chamomile juga menjadi makanan yang dilarang saat hamil. Untuk itu disarankan agar minum teh dari daun teh biasa saja dahulu. Daripada harus mengonsumsi teh herbal yang harus dihindari saat hamil.

Susu Segar yang Tidak Di Pasteurisasi

makanan yang harus dihindari saat hamil, susu segar,

Susu merupakan minuman sehat. Namun susu segar yang baru diperah dari sapi merupakan minuman yang dilarang saat hamil muda. Karena bisa terdapat bakteri yang masuk pada susu yang belum mati jika susu tidak dimasak terlebih dahulu. Susu yang tidak dipasteurisasi juga menjadi minuman yang dilarang untuk ibu hamil.

Meskipun ibu hamil perlu minum susu untuk dapat mencukupi kebutuhan vitamin, serta mineral dan kalsium hariannya. Namun, jenis susu hewani yang belum dipasteurisasi ini juga termasuk kedalam minuman yang tidak boleh untuk ibu hamil.

Susu segar yang tidak dipasteurisasi bisa menyebabkan keracunan. Karena masih ada kemungkinan terdapat bakteri didalamnya. Maka, hindari dahulu minum susu segar mentah yang belum dipasteurisasi. Baik itu susu sapi atau susu kambing segar mentah, karena dapat berbahaya untuk tubuh ibu hamil.

Selain itu, bakteri yang terdapat didalam susu segar yang belum dipasteurisasi juga dapat membahayakan janin didalam kandungan. Hal inilah yang menjadi alasan kalau susu segar yang belum masuk proses pasteurisasi menjadi minuman yang dilarang untuk ibu hamil.

Jus Buah

Jus buah mentah atau tidak dipasteurisasi juga sama seperti susu segar yang harus dihindari saat hamil. Karena jus yang siap minum yang tidak dipasteurisasi termasuk kedalam minuman yang harus dihindari saat hamil. Contohnya, jus segar kemasan atau jus jajanan pinggir jalan yang buahnya tidak dicuci terlebih dahulu.

Mengapa jus segar yang tidak dipasteurisasi menjadi minuman yang dilarang untuk ibu hamil? Karena jus segar tersebut bisa mengandung bakteri E-coli dan Salmonella yang berbahaya bagi janin. Jika Anda ingin minum jus yang aman dikonsumsi ibu hamil, sebaiknya buat sendiri saja dirumah. Dengan membuat sendiri, Anda dapat memastikan kebersihan buahnya dan keseterilan alat pembuat jus buahnya.

Agar aman, cuci buah-buahan atau sayuran dengan bersih menggunakan pembersih khusus. Atau bilas dengan air bersih atau air minum. Serta jangan lupa untuk membuang bagian sayur atau buah yang sudah berwarna hitam atau kecokelatan.

Kafein

Kafein juga merupakan salah satu daftar dari minuman dan makanan yang tidak boleh untuk ibu hamil. Karena kafein bisa menembus plasenta yang dapat mengakibatkan gangguan pada detak jantung bayi. Inilah yang menjadi alasan kenapa kafein menjadi salah satu makanan dilarang saat hamil.

Meski mengkonsumsi minuman atau makanan berkafein menjadi hal penting bagi banyak orang. Baik itu berupa teh, kopi, cokelat, soda dan minuman dingin lainnya. Namun untuk ibu hamil, sebaiknya hindari mengkonsumsi kafein secara berlebihan ya? Ingat, takaran maksimal yang bisa dinikmati oleh wanita saat hamil hanya 200 gram perhari.

Alkoh0l

Meskipun alk0hol bukan termasuk kedalam makanan, alk0hol merupakan minuman yang paling harus dihindari saat hamil. Karena bagi ibu hamil yang minum alk0hol dapat mempunyai risiko keguguran dan bayi lahir mati atau Stillbirth yang sangat tinggi. Meski meminum alk0hol sedikit saja pun bisa berdampak terganggunya perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Mengapa alk0hol sangat dilarang di konsumsi oleh ibu hamil? Karena bisa menyebabkan Fetal Alc0hol Syndrome. Fetal Alc0hol Syndrome adalah sindrom yang bisa mengakibatkan kelainan jantung, kelainan bentuk wajah dan keterbelakangan mental anak sejak ada didalam kandungan ibu hamil.

Bukan hanya makanan sehat untuk ibu hamil saja yang perlu diketahui ibu hamil. Namun makanan yang dilarang untuk ibu hamil atau makanan yang harus dihindari saat hamil muda juga penting untuk diketahui.

Karena asupan makanan sehat dan bergizi tinggi yang diperoleh janin dari ibunya selama dalam kandungan akan berdampak pada kondisi kesehatan dan tumbuh kembang bayi dalam kandungan ibu hamil. Asupan makana sehat itu bukan hanya nutrisi dan vitamin saja. Disisi lain, ada sejumlah makanan yang harus dihindari saat hamil.

Setelah Anda tahu daftar makanan yang dilarang untuk ibu hamil diatas tersebut diduga kuat bisa membahayakan janin dalam kandungan ibu hamil. Bahkan ada beberapa daftar makanan yang bisa menyebabkan keracunan pada ibu hamil dan mengganggu perkembangan otak janin. Semoga Anda sudah bisa memilih berbagai makanan yang sebaiknya dihindari saat Anda hamil.

Share Artikel ini Agar Bermanfaat untuk Orang Lain
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like