20 Sayuran untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Baik Dikonsumsi Bumil

sayuran untuk ibu hamil, sayuran yang baik untuk ibu hamil, sayuran yang bagus untuk ibu hamil,

Rutin mengkonsumsi sayuran untuk ibu hamil itu penting, apalagi kalau mengkonsumsi sayuran sehat yang baik untuk ibu hamil. Karena setiap asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berpengaruh pada janin dalam kandungan. Sayuran untuk ibu hamil yang baik dan sehat adalah sayuran yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin.

Selama kehamilan, memperhatikan asupan makanan yang akan dikonsumsi merupakan hal yang sangat penting. Makanan tersebut harus memiliki kandungan nutrisi yang dapat mencukupi kebutuhan asupan nutrisi untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Untuk itu sangat dianjurkan agar ibu hamil selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin, Asam Folat, Kalsium, Zat Besi dan berbagai Mineral penting lainnya dalam makanan yang dikonsumsi sehari-harinya.

Mengkonsumsi sayuran berwarna hijau sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mencegah masalah pada ibu hamil, seperti kelelahan, pusing serta kurang darah. Ada banyak jenis sayuran sehat yang baik untuk ibu hamil muda, diantaranya seperti beberapa jenis sayuran berikut ini.

Sayuran Sehat yang Baik untuk Ibu Hamil

Sayuran yang baik untuk ibu hamil adalah sayuran yang mengandung vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Berikut ini 10 sayuran sehat yang baik untuk ibu hamil.

Asparagus

sayuran untuk ibu hamil, sayuran yang baik untuk ibu hamil, sayuran yang bagus untuk ibu hamil,

Asparagus merupakan sayuran sehat untuk ibu hamil. Mengapa Asparagus menjadi sayuran sehat untuk ibu hamil? Karena sayuran Asparagus kaya akan kandungan Asam Folat, Vitamin, Mineral dan Kalisum. Oleh karena itu, Asparagus termasuk kedalam salah satu sayuran sehat terbaik untuk ibu hamil.

Karena inilah mengapa ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran ini selama kehamilan agar dapat merasakan manfaatnya bagi kesehatannya. Meskipun sayuran Asparagus mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Namun, untuk medapatkan manfaatnya agar lebih optimal, pilih sayuran Asparagus yang berwarna hijau daripada Asparagus yang berwarna putih.

Bayam

Bayam adalah sayuran yang baik untuk ibu hamil. Sayuran yang satu ini kaya akan kandungan Asam Folat dan Zat Besi. Kandungan vitamin dalam sayuran Bayam juga cukup banyak, mulai dari Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin K yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin.

Mengkonsumsi bayam secara rutin dapat memenuhi kebutuhan Asam Folat dan Zat Besi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin. Kandungan vitamin A, C dan K juga bisa ibu hamil dan janin dapatkan dalam sayur hijau dan segar ini bila dijadikan sebagai sayur bening. Selain bayam, sayuran hijau lainnya seperti Sawi atau Kailan juga mampu menjaga kesehatan ibu hamil dan janin bila dikonsumsi secara rutin.

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang baik untuk ibu hamil. Brokoli memiliki kandungan Beta Karoten, Indoles, Isotiosianat dan Kalsium yang akan membantu melindungi tubuh ibu hamil dari resiko penyakit kanker. Brokoli juga mengandung zat Anti Oksidan yang tinggi, sehingga sangat baik bila dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil.

Brokoli ini memiliki rasa yang enak dan teksturnya yang khas. Namun sebelum dimasak, untuk menjaga kandungan nutrisinya, potong-potong brokoli ukuran kecil. Lalu rendam Brokoli selama 5 menit dalam air yang sudah diberi sedikit garam. Tujuannya untuk mematikan kuman atau bakteri jahat yang ada didalamnya. Kemudian, masak sebentar saja agar kandungan nutrisinya tetap aman sebelum dikonsumsi.

Buncis

Buncis juga menjadi sayuran yang bagus untuk ibu hamil. Sayuran buncis mengandung Vitamin K, Protein dan Serat yang cukup tinggi. Bagi ibu hamil yang rutin mengkonsumsi sayuran buncis ini dapat terbebas dari resiko masalah Sakit Kepala dan Konstipasi yang biasa menyerang ibu hamil muda.

Selain itu, kandungan nutrisi dalam Buncis juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang yang lebih baik jika ibu hamil mengonsumsi sayur Buncis secara rutin. Buncis ini merupakan sayuran yang dapat di olah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah rasa selera makan ibu hamil muda.

Daun Katuk

Daun katuk juga merupakan salah satu sayuran yang bagus untuk ibu hamil tua. Daun Katuk kaya akan kandungan Alkaloid, Flavonoid, Sterol, Tanin, Zitamin A dan Vitamin C yang cukup tinggi. Selain kaya akan nutrisi dan bergizi tinggi, daun katuk juga memiliki manfaat untuk memperlancar dan meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Hal inilah mengapa ibu hamil tua disarankan untuk mengkonsumsi daun katuk setelah memasuki trimester akhir kehamilan. Dikenal memiliki kandungan Prolaktin dalam daun katuk yang sangat tinggi. Nutrisi Prolaktin inilah yang akan meningkatkan dan mempercepat, serta melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Daun Kelor

Daun Kelor juga merupakan salah satu sayuran yang bagus untuk ibu hamil. Sayuran Daun Kelor ini juga kaya akan nutrisi dan vitamin terbaik. Kandungan nutrisi dalam Daun Kelor ini juga dipercaya dapat menangkal resiko kanker atau penyakit mematikan ditubuh ibu hamil. Biasanya Daun Kelor ini dimasak menjadi sayur bening untuk tambahan menu makan utama.

Daun Singkong

Daun Singkong juga merupakan sayuran yang baik buat ibu hamil. Karena Daun Singkong memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk ibu hamil yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Nutrisi dalam Daun Singkong juga dapat membantu proses pembentukan sistem Anti Body, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, kandungan gizi dalam Daun Singkong juga mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bagi janin. Daun Singkong ini bisa dijadikan berbagai olahan sebagai menu utama makanan. Namun untuk ibu hamil yang memiliki risiko darah tinggi, sebaiknya untuk menghindari dahulu mengkonsumsi Daun Singkong selama kehamilan.

Jagung

Jagung juga masuk kedalam salah satu sayuran yang baik untuk ibu hamil muda. Karena Jagung memiliki manfaat yang besar dalam mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, terutama untuk ibu hamil muda. Jagung memiliki kandungan Vitamin B12 dan Kalium yang mampu menjaga daya tahan tubuh dan sebagai penambah darah bagi ibu hamil.

Selain itu, jagung juga merupakan sumber Protein Nabati alami yang baik jika dikonsumsi rutin setiap hari. Ibu hamil bisa mengolah jagung dengan cara dijadikan sayur atau direbus untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil.

Kangkung

Kangkung juga bisa menjadi makanan sayuran untuk ibu hamil. Kangkung merupakan salah satu sayuran yang kaya akan manfaat untuk kesehatan yang dapat dijadikan sayuran. Ibu hamil bisa mengkonsumsi sayur kangkung selama kehamilan.

Namun yang perlu diperhatikan, sebelum di olah, cuci dahulu sayuran Kangkung hingga benar-benar bersih. Lalu rendam Kangkung dengan air garam selama 15 menit agar kuman serta bakteri jahat yang menempel pada sayuran kangkung menjadi mati sebelum dimasak.

Kubis

Jenis makanan sayuran yang dianjurkan untuk ibu hamil yaitu kubis. Kubis mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk ibu hamil maupun janin dalam kandungan. Siapa sangka jika kubis memiliki kaya manfaat yang luar biasa untuk ibu hamil. Kubis kaya akan kandungan Vitamin C, Potasium dan Fosfor.

Kandungan nutrisi dalam Kubis memiliki peran penting untuk meningkatkan kesehatan DNA. Serta mampu menjaga proses pencernaan yang baik dan mengatur tekanan darah. Juga dapat meningkatkan kesehatan tulang dan kekebalan tubuh. Selain mudah untuk di dapatkan, Kubis juga bisa dimasak menjadi berbagai olahan masakan dengan bahan dasar kubis.

Kale

Kale merupakan salah satu jenis sayuran berdaun hijau terbaik yang bisa dijadikan sayuran yang baik untuk ibu hamil muda. Sebab Kale mengandung sejumlah nutrisi, seperti Serat, vitamin A, B, C, K, D dan Kalsium yang baik dan penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin menjadi lebih optimal.

Memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, mengkonsumsi Kale dapat membuat ibu hamil terhindar dari masalah sembelit. Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat dalam Kale juga mampu membantu ibu hamil untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang kuat dan membantu mencegah dari berbagai penyakit pada ibu hamil.

Tomat

Tumat juga menjadi salah satu sayuran yang dianjurkan untuk ibu hamil. Meski Tomat ini banyak yang menanggapnya adalah buah, namun buah yang tergolong sayuran ini merupakan sayuran yang dianjurkan untuk ibu hamil. Karena Tomat mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan bagi ibu hamil.

Kandungan vitamin C dan Zat Besi yang tinggi dalam Tomat ini mampu mencegah kerusakan sel selama kehamilan. Selain itu, Tomat juga mengandung zat Anti Oksidan yang sangat baik untuk kecantikan kulit. Hal inilah yang menjadikan Tomat sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu mengandung selama kehamilan.

Terong Ungu

Terong Ungu juga tergolong kedalam sayuran yang sehat untuk ibu hamil. Terong Ungu juga menjadi asupan nutrisi terbaik untuk ibu hamil. Karena Terong Ungu memiliki kandungan multi vitamin yang dibutuhkan bagi ibu hamil dan janin, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, Kalori dan Zat Besi.

Kandungan Asam Folat dalam Terong Ungu dapat berfungsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil dan janin. Selain itu, kandungan Multi Vitamin dan Kalori dalam Terong Ungu juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Wortel

Wortel merupakan sayuran sehat untuk ibu hamil. Mengapa ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi wortel? Karena kandungan vitamin A dalam wortel sangat baik untuk membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Wortel juga mengandung Kalsium yang sangat berguna untuk membantu pembentukan tulang dan gigi bayi, serta mampu mengurangi resiko bayi kuning.

Selain itu, warna oranye yang terang pada Wortel ini mengandung Beta Karoten yang berguna untuk membantu perkembangan sel dan jaringan saraf pada janin. Kandungan Anti Oksidan yang tinggi dalam Wortel juga sangat diperlukan ibu hamil untuk menangkal radikal bebas. Meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil menjadi lebih kuat selama kehamilan, serta membantu meningkatkan kualitas ASI pada ibu menyusui.

Paprika

Paprika juga jenis sayuran yang baik ibu hamil. Sayuran yang dapat dijadikan sebagai pengganti cabai ini kaya akan kandungan vitamin C. Bahkan kadar Vitamin C dalam Paprika ini lebih tinggi daripada buah jeruk. Selain itu, Paprika juga kaya akan Zat Besi yang baik untuk membantu tumbuh kembang bayi selama dalam kandungan.

Kandungan Vitamin C dalam Paprika ini bisa memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan membantu penyerapan Zat Besi dalam tubuh ibu hamil. Mengkonsumsi paprika merah, kuning atau hijau sangat baik bagi ibu hamil. Namun agar rasanya tidak pedas, ibu hamil dapat membuang dahulu biji paprikanya saat mengolahnya atau sebelum memasaknya.

Bit

Bit juga merupakan sayuran yang baik untuk ibu hamil. Meski sering disebut sebagai buah Bit, namun jenis sayuran yang satu ini merupakan sayuran yang paling bernutrisi di dunia. Kandungan nutrisi didalam Bit mampu memurnikan darah selama masa kehamilan. Bit memiliki kandungan vitamin C, Asam Folat dan Zat Besi yang tinggi yang dapat menyehatkan sistem pencernaan ibu hamil.

Selain itu, kandungan nutrisi dalam Bit juga mampu membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh dan membuat fungsi hati menjadi sehat. Bit juga dapat membantu sistem pencernaan tubuh agar berfungsi dengan baik selama masa kehamilan. Serta dapat melindungi janin yang sedang berkembang dari segala resiko cacat lahir.

Baca: Nutrisi Ibu Hamil

Kacang Kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan makanan sayuran yang baik untuk ibu hamil. Kacang-kacangan adalah jenis makanan yang kaya akan Protein Nabati Alami. Fungsinya untuk membantu perkembangan otot dan saraf pada janin. Kandungan kalsium dalam kacang-kacangan juga bisa membantu dalam pembentukan tulang dan gigi janin selama dalam kandungan.

Kacang-kacangan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil yaitu kacang hijau, kacang merah dan kacang kedelai. Kacang hijau bisa dibuat menjadi bubur kacang hijau, kacang merah bisa dibuat sayur bening, dan kacang kedelai bisa ibu hamil dapatkan nutrisinya dengan mengkonsumsi tempe, tahu, susu kedelai ibu hamil dan olehan kacang kedelai lainnya.

Kacang Polong

Kacang Polong merupakan makanan sumber protein, serta sumber Asam Folat, Kalium, Magnesium, Zat Besi dan Asam Lemak Esensial yang sangat baik dan dibutuhkan bagi ibu hamil selama kehamilan. Kacang polong juga makanan yang kaya akan serat yang berguna untuk membantu mencegah sembelit dan meredakan Hemoroid pada ibu hamil.

Baca: Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Ubi Jalar

Ubu Jalar juga menjadi makanan sayuran yang dianjurkan untuk ibu hamil. Ubi jalar sangat kaya akan kandungan Beta Karoten yang bisa menghasilkan vitamin A. Vitamin A ini sangat penting untuk membantu diferensiasi sebagian besar jaringan sel tubuh, serta untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin agar tetap sehat.

Pada umumnya, ibu hami disarankan untuk meningkatkan asupan vitamin A nya hingga 10-40 persen. Namun, ibu hamil juga disarankan untuk menghindari mengkonsumsi sumber vitamin A berbasis hewani yang berlebihan, karena dapat menyebabkan keracunan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Labu

Labu juga sayuran yang dianjurkan untuk ibu hamil. Sebab labu mengandung sejumlah kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan bagi ibu hamil. Seperti vitamin A, B1, B2, C, Fosfor, Protein, Niasin, Karbohidrat, Kalsium, Zat Besi dan Lemak.

Labu sangat aman dimakan ibu hamil selama kehamilan. Untuk mendapatkan sumber nutrisi tersebut, ibu hamil bisa mengkonsumsi Labu dengan di rebus, di kukus, di panggang atau digunakan untuk campuran pure atau sup.

Baca: Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Nah, mulai sekarang ibu hamil sudah tahu bukan! Jenis sayuran apa saja yang harus banyak dikonsumsi ibu hamil selama kehamilan. Namun jika ibu hamil akan mengkonsumsinya setiap hari, untuk takarannya antara 250-500 gram yang dapat rutin dikonsumsi setiap hari.

Agar tidak bosan, ibu hamil bisa mengkombinasikan atau memvariasikan sayuran yang dikonsumsinya sebagai menu makan harian. Sehingga manfaat dari sayuran tersebut bisa maksimal dalam mencukupi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

You May Also Like